Menu Close

Curious Kids: ketika anjing menggonggong, apakah mereka menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi

Medium shot of a dog barking outdoors.
‘Hey everybody, there’s big news happening over here!’ ‘Halo semuanya, ada berita besar yang sedang terjadi di sini!’ Wesley Martinez Da Costa/EyeEm via Getty Images

Ketika anjing menggonggong, apakah mereka menggunakan kata-kata? – Sarah W, 9 tahun, Clinton, New York

Apakah anjing milikmu sering menggonggong? Atau anjingmu termasuk anjing yang pendiam yang menggonggong hanya dalam situasi mengasyikkan? Kebanyakan anjing paling tidak menggonggong sesekali.

Gonggongan anjing bukanlah kata-kata. Meski anjing kamu tidak akan memberitahumu tentang orang tuanya atau cuaca atau tulang lezat yang dia jilat kemarin, gonggongannya masih mengkomunikasikan informasi yang penting.

Gonggongan anjing lebih mirip dengan suara yang dibunyikan oleh orang-orang ketika tidak sengaja membenturkan jari jempol mereka dengan palu - “Ow!” – atau membuka hadiah yang fantastis - “Wow!”

Suara-suara ini menyampaikan perasaan seseorang, tapi tidak mengapa mereka merasa seperti itu. ketika orang lain mendengar suara seperti ini, mereka biasanya menghampiri untuk melihat apa yang telah terjadi: Apakah kamu baik-baik saja? Kamu dapat hadiah bagus yang seperti apa?

Semua anjing, bahkan yang terkecil chihuahua, adalah keturunan dari serigala abu-abu (great grey wolves). Serigala hampir tidak pernah menggonggong. Serigala meraung. Kadang-kadang anjing juga meraung - tapi anjing jarang meraung. Memahami bagaimana serigala meraung dan anjing menggonggong membantu menjelaskan fungsi menggonggong.

Lima serigala di tengah salju.
Suara yang seragam. Fotosearch via Getty Images

Raungan bisa menjadi suara yang indah - hampir seperti suatu jenis musik. Dan, seperti kelompok menyanyi yang mengumpulkan orang-orang bersama, begitu juga dengan kelompok raungan yang membantu kawanan serigala merasa bersatu.

Gonggongan anjing juga mempersatukan kelompok bersama - tapi suara yang dihasilkan tidak indah. Suara gonggongan lebih menyerupai suara darurat, seperti suara yang kamu buat saat terluka atau senang.

Banyak binatang yang lebih kecil, seperti burung scrub jay, meerkat, dan tupai tanah California, mengeluarkan suara berisik yang serupa. Mereka melakukan ini ketika merasa takut oleh sesuatu. Pada anjing, menggonggong bisa mengumpulkan kelompok bersama untuk bertahan menghadapi bahaya yang tidak bisa dihadapi sendirian.

Serigla tidak perlu membuat suara seperti ini karena mereka besar dan menakutkan dan tidak biasanya merasa terancam. Anjing, di sisi lain, jauh lebih kecil dan lebih lemah daripada nenek moyang mereka serigala - dan biasanya perlu memanggil kelompok berkumpul bersama.

Sebuah anjing kecil menyalak dari dalam sebuah mobil.
Permintaan untuk bantuan. Seregraff/iStock/Getty Images Plus

Inilah mengapa anjing menggonggong. Mereka memanggil kelompok mereka untuk mencari bantuan menghadapi sesuatu yang kurang diyakini bisa dihadapi sendirian. Ini tidak berarti anjing yang menggonggong selalu takut. Anjing itu mungkin bisa saja hanya sedang sangat senang. Dia merasa sangat perlu memberitahu keluarganya bahwa ada orang yang tidak dikenal menghampiri pintu, atau ada anjing lain sedang mendekati rumah.

Gonggongan anjing kamu mungkin bukan kata-kata, tapi kemungkinan dia menggonggong sedikit berbeda tergantung dari apa yang membuatnya merasa senang. Jika kamu mendengar dengan teliti, kamu mungkin bisa mengetahui perbedaan gonggongan yang diarahkan pada pengirim paket dan gonggongan yang diarahkan pada teman di pintu. Gonggongan ke anjing yang lewat mungkin berbeda dari gonggongan ke mobil yang lewat.

Anjing kamu tidak mengerti banyak tentang apa yang kamu katakan, tapi dia mendengar dengan usaha keras memahami bahasa manusia. Jika kamu melakukan hal yang serupa sebaliknya dan mendengarkan suaranya dengan usaha keras, kamu mungkin menyadari bahwa kamu bisa memahami anjing kamu dengan lebih baik, dan kamu dan anjing kamu akan menjalani hidup yang lebih baik bersama.


Ignatius Raditya menerjemahkan ini dari Bahasa Inggris.

Halo, curious kids! Apakah kamu memiliki pertanyaan yang kamu ingin dijawab oleh pakar? Minta orang dewasa untuk mengirim pertanyaanmu ke redaksi@theconversation.com. Tolong sertakan nama kamu, tahun, dan kota di mana kamu tinggal.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 122,000 academics and researchers from 3,916 institutions.

Register now