Menu Close
file l j.

Curious Kids: Apa ada kehidupan di galaksi lain?


Apakah ada kehidupan di galaksi lain? – Annabel, umur 6, Turramura, Australia


Itu pertanyaan yang fantastis, Annabel. Seorang ilmuwan sangat ingin menjawabnya. Jawaban singkatnya adalah kita sama sekali tidak tahu. Banyak orang menduga pasti ada kehidupan di luar Bumi, tapi kita belum menemukan buktinya.


Read more: Curious Kids: What plants could grow in the Goldilocks zone of space?


Fakta bahwa kita belum menemukan kehidupan di tempat lain, tidak berarti kehidupan itu tidak ada. Mencari kehidupan sangat sulit, bahkan di tata surya, jadi bisa jadi ada kehidupan yang sangat dekat. Kita hanya belum menemukannya.

Saya menduga bahwa mungkin ada kehidupan di tempat lain di semesta dan alasannya adalah karena begitu luasnya alam semesta ini.


Read more: Curious Kids: Why do stars twinkle?


Di tata surya kita saja, banyak tempat di mana kehidupan bisa berlangsung

Mari kita pergi tur alam semesta, mulai dari tata surya, tempat di mana kita tinggal

Saat mempelajari tata surya di sekolah, kamu belajar bahwa ada delapan planet yang ada Merkurius Venus Bumi Mars Jupiter Saturnus Uranus Neptunus, dan hanya itu saja.

Faktanya, tata surya memiliki begitu banyak objek. Kita mengetahui ratusan ribu asteroid , dan berpikir mungkin ada lebih dari sepuluh triliun komet yang berada di sekitar Matahari, hampir setengah jalan ke bintang terdekat. Sepuluh triliun adalah 10,000,000,000,000. Itu banyak sekali komet, semuanya terbuat dari es dan debu!

Komet McNaught adalah salah satu dari sekitar sepuluh triliun bola salju kotor, semuanya mengelilingi Matahari. ESO/Sebastian Deiries

Dari sekian banyak objek di tata surya, menurut kami tempat terbaik untuk mencari kehidupan adalah tempat yang memiliki air atau pernah memilikinya di masa lalu. Mengapa? Nah, di Bumi, di mana pun kita menemukan air, kita menemukan kehidupan, jadi tampaknya wajar untuk mencari di mana ada air.

Mars adalah target utama kami, dan kita terus mengirim pesawat luar angkasa untuk mencoba mencari tahu apakah pernah ada kehidupan di sana.

Tetapi ada semakin banyak target lain untuk mencari kehidupan, salah satunya bulan yang mengorbit planet raksasa yang memiliki lautan yang luas, terkubur jauh di bawah tanah.

Di sekitar Jupiter, kita tahu bahwa Europa Ganymede dan Callisto memiliki lautan, yang masing-masing memiliki lebih banyak air daripada Bumi. Bulan Saturnus juga memiliki lautan dengan Enceladus yang ukurannya kecil mungkin merupakan tempat paling mengejutkan di mana air juga ditemukan.

Bulan Saturnus Enceladus – target mengejutkan dalam pencarian kehidupan. NASA/JPL/Space Science Institute

Jadi, di tata surya kita saja, ada banyak tempat yang menurut kami bisa ada kehidupan dan kita sibuk mencari tahu apakah itu mungkin

Alam semesta yang penuh dengan planet

Tapi tata surya hanyalah salah satu dari sejumlah besar sistem planet. Matahari adalah salah satu dari sekitar 400 miliar bintang di galaksi kita, Bima Sakti yang memiliki 400.000.000.000 bintang. Dan sejak saya masih kecil, kita telah belajar bahwa hampir setiap bintang memiliki sekumpulan planet.

Apa artinya ini? Nah, jika kita menebak bahwa setiap bintang memiliki delapan planet (seperti Matahari), maka jika ada 400.000.000.000 bintang di galaksi, akan ada 3,2 triliun planet (3.200.000.000, yang merupakan 200 miliar kelompok tata surya)

Kita sekarang tahu bahwa setiap bintang memiliki planet - jadi mungkin ada 3,2 triliun dunia di luar sana di galaksi kita - banyak ruang bagi kehidupan! ESO/M. Kornmesser

Itu merupakan angka yang fantastis di mana kita bisa mencari kehidupan.

Alam Semesta yang penuh dengan galaksi

Tapi itu masih baru permulaan. Galaksi kita, Bima Sakti, adalah satu “kota” bintang yang kesemuanya berkumpul bersama.

Ketika Teleskop Luar Angkasa Hubble menatap bagian langit yang ‘kosong’, ia melihat galaksi di mana-mana – hanya sebagian kecil dari semua yang tersebar di alam semesta! NASA, ESA, H. Teplitz and M. Rafelski (IPAC/Caltech), A. Koekemoer (STScI), R. Windhorst (Arizona State University), and Z. Levay (STScI)

Tapi ada lebih banyak galaksi di luar sana. Faktanya, para ilmuwan berpikir bahwa mungkin ada 3,2 septillion (3.200,000,000,000,000,000,000,000,000,000) planet, hanya sebagian kecil alam semesta yang bisa kita lihat.

Berapa besar angka itu? Itu berarti ada lebih dari satu juta planet di alam semesta untuk setiap butir pasir di planet kita.

Apa artinya bagi kehidupan?

Dengan begitu banyak planet, sulit untuk membayangkan bahwa tidak ada kehidupan di luar Bumi. Ada begitu banyak tempat yang bisa memiliki kehidupan sehingga saya, secara pribadi, berpikir pasti ada sejumlah besar planet berpenghuni di seluruh alam semesta. Mungkin miliaran, triliunan, atau bahkan kuadriliun!

Tapi apakah kita akan pernah tahu?

Saya benar-benar ingin berpikir begitu tetapi ruangnya sangat besar, dan pencariannya akan sangat sulit. Jika kita menemukan kehidupan dalam waktu dekat, saya bertaruh kita akan menemukannya di dekat sini, di suatu tempat di tata surya kita.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami.

Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,100 academics and researchers from 4,941 institutions.

Register now