Menu Close

Bagaimana perempuan bisa tidak tahu mengalami kehamilan selama sembilan bulan penuh

Kejutan! Shutterstock

Soal kehamilan, orang mengetahui umum – dan merasa memahami begitu jelas sehingga ini tidak memerlukan bukti-bukti lain di pengadilan – bahwa semua perempuan tahu kapan diri mereka hamil.

Dalam masyarakat yang memiliki toleransi rendah terhadap ketidakpastian, kasus-kasus yang menantang pengetahuan kolektif menjadi mengagetkan dan membingungkan kita.

Judul seperti “Bayi yang tahu-tahu lahir dari tentara yang ditugaskan di Afganistan” atau “saya merasakan desakan yang sangat menyakitkan untuk mendorong dan saat itulah kepala bayi keluar” ditanggapi dengan campuran rasa tidak percaya dan skeptis.

Di Cianjur Jawa Barat, baru-baru ini seorang perempuan juga mengaku melahirkan bayi walau dia tidak merasakan kehamilan sebelumnya.

Meskipun begitu, kasus “kehamilan samar (cryptic pregnancy)” – juga diketahui sebagai “penolakan kehamilan (pregnancy denial)” - tidak begitu langka.

Faktanya, kasus seperti ini diperkirakan terjadi sekitar satu dari 2.500 kehamilan; di Inggris ini berarti 320 kasus per tahun sehingga ada potensi menjadi judul berita hampir setiap hari.

Dalam kasus-kasus ini, perempuan kurang memiliki kesadaran penuh atas kehamilan mereka dan melaporkan mengalami sedikit, jika ada, gejala umum.

Namun ketidakjelasan diagnosis kehamilan bukanlah hal yang aneh. Pada masa sekarang, seorang perempuan yang berpikir bahwa dia mungkin sedang hamil, dapat melakukan tes kehamilan yang dibeli di toko dengan akurasi yang tinggi. Namun dalam sejarah, bahkan hingga belum lama ini, tidak mudah memastikan apakah seorang perempuan sedang hamil.

Tanda dan gejala kehamilan dideskripsikan sebagai “kemungkinan” dan “dugaan” alih-alih diagnosis.

Gejala-gejala kehamilan

Namun jika kesadaran atas kehamilan sekarang bisa dianggap sebagai fakta umum, apa saja gejala-gejala yang bisa dikenali oleh semua perempuan? Dan bagaimana kemungkinan gejala-gejala itu masih bisa diabaikan, ditolak, atau dianggap muncul karena penyebab yang lain?

Tidak adanya periode datang bulan adalah gejala awal kehamilan yang paling umum.

Namun, ada banyak alasan mengapa seorang perempuan mungkin tidak datang bulan secara teratur, termasuk gangguan medis dan faktor-faktor seperti makanan yang tidak sehat atau stres.

Perempuan yang mendekati menopause kemungkinan mengalami datang bulan yang terganggu dan beberapa perempuan berhenti sama sekali mengalami datang bulan ketika meminum pil kontrasepsi.

Sebaliknya, pendarahan “mirip datang bulan” ketika kehamilan (patut dicatat, perempuan hamil yang mengalami pendarahan vagina harus mencari perawatan medis) dilaporkan terjadi pada 1% perempuan meski masih belum bisa dijelaskan.

Rasa mual pada pagi hari, gejala kehamilan yang paling umum digambarkan di media dan sinetron, dialami oleh sekitar 70% perempuan hamil tapi sangat bervariasi dalam tingkat keparahan dan durasinya, dan mungkin lagi-lagi, berkaitan dengan berbagai penyebab lainnya.

Tidak selalu begitu mudah. Shutterstock

Naiknya berat badan merupakan gejala biasa lainnya. “Rata-rata” perempuan hamil diperkirakan berat badannya naik sekitar 12,5 kg tapi gejala ini banyak bervariasi dan bergantung pada perbedaan budaya dan etnis.

Namun banyak perempuan mengantisipasi naiknya berat bedan dan peningkatan lingkar badan ketika mendekati menopause – dan, pada umur berapa pun, naiknya berat badan bisa dijelaskan dengan mudah: sebagai contoh, karena banyak makan ketika mengalami stres.

Hubungan antara nutrisi ibu dan janin sangat kompleks. Perempuan yang menjalani pola makan terbatas (dengan sengaja atau tidak sengaja) ketika hamil mungkin mengalami kenaikan berat badan yang sangat kecil, sementara berat bayi yang lahir mungkin masih berada di kisaran normal. Meski mungkin ada konsekuensi kesehatan jangka panjang pada bayi dari ibu dengan pola makan yang sangat buruk ketika kehamilan. Bagaimana pun, kenaikan berat badan termasuk gejala lain yang dengan mudah dapat diabaikan.

