Menu Close

Mengapa zebra punya garis-garis di tubuhnya? Agar tidak dihinggapi lalat

Pengujian saintifik telah membantah keunggulan pola garis Zebra. Tim Caro, CC BY-SA

Zebra terkenal dengan garis-garis hitam dan putih yang kontras - tapi hingga baru-baru ini tidak ada yang tahu mengapa mereka memakai pola bergaris yang tidak biasa. Ini adalah pertanyaan yang telah dibahas sejak 150 tahun yang lalu oleh ahli biologi Victoria seperti Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace.

Sejak itu banyak ide telah diajukan, tapi hanya dalam beberapa tahun terakhir baru ada upaya serius untuk menguji hal tersebut.

Gagasan-gagasan ini dibagi ke dalam empat kategori utama: zebra bergaris untuk menghindari tangkapan predator, zebra bergaris untuk alasan sosial, zebra bergaris untuk tetap dingin, atau mereka memiliki garis-garis untuk menghindari serangan gigitan lalat.

Hanya gagasan terakhir yang bertahan untuk penelitian lebih lanjut. Dan penelitian terbaru kami dapat memuat lebih banyak detail tentang alasannya.

Kamuflase? Identitas? Pendingin alami? Tidak, tidak, dan tidak. Tim Caro, CC BY-ND

Apa keuntungan garis-garis zebra?

Bisakah garis-garis yang dimiliki membantu zebra menghindari menjadi makanan predator? Ada banyak masalah dengan ide ini. Eksperimen lapangan menunjukkan bahwa zebra menonjol di mata manusia ketika mereka berada di antara pohon-pohon atau di padang rumput, bahkan ketika pencahayaan buruk - mereka tidak tersamarkan.

Dan ketika melarikan diri dari bahaya, zebra tidak berperilaku untuk memaksimalkan kebingungan yang mungkin disebabkan oleh garis-garis yang dimiliki, membuat ide-ide tentang menghindari pemangsa tidak dapat dipertahankan.

Lebih buruk lagi untuk ide ini, penglihatan singa dan hyena untuk melihat jarak jauh lebih lemah dari kita manusia; predator ini hanya dapat melihat jelas garis-garis zebra pada jarak yang sangat dekat, pada jarak ketika mereka mungkin bisa mendengar atau mencium bau mangsa. Jadi garis-garis zebra tidak mungkin banyak digunakan dalam pertahanan anti-predator.

Yang paling berbahaya, zebra adalah mangsa yang disukai singa - dalam berbagai penelitian di seluruh Afrika, singa membunuh zebra dalam jumlah lebih dari kelimpahan numerik mereka. Jadi garis-garis yang dimiliki zebra tidak bisa menjadi pertahanan anti-predator yang sangat efektif melawan karnivora ini.

Bagaimana dengan gagasan bahwa garis-garis yang dimiliki membantu zebra berinteraksi dengan anggota spesies mereka sendiri? Setiap zebra memiliki pola garis yang unik. Bisakah itu berguna untuk mengenal satu sama lainnya? Kemungkinan ini tampak sangat tidak mungkin mengingat bahwa kuda domestik yang berwarna seragam dapat mengenali sesamanya melalui penglihatan dan suara.

Anggota keluarga kuda yang bergaris tidak saling mengurus sesamanya - suatu bentuk ikatan sