Menu Close
Olahan sambal dan Cabai. Pixabay.com/Hassas_Art

Colek sedikit pasti menggigit: bagaimana sambal bisa menjadi budaya dan gastronomi Indonesia?

Bagi sebagian besar orang Indonesia, menyantap makanan rasanya kurang lengkap tanpa adanya sambal di meja.

Sambal memang telah menjadi salah satu komponen penting dalam masakan Indonesia. Kondimen ini sudah menjadi bagian integral dari masakan khas nusantara selama berabad-abad dan menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia.

Ada berbagai aneka jenis sambal yang dapat kita temukan dari Sabang sampai Marauke dengan rasa khas pedasnya masing-masing. Ini karena setiap daerah di Indonesia memiliki variasi sambalnya sendiri, mulai dari rasa, tingkat kepedasan, bahan yang digunakan hingga tekstur. Bahannya biasanya disesuaikan dengan ketersediaan bahan lokal dan preferensi rasa masyarakat setempat.

Sambal tidak hanya memberikan rasa pedas, tetapi juga mampu menghadirkan dimensi rasa yang mendalam. Bahan utama sambal pastinya adalah cabai, lalu dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti bawang, tomat, terasi, gula dan garam.

Sambal terasi, sambal tomat, sambal kacang, sambal matah dan sambal bongkot merupakan contoh aneka jenis sambal tradisional yang sangat populer di Indonesia.

Selain sebagai pelengkap makanan, sambal juga memiliki nilai budaya yang kuat.. Proses pembuatan sambal sering kali menjadi momen berbagi warisan kuliner dari generasi ke generasi.

Untuk mengulas tentang sejarah, keberagaman dan manfaat sambal tradisional khas Indonesia, kami berbincang dengan dosen Food Technology, Reggie Surya dari BINUS University.

Tonton video lengkapnya disini:

Tonton video-video seputar sains menarik lainnya hanya di channel YouTube dan TikTok The Conversation Indonesia, jangan lupa ikuti dan berlangganan sekarang juga!

Klik link dibawah ini:

YouTube The Conversation Indonesia

TikTok The Conversation Indonesia

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 184,100 academics and researchers from 4,967 institutions.

Register now