Curious Kids: bagaimana mengetahui apakah kucing Anda bahagia dan menyukai Anda?

Apa yang kucing Anda lakukan biasanya adalah apa yang ia sukai. Flickr/Jennifer Williams, CC BY-SA

Artikel ini adalah dari Curious Kids, sebuah seri untuk anak-anak. The Conversation mengajak anak-anak untuk mengirimkan pertanyaan-pertanyaan mereka yang akan dijawab oleh para pakar. Semua pertanyaan akan diterima – mobaik yang serius, aneh, atau konyol!


Bagaimana mengetahui apakah kucing Anda bahagia dan menyukai Anda – Melissa, 12 tahun, Melbourne


Hi Melissa, kamu menanyakan dua pertanyaan yang bagus – saya akan menjawabnya satu per satu.

Pertama, bagaimana Anda mengetahui apakah kucing Anda bahagia? Kucing tidak bisa memberi tahu apa yang mereka rasakan, tapi jika kita memperhatikan perilakunya dengan cermat, banyak petunjuk yang dapat ditemukan.


Read more: Curious Kids: Why do adults think video games are bad?


Hal-hal apa yang disukai kucing Anda? Apakah ada kursi atau langkan favorit untuk diduduki? Atau jendela favorit untuk melihat keluar? Mungkin kucing Anda suka duduk di pangkuan Anda, atau bermain-main dengan mainan? Kebanyakan kucing suka tidur di tempat yang hangat.

Hal-hal yang tampak sering dilakukan kucing Anda mungkin adalah apa yang disukainya. Selama mendapat kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukainya maka kucing Anda mungkin senang. Menyediakan banyak mainan untuk dimainkan adalah cara yang bagus untuk membuat kucing Anda bahagia, terutama bagi anak kucing.

Misalnya, Anda bisa membuatkan mereka puzzle makanan - kucing memiliki naluri berburu alami dan suka berburu makanan. Temukan botol air kosong dan buat lubang di sekitar badan botol. Kemudian masukkan beberapa makanan kering dan tutup botolnya - karena kucing Anda dapat menggerakkan botol dan membuat makanan keluar dari botol.


Read more: Curious Kids: Why don’t cats wear shoes?


Kucing dapat menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia dengan dua cara tergantung dengan kepribadian mereka.

Kucing dengan kepribadian pertama mungkin bersembunyi di bawah tempat tidur atau di lemari, dan tidak menunjukkan minat bermain atau berinteraksi. Jika kucing juga berhenti makan dan menjaga diri, ini mungkin pertanda bahwa mereka tidak bahagia.

Kucing dengan kepribadian kedua mungkin mondar-mandir, atau mencari perhatian Anda dengan mengeong terus-menerus. Kucing-kucing ini mungkin mengikuti Anda sepanjang waktu, dan menghancurkan furnitur atau hal lainnya di rumah Anda.

Beberapa kucing juga bisa buang air kecil sembarangan ketika mereka tidak bahagia.

Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda ini, mungkin ada sesuatu yang sedang mengganggunya. Jika tidak makan atau membersihkan sendiri, atau ada tanda-tanda lain yang Anda khawatirkan, maka ide yang baik adalah untuk membawanya ke dokter hewan untuk melihat apakah ada yang salah.

Bagaimana mengetahui apakah kucing Anda menyukai Anda?

Jika kucing Anda suka pelukan di pangkuan dan mendengkur saat Anda menepuknya, mungkin kucing itu menyukai Anda. Kucing akan memilih untuk berkeliaran di sekitar orang yang mereka sukai, sama seperti yang Anda lakukan dengan teman-teman Anda.

Jika kucing Anda suka dibelai, ia mungkin akan diam, menutup matanya, dan menggerakkan kepala atau tubuhnya agar Anda menggosok tempat favoritnya. Ini mungkin di sepanjang pipi, di bawah dagu, atau di antara telinga dan mata.

Akan tetapi, jika kucing Anda tidak menyukai hal-hal tersebut, jangan panik bahwa ia tidak menyukai Anda! Beberapa kucing lebih ramah daripada yang lain, dan kucing Anda mungkin tidak suka dipeluk, sama seperti beberapa orang menyukai pelukan dan yang lain tidak. Kucing Anda mungkin masih menikmati mengetahui bahwa Anda ada di sekitarnya, bahkan jika ia tidak mau menghampiri Anda.


Hello, curious kids! Apakah kamu mempunyai sebuah pertanyaan yang ingin dijawab oleh seorang pakar? Mintalah orang dewasa untuk mengirimkan pertanyaan kepada kami. Kamu bisa:

* Email pertanyaan kamu ke curiouskids@theconversation.edu.au
* Beritahu kita di Twitter dengan mentag @ConversationEDU dengan hashtag #curiouskids, atau
* Beritahu kami di Facebook

CC BY-ND

Tolong beritahu kami nama kamu, umur, dan di kota mana kamu tinggal. Kamu bisa mengirimkan rekaman audio pertanyaan juga, jika kamu mau. Kirimlah pertanyaan sebanyak mungkin! kita tidak bisa menjawab semua pertanyaan tapi kita akan berusaha sebaik mungkin.

Michael Walter Thomas menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 109,000 academics and researchers from 3,578 institutions.

Register now