Menu Close
Toilet pesawat
AirP72/Shutterstock

Apa yang terjadi ketika buang air di toilet pesawat?

Apa yang terjadi jika kamu menyiram toilet di pesawat? –Lily, usia 6 tahun, Harcourt_

Lily, ini adalah pertanyaan yang bagus! Cara kerja toilet di pesawat tidak seperti toiletmu di rumah yang menggunakan gravitasi untuk membuang kotoran dari toilet ke sistem saluran pembuangan. Toilet pesawat menggunakan sistem vakum bersama dengan bahan kimia biru yang membersihkan dan menghilangkan bau setiap kali kamu menyiram.

Di mana tangki penampungan kotoran di pesawat?

Limbah dan cairan pembersih biru berakhir di tangki penyimpanan di bawah lantai, di bagian paling belakang ruang kargo pesawat. Dengan banyaknya orang di dalam pesawat yang menggunakan toilet, kamu bisa membayangkan betapa besarnya tangki penyimpanannya!

Sistem ini dirancang sangat mirip dengan penyedot debu yang kita gunakan di rumah untuk membersihkan kotoran dan debu dari lantai. Kotoran dan debu ini berakhir di sebuah wadah yang kemudian kita buang ke tempat sampah. Demikian pula, toilet pesawat membutuhkan sistem tekanan vakum untuk memindahkan semua kotoran dari toilet ke dalam pipa saluran air yang menghubungkan toilet ke tangki penyimpanan, dan akhirnya ke dalam tangki.

Ada katup pada tangki penyimpanan yang terbuka ketika toilet disiram dan menutup ketika toilet tidak digunakan - untuk mencegah bau keluar dari tangki. Hal ini membantu mengurangi bau akibat banyaknya orang yang menggunakan toilet selama penerbangan. Zat biru juga membantu mengurangi bau.

Ke mana limbah tersebut dibuang setelah pesawat mendarat?

Sebuah truk khusus mendatangi pesawat setelah mendarat dan menyambungkan selang untuk membuang limbah dan bahan kimia pembersih biru ke dalam tangki penyimpanan di truk. Truk tersebut menyambungkan selang ke katup tangki limbah pesawat dan membuang semua limbah ke dalam tangki di bagian belakang truk.

Truk tersebut kemudian membawa limbah ke area khusus di bandara yang disediakan untuk limbah dari semua pesawat, dan limbah toilet dikosongkan ke dalam sistem saluran pembuangan untuk bandara tersebut. Pelatihan untuk mengoperasikan truk ini memakan waktu tiga hari.

pesawat sedang parkir dan akan membuang limbah
Berbagai truk dan kendaraan akan menyervis pesawat, mengisi bahan bakar, mengangkut kargo, dan membuang limbah di bandara. aappp/Shutterstock

Kotoran manusia bisa jatuh dari pesawat saat terbang

Kadang-kadang juga ada laporan bahwa, khususnya pada pesawat yang lebih tua, katup di mana truk sampah terhubung ke pesawat dapat membocorkan sejumlah kecil limbah dan bahan kimia berwarna biru. Hal ini berubah menjadi es karena suhu pada ketinggian jelajah normal 30.000 kaki biasanya sekitar -56 °C dan bahan kimia berubah menjadi es biru. Es biru ini tetap melekat pada pesawat selama suhu tetap di bawah titik beku.

Begitu pesawat mulai turun untuk mendarat di bandara tujuan, es biru mulai mencair dan bahkan bisa lepas. Ada beberapa kejadian yang dilaporkan dalam berita di mana orang-orang telah menyaksikan kotoran terbang ini!

Jika kamu bertanya-tanya, kapten pesawat tidak memiliki tombol untuk mengeluarkan kotoran dari tangki penyimpanan saat pesawat terbang. Setiap limbah yang mungkin bocor keluar dari pesawat akan benar-benar tidak disengaja.

Beberapa orang mengira bahwa “jejak pesawat” (garis-garis putih yang terkadang ditinggalkan pesawat di langit) adalah bahan kimia pengendali pikiran atau limbah toilet. Ini tidak benar! Apa yang sebenarnya kamu lihat adalah uap air yang berasal dari mesin yang menjadi kristal es - seperti awan tipis di langit.


Demetrius Adyatma Pangestu dari Universitas Bina Nusantara menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now