Sebagian besar perempuan mulai merasakan gerakan janin di antara 18 dan 20 minggu kehamilan. Gerakan awal biasanya digambarkan seperti denyut, dan pada minggu-minggu awal, mudah salah dikira sebagai gas dalam perut.

Namun, gerakan janin memang semakin kuat seiring bayi terus tumbuh dan perempuan dianggap dapat merasakan gerakan dari awal kehamilan hingga setelah awal persalinan.

Bagi para perempuan hamil yang merasakan tendangan dari bayi dalam kandung, memang sulit untuk memahami bagaimana hal ini bisa salah ditafsirkan, tapi dalam kasus kehamilan samar yang menunjukkan bahwa perempuan melaporkan mereka tidak merasakan gerakan janin menunjukkan fakta sebaliknya.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Berbagai teori fisiologis dan psikologis telah banyak digunakan untuk menjelaskan kehamilan samar. Sementara kasus ini mungkin terjadi lebih umum pada perempuan yang memiliki kondisi kesehatan mental sedari awal, banyak kasus terjadi pada perempuan yang tidak memiliki bukti masalah kesehatan mental dan penyebabnya tetap tidak diketahui.

Kasus yang diberitakan umumnya menunjukkan hasil yang menggembirakan, tapi meski kehamilan adalah kejadian hidup fisiologis yang normal, seorang perempuan yang tidak tahu bahwa dia hamil (dan bayinya) mengalami risiko yang lumayan besar, baik secara fisiologis maupun psikologis.

Bagi semua perempuan, kehamilan adalah waktu perubahan dan persiapan keibuan. Realitas keibuan mungkin masih mengejutkan perempuan mana pun, dan mereka yang tidak sadar akan kehamilan diri mereka kemungkinan akan sangat terkejut ketika tiba-tiba menjadi ibu. Ini bisa sangat sulit untuk dihadapi.

Sebagai tambahan, perempuan-perempuan ini tidak akan mengakses pelayanan kesehatan sebelum kehamilan, jika ada komplikasi tidak akan terdeteksi, dan perempuan mungkin terus merokok atau minum alkohol tanpa menyadari potensi bahayanya.

Karateristik kasus perempuan yang benar-benar tidak sadar atas kehamilan diri mereka terlihat dari upaya mereka mencari bantuan medis untuk berbagai rasa sakit perut. Namun, banyak yang melahirkan sendiri atau tanpa bantuan dokter kandungan atau bidan dan ini menempatkan si ibu dan anak dalam risiko yang lumayan besar dan membahayakan nyawa.

Konsekuensi yang lebih gelap

Ada sisi gelap terkait bagaimana kehamilan samar diinterpretasikan dan dipahami juga. Riset-riset dari laporan kasus riwayat pasien telah mendeskripsikan konsekuensi hukum bagi perempuan yang melahirkan sendiri yang bayinya lahir meninggal atau meninggal tak lama setelah lahir.

Perempuan yang mengklaim mengalami kehamilan samar biasanya ditanggapi dengan tuduhan kebohongan – walau kondisinya sesuai dengan penjelasaan medis pada waktu itu – dan perempuan bisa dituduh melakukan pembunuhan bayi.

Mona Rautelin, dalam kesaksiannya terhadap kasus-kasus seperti ini di Finlandia pra-modern juga mengutip kasus-kasus modern dari Eropa dan Cina.

Di sana, keyakinan bahwa perempuan pasti tahu kehamilan diri mereka sendiri telah berujung dengan tuduhan pembunuhan bayi.

Dalam kasus yang diberitakan dari Amerika, seorang perempuan yang mengklaim bahwa dia melahirkan bayi yang meninggal tak lama sesudah lahir setelah mengalami kehamilan tersembunyi mendapat hukuman penjara karena pembunuhan bayi.

Fisiologis dan psikologis kehamilan tersembunyi dan kehamilan samar berbeda dan keduanya kompleks. Namun, keduanya mungkin sulit untuk dibedakan dalam kasus yang langka dan tragis ini.

Ada banyak ketidakpastian seputar kelahiran anak dan bahkan saat ini banyak aspek kehamilan dan kelahiran yang terang-terang masih kurang dipahami.

Walau kita mungkin akan terus membaca berita-berita ini dengan rasa tidak percaya, kita harus memastikan bahwa kita menghormati dan melindungi perempuan di balik kisah yang tidak diduga.


Ignatius Raditya menerjemahkan ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,800 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now