Menu Close

Fachruddin Majeri Mangunjaya

Senior Lecturer of Conservation Biology, Universitas Nasional

Fachruddin Majeri Mangunjaya adalah dosen senior di Fakultas Biologi dan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Nasional. Dia juga Ketua Center for Islamic Studies (PPI UNAS), yang banyak terlibat dengan aktifitas konservasi membantu penyadaran tokoh agama Islam dalam mengkaitkan Islam dan konservasi. Fachruddin mengikuti Visiting Fellow di Institute of Islamic Understanding Malaysia (IKIM) 2018-2019.

Dia menyelesaikan pendidikan S1 Biologi Universitas Nasional, S2 Biologi Konservasi Universitas Indonesia, dan S3 Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Selain dosen dia aktif mengikuti berbagai pertemuan dialog agama dan lingkungan di berbagai belahan dunia. Menulis berbagai isu lingkungan hidup di media-media nasional dan internasional, serta buku yang pernah ditulisnya antara lain: Konservasi Alam Dalam Islam (Yayasan Obor Indonesia, 2005) , Hidup Harmonis Dengan Alam (Yayasan Obor Indonesia, 2006), Menanam Sebelum Kiamat: Islam, Ekologi dan Gerakan Lingkungan, Editor. (Yayasan Obor Indonesia, 2007). Bertahan di Bumi: Gaya Hidup Menghadapi Perubahan Iklim (YOI, 2008); Khazanah Alam (YOI, 2009). Haji Ramah Lingkungan (ditulis bersama Husna Ahmad, Yayasan Obor 2013); Lead Writer untuk buku Lima Tahun Dewan Nasional Perubahan Iklim: Perubahan Iklim dan Peradaban Bangsa (DNPI 2013) dan Mempertahankan Keseimbangan (Yayasan Obor Indonesia:2015).

Experience

  • –present
    Senior Lecturer of Conservation Biology, Universitas Nasional