Menu Close

Debat capres-cawapres: bisakah pengaruhi pilihan “swing voters” dan “undecided voters” ?

Selama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan lima sesi debat calon presiden dan wakil presiden, dijadwalkan mulai Desember 2023 hingga Februari 2024.

Debat ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masing-masing pasangan calon menyampaikan gagasan utama dan meyakinkan masyarakat untuk memberikan suara dalam kontestasi politik tahun depan. Menurut ketua KPU Hasyim Asy'ari, masyarakat bisa menyimak visi misi masing masing kandidat yang dijadikan bahan kampanye dalam debat ini.

Pelaksanaan debat ini dianggap semakin penting, karena survei terbaru Litbang Kompas mencatat ada 28,7% pemilih yang belum memutuskan pilihannya. Sementara itu, lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) mencatat pemilih yang masih dapat berubah atau swing voters mencapai 44%.

Lalu, seberapa besarkah pengaruh pelaksanaan debat capres-cawapres ini terhadap keputusan pemilih dalam menentukan pasangan mana yang akan mereka pilih dalam Pemilu 2024?

Dalam episode SuarAkademia terbaru, kami berbincang dengan Titi Anggraini, dosen hukum tata negara Universitas Indonesia dan anggota dewan pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Meskipun banyak pengamat mengatakan debat capres dan cawapres ini hanya berpengaruh kurang dari 10%, Titi berpendapat proses debat ini penting untuk dipersiapkan masing masing pasangan calon untuk meyakinkan para pemilih yang belum menentukan pilihan apabila ingin memenangkan pemilu dalam satu putaran atau lolos ke putaran kedua.

Ia juga mengatakan pelaksanaan debat ini juga bisa membuat pemilih yang masih bingung untuk mencari tahu lebih dalam tentang gagasan masing-masing calon meskipun penyampaian di dalam debat masih perlu digali lebih mendalam.

Meski debat calon presiden kemarin dianggap berjalan menarik, Titi juga menambahkan pentingnya bagi pemilih yang belum menentukan pilihan untuk mengecek kebenaran dari pernyataan yang disampaikan oleh masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Simak obrolan lengkapnya hanya di SuarAkademia – ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,800 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now