Dosen di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Bandung

Penulis adalah dosen di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi
Bandung. Selama menjadi dosen, penulis pernah mengajar mata kuliah Pemrosesan Bahasa Alami, Teori Bahasa Formal dan Automata, Inteligensia Buatan, serta Sosio Informatika dan Profesionalisme. Selain mengajar, penulis juga terlibat dalam berbagai penelitian yang terkait dengan linguistik komputasional bahasa Indonesia, seperti misalnya pembangunan chatbot,
ekstraksi informasi, analisis otomatis pesan keluhan pada media sosial, dll. Penulis pernah mendapatkan bantuan dana penelitian baik dari Kemenristekdikti, LPDP, dan industri (baik dalam dan luar negeri). Saat ini, selain menjadi dosen, penulis sedang mengemban amanah sebagai Ketua Program Studi Doktor Teknik Elektro dan Informatika, serta NLP Chief Scientist pada prosa.ai.

Penulis menyelesaikan program studi sarjana dan magister pada Teknik Informatika, ITB. Tugas akhir sarjananya adalah pembangunan mesin penerjemah Indonesia-Inggris. Program doktor penulis dilakukan di Toyohashi University of Technology, Jepang. Disertasi penulis adalah di bidang cross language question answering dengan input bahasa Indonesia dan sumber dokumen dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Jepang.

Experience

  • –present
    Dosen di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Bandung