Menu Close
Brian A Jackson/Shutterstock

Mengapa Anda tidak harus percaya riset yang mengklaim bahwa satu bahan makanan punya manfaat kesehatan yang luar biasa?

Anda mungkin pernah membaca berita yang menyatakan bahwa makan blueberry mengurangi risiko demensia, anggur merah baik untuk jantung Anda, atau kopi melindungi terhadap diabetes tipe 2. Banyak klaim kesehatan besar lainnya untuk kondisi tertentu “ makanan super (padat nutrisi)”. Tapi apakah pernyataan-pernyataan ini benar?

Kami – sekelompok ilmuwan nutrisi – telah terlibat dalam penelitian semacam ini, tidak bertanggung jawab atas berita utama itu. Namun, di balik kisah-kisah yang menarik perhatian itu, ada penelitian penting dan serius yang akan membantu membuat kita semua lebih bahagia dan lebih sehat.

Kami mempelajari bagian dari makanan yang disebut bioaktif yang memiliki efek pada kesehatan (baik ataupun buruk). Tidak seperti vitamin dan mineral, bioaktif, seperti asam lemak tertentu, serat atau flavanol (kelompok senyawa yang ditemukan, misalnya, dalam teh atau apel), tidak penting untuk kelangsungan hidup, tapi tetap mempengaruhi kesehatan kita.

Tantangan besar dengan penelitian bioaktif adalah untuk memisahkan efek makanan dari senyawa secara individual (banyak makanan sangat kompleks dan mengandung banyak senyawa). Misalnya, dalam secangkir kopi terdapat beberapa asam fenolik yang memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Namun, kopi juga mengandung senyawa lain yang dapat meningkatkan kolesterol. Ini membuat penelitian kami sulit – tapi juga menarik.

Kita harus menemukan cara untuk membedakan antara efek kesehatan dari bagian makanan yang berbeda untuk memahami apa yang terjadi. Pada akhirnya, itu membuat rekomendasi kami lebih bisa dipercaya.

Salah satu cara untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh makanan individu terhadap kesehatan adalah dengan membandingkan orang dengan diet yang berbeda dan mengikutinya dalam waktu yang lama. Pendekatan itu membantu kami menunjukkan bahwa diet Mediterania – dan diet Nordik – membuat kita lebih sehat lebih lama.

Namun, ini tak bisa diterapkan ketika kita ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan individu atau komponennya.

Herring salad
Bukti menunjukkan bahwa diet Nordik baik untuk Anda. Timolina/Shutterstock

Makanan tidak pernah dikonsumsi secara terpisah dan sangat sulit untuk membedakannya dalam penelitian semacam itu. Untuk membuat hasil penelitian tersebut lebih mudah dipahami, temuan ini sering diubah menjadi makanan yang setara – buah raspberry, cangkir teh, atau botol anggur yang harus Anda konsumsi untuk kesehatan. Pada kenyataannya, itu jauh lebih sulit.

Penelitian tentang diet dan kesehatan sulit dilakukan karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ada nutrisi penting yang kita butuhkan untuk bertahan hidup. Ada pola diet yang dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan yang menjadi dasar rekomendasi, seperti panduan Eatwell pemerintah Inggris Raya. Ada juga senyawa bioaktif yang ditemukan terutama dalam makanan nabati dan yang mungkin memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan.

Penelitian bioaktif sering menghasilkan berita utama tentang makanan yang menakjubkan. Pada kenyataannya, itu hanya sebagian kecil dari makanan, sering ditemukan di tempat lain juga. Contohnya adalah blueberry. Blueberry memang mengandung bioaktif, tapi harganya mahal. Blackberry dan buah plum menyediakan bioaktif yang sama, tapi jauh lebih murah.

Selama beberapa dekade terakhir, kami telah belajar banyak tentang bahan kimia yang terjadi secara alami dalam makanan - apa itu dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh. Beberapa di antaranya memberikan manfaat bagi jantung, otak, dan usus kita yang akan membantu kita berlari lebih cepat, bersepeda lebih lama, berkonsentrasi lebih keras, dan lebih mudah rileks.

Fokus pada variasi

Banyak makanan yang bermasalah ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Misalnya flavanol (senyawa) teh hijau dapat menyebabkan kerusakan hati bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar. Kami baru mulai mencari tahu apakah ada jumlah ideal senyawa ini yang memberikan manfaat maksimal. Sampai saat itu, aman untuk mengatakan bahwa diet yang bervariasi adalah pendekatan terbaik.

Hal luar biasa tentang pemahaman kita terkait nutrisi adalah, nutrisi terus berkembang dan meningkat. Kita bisa lebih memahami makanan apa yang harus diwaspadai meski penelitiannya masih terus berjalan.

Setiap orang harus membangun semacam portofolio diet yang mencakup nutrisi penting, serat, dan bioaktif yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan menua dengan baik. Tubuh kita sangat kompleks dan membutuhkan banyak vitamin, mineral, makro, dan mikronutrien yang berbeda untuk membuat kita terus berjalan secara optimal. Sekarang sepertinya kita perlu menambahkan bioaktif ke daftar ini. Tapi tidak masalah dari mana mereka berasal – yang penting adalah keragaman.

Anda harus waspada dengan saran diet yang menyarankan Anda mengecualikan berbagai makanan indah yang ditawarkan dan fokus pada beberapa “makanan super” yang tampaknya memiliki sifat magis. Nutrisi jauh lebih kompleks dari itu – dan makan makanan yang sehat jauh lebih mudah.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,700 academics and researchers from 4,947 institutions.

Register now