Menu Close
Men Fixing the Robot
Seorang pria sedang membetulkan sebuah robot. pexels.com/Rui Dias.

Kecerdasan buatan makin canggih, ahli jawab kemungkinan AI punya jiwa dan bisa memprediksi sesuatu

Perkembangan sistem komputer kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini semakin canggih, AI saat ini memiliki kemampuan untuk meniru manusia dalam memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan atau keahlian fisik manusia.

Keberadaan AI kini telah menjadi semakin penting dan terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir, banyak ahli meyakini AI akan menjadi salah satu kemajuan teknologi terbesar dalam sejarah manusia.

Pada awalnya, kecerdasan buatan digunakan dalam aplikasi seperti mesin pencari dan permainan video. Semakin berkembang, teknologi ini juga diterapkan dalam banyak bidang, termasuk kesehatan, transportasi, dan bisnis.

Kekuatan sistem AI menempatkan tanda tanya besar atas kehidupan dan praktik pendidikan kita saat ini.

Kecanggihan AI memaksa kita untuk memikirkan kembali soal semangat, empati, emosi dan kreativitas yang hanya dimiliki manusia.

Lantas bagaimana masa depan manusia dengan hadirnya kecerdasan buatan? dan apakah ada hal yang harus diwaspadai manusia dari sistem komputer ini?

Untuk mengulas bagaimana perkembangan AI dapat merubah kehidupan manusia, kami berbincang dengan Dosen Magister Teknik Elektro Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Lukas, yang merupakan sekaligus Ketua Indonesia Artificial Intelligence Society (IAIS) atau Masyarakat Kecerdasan Artifisial Indonesia.

Simak video lengkapnya disini:

Tonton video-video seputar sains menarik lainnya hanya di channel YouTube dan TikTok The Conversation Indonesia, jangan lupa ikuti dan berlangganan sekarang juga!

Klik link dibawah ini:

YouTube The Conversation Indonesia

TikTok The Conversation Indonesia

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now