Menu Close
Perempuan dapat mengalami tekanan yang signifikan menjelang menstruasi. from shutterstock.com

Untuk laki-laki: begini cara membantu perempuan PMS

Banyak perempuan mengalami berbagai gejala fisik dan emosional sebelum mereka menstruasi. Stres pramenstruasi, yang juga dikenal sebagai PMS, sering kali dimanifestasikan oleh ketegangan atau kemarahan dalam hubungan mereka. Beberapa perempuan mungkin merasa sangat marah pada pasangannya sehingga mereka ingin meninggalkannya.

Dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, kami menemukan bahwa pasangan seorang perempuan dapat membantu mengurangi gejala PMS, dan bukannya memperparahnya. Penelitian kami menunjukkan bahwa konseling dengan pasangan dapat mengurangi gejala-gejala gejala pramenstruasi yang sedang hingga parah dan meningkatkan kepuasan hubungan.

Masalah hubungan

Sekitar 40% perempuan perempuan wanita melaporkan stres pramenstruasi sedang hingga berat pada tiga hingga empat hari sebelum menstruasi. Gejala yang paling umum adalah mudah tersinggung, marah dan depresi, terkadang disertai dengan kelelahan, sakit punggung dan sakit kepala.

Gejala-gejala ini diakibatkan oleh kombinasi dari perubahan hormonal dan tekanan hidup. Tingkat keparahannya dipengaruhi oleh strategi mengatasi masalah yang digunakan perempuan dan konteks hubungan mereka. Perempuan yang mengakui perubahan pramenstruasi, melakukan perawatan diri dan meminta dukungan akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stres pramenstruasi yang ekstrem.

Ketika kami mewawancarai perempuan yang mengalami PMS, biasanya kami mendengar bahwa mereka merasa tidak puas dengan elemen-elemen dalam hubungan mereka - baik itu dukungan emosional yang mereka terima di rumah, atau piring-piring yang ditinggalkan di tempat cuci piring di penghujung hari.

Bagi perempuan yang menderita stres pramenstruasi sedang hingga berat, masalah-masalah ini dapat dibiarkan mendidih selama tiga minggu setiap bulan, ketika mereka dapat ditekan atau diabaikan. Namun selama satu minggu itu perempuan, ketika wanita merasa lebih sensitif atau rentan, semuanya bisa menjadi terlalu berlebihan.

Kemarahan dan kebencian yang terpendam akhirnya mencapai titik didih dan perempuan merasa mereka tidak lagi memegang kendali. Hal ini dapat menyebabkan tekanan yang signifikan dan ketegangan hubungan.

Bagaimana terapi membantu

Kita telah mengetahui bahwa terapi satu lawan satu dapat mengurangi gejala-gejala stres pramenstruasi. Fokusnya adalah membantu perempuan memahami asal-usul gejalanya dan mengembangkan strategi mengatasinya. Hal ini mungkin termasuk mengambil waktu istirahat untuk perawatan diri, menghindari konflik, mengekspresikan kebutuhan akan dukungan, dan mengurangi stres dalam hidup.

Sementara pengobatan medis, seperti antidepresan SSRI (selective serotonin re-uptake inhibitor), dapat digunakan untuk membantu wanita mengatasi stres pramenstruasi, terapi psikologis lebih efektif dalam jangka panjang. Terapi ini juga berhasil dalam versi self-help, di mana perempuan membaca tentang cara mengatasi PMS dalam sebuah buku panduan tertulis, daripada berbicara dengan terapis.

Perempuan dalam hubungan lesbian melaporkan dukungan dan pengertian yang lebih besar sebelum menstruasi dari pasangannya. www.shutterstock.com

Meskipun terapi untuk stres pramenstruasi mempertimbangkan masalah hubungan, pasangan umumnya tidak dilibatkan secara langsung dalam sesi tersebut. Ini adalah kelalaian yang serius. Banyak laki-laki mengatakan bahwa mereka tidak mengerti PMS. Mereka ingin mendukung pasangannya tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Yang lain mungkin menghindari pasangan mereka ketika mereka memiliki gejala, yang membuat perempuan merasa ditolak dan membuat stres pramenstruasi semakin parah.

