Menu Close
DNA representation collage. www.freepik.com

Rekayasa genetik dengan mengubah DNA: bagaimana manfaat, etika, dan keamanannya?

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa di sekitar kita saat ini ada berbagai produk hasil rekayasa genetik. Contoh paling mudahnya adalah hasil rekayasa genetik pada buah-buahan dan tanaman.

Misalnya, beras emas (Golden Rice) yang gennya telah direkayasa dengan materi organik dari tanaman wortel, sehingga beras ini memiliki warna kekuningan dari zat yang berasal dari wortel.

Contoh lain, ada buah semangka tanpa biji, yang juga merupakan hasil rekayasa genetik dan telah dimodifikasi untuk meningkatkan kualitas rasa, daya tahan terhadap serangan hama, serta meningkatkan kandungan nutrisi yang bergizi.

Selain bidang pertanian, teknologi berbasis rekayasa genetik juga digunakan dalam bidang kesehatan, teknologi ini telah digunakan untuk penelitian dan menghasilkan obat-obatan seperti antibiotik, vaksin, dan obat herbal.

Terapi genetik juga diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit-penyakit langka yang sulit diobati seperti kanker, diabetes, tumor dan penyakit kelainan genetik lainnya seperti Alkaptonuria dan Hemofilia.

Namun, penggunaan teknologi rekayasa genetik dengan mengubah DNA juga menimbulkan pro-kontra.

Salah satu kekhawatiran utama adalah masalah etika, panduan keamanan, dampak lingkungan, dan kemungkinan efek jangka panjang kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh organisme hasil rekayasa genetik pada kesehatan manusia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa organisme hasil rekayasa genetik dapat menyebar ke lingkungan alami dan menghasilkan dampak yang tidak terduga pada ekosistem.

Secara keseluruhan, rekayasa genetik adalah teknologi yang menjanjikan, tetapi juga memiliki risiko dan konsekuensi yang kompleks.

Oleh karena itu, regulasi yang ketat juga harus diterapkan untuk memastikan bahwa penggunaan rekayasa genetik dilakukan dengan aman dan bertanggung jawab.

Untuk membahas soal prinsip, keamanan, ilmu genomika, DNA, dan etika rekayasa genetik, kami berbincang dengan ahli Genomika Molekular yang juga peneliti di Riset Perkebunan Nusantara, Riza Arief Putranto.

Menurut Riza, konteks keamanan rekayasa genetik pada manusia dan hewan sangat spesifik dan rumit pada saat ini karena melibatkan pertimbangan-pertimbangan yang secara biologi harus benar-benar dipertimbangkan.

Simak videonya disini:

Tonton video-video seputar sains menarik lainnya hanya di channel YouTube dan TikTok The Conversation Indonesia, jangan lupa ikuti dan berlangganan sekarang juga!

Klik link dibawah ini:

YouTube The Conversation Indonesia

TikTok The Conversation Indonesia

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 183,300 academics and researchers from 4,953 institutions.

Register now