Menu Close

Kasus Yudo Andreawan dan sulitnya mengontrol emosi: Apa itu “anger issue”?

Kasus Yudo Andreawan dan sulitnya mengontrol emosi: Apa itu “anger issue”?

Nama Yudo Andreawan mendadak jadi perbincangan warganet di Indonesia gara-gara pria berusia 26 tahun ini sempat cekcok dengan petugas keamanan Stasiun Sudirman, Jakarta, pada tanggal 13 April 2023 kemarin.

Kejadian mengamuk di tempat umum ini bukanlah ulahnya yang pertama kali. Setelah kejadian tersebut, muncul banyak video di media sosial yang menunjukkan bagaimana Yudo tidak bisa mengontrol emosinya di tempat umum.

Saat ini, Yudo sudah ditahan oleh pihak kepolisian atas laporan kerap membuat keributan di sejumlah tempat umum. Yudo ditangkap usai menyerang korban di pusat perbelanjaan di kawasan Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis, 13 April 2023. Laporan tersebut dibuat langsung oleh korban yang diserang oleh Yudo.

Gangguan kesehatan mental apa yang sebenarnya diderita Yudo hingga ia menjadi sangat sulit mengontrol amarah?

Dalam episode SuarAkademia terbaru, kami berbincang dengan Lu'luatul Chizanah, dosen psikologi dari Universitas Gadjah Mada.

Lulu mengatakan anger issue yang dialami Yudo kemungkinan besar disebabkan oleh adanya gangguan kejiwaan dalam dirinya. Menurut Lulu, kemarahan Yudo yang tidak bisa dikontrol adalah akibat dari permasalahan mental yang belum ditangani dengan baik dan membutuhkan bantuan profesional dalam penyembuhannya.

Munculnya permasalahan anger management ini menurut Lulu disebabkan oleh 2 faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi bagaimana cara kita memproses dan merespons keadaan sekitar, sedangkan faktor eksternal adalah situasi dari luar, seperti lingkungan yang terlalu ramai dan orang-orang yang berada di sekitar kita.

Simak episode selengkapnya di SuarAkademia - ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now