Perempuan dalam hubungan lesbian telah melaporkan dukungan dan pengertian yang lebih besar sebelum menstruasi dari pasangannya. Dukungan semacam ini berhubungan dengan berkurangnya gejala dan peningkatan kemampuan mengatasi masalah. Pasangan laki-laki yang mendukung dapat memberikan efek positif yang serupa.

Terapi pasangan bahkan lebih baik

Dalam penelitian terbaru kami, kami membandingkan dampak dari terapi satu lawan satu dan terapi pasangan untuk gangguan pramenstruasi dengan kelompok kontrol yang berada dalam daftar tunggu terapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi berbasis pasangan adalah yang paling efektif dalam meningkatkan hubungan dan mengurangi gangguan pramenstruasi.

Penelitian yang berlangsung selama tiga tahun ini melibatkan 83 perempuan yang menderita PMS sedang hingga berat. Mereka secara acak dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok terapi satu lawan satu, kelompok terapi pasangan, dan kelompok daftar tunggu. Sebagian besar (95%) berada dalam hubungan heteroseksual.

Perempuan dalam dua kelompok terapi melaporkan gejala pramenstruasi, reaksi emosional, dan gangguan pramenstruasi yang lebih rendah, dibandingkan dengan kelompok kontrol daftar tunggu. Hal ini menegaskan bahwa terapi ini efektif, apapun jenisnya.

Namun, para perempuan dalam kelompok terapi pasangan memiliki strategi penanggulangan perilaku yang secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan kelompok terapi satu lawan satu dan kelompok kontrol daftar tunggu. Pada kelompok terapi pasangan, 58% perempuan melaporkan peningkatan perawatan diri dan penanggulangan. Hal ini dibandingkan dengan 26% pada kelompok terapi satu-satu, dan 9% pada kelompok daftar tunggu.

Sebagian besar perempuan dalam kelompok terapi pasangan (57%) melaporkan adanya peningkatan hubungan dengan pasangannya. Hal ini dibandingkan dengan 26% pada kelompok terapi empat mata dan 5% pada kelompok daftar tunggu yang melaporkan adanya perbaikan.

Pada kelompok terapi pasangan, 84% perempuan melaporkan peningkatan kesadaran dan pemahaman pasangannya terhadap PMS, dibandingkan dengan 39% pada kelompok terapi empat mata dan 19% pada kelompok daftar tunggu.

Laki-laki dapat menjadi bagian dari solusi

Setelah mengikuti sesi terapi, para perempuan melaporkan bahwa mereka lebih kecil kemungkinannya untuk “kehilangan kendali” ketika mengekspresikan perasaan mereka selama masa PMS. Mereka telah meningkatkan kesadaran akan potensi konflik hubungan; menggambarkan ketegangan hubungan sebagai hal yang tidak terlalu bermasalah; dan lebih mungkin untuk berbicara dengan pasangan mereka tentang PMS dan meminta dukungan.

Peningkatan ini terlihat jelas pada kedua kelompok terapi dalam penelitian kami. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun perempuan melakukan terapi tanpa pasangannya, terapi ini tetap dapat memberikan dampak positif. Para perempuan masih akan belajar perawatan diri dan strategi koping, mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang PMS, dan pulang ke rumah dan memberi tahu pasangannya tentang pengalaman terapi.

Namun, hasil penelitian ini dengan jelas menunjukkan bahwa dampak positif terbesar terlihat ketika pasangan perempuan berpartisipasi dalam sesi terapi juga. Jadi, para laki-laki mungkin merasa difitnah karena “disalahkan” untuk PMS. Namun, mereka bisa menjadi bagian dari solusi, bukan penyebab masalah.


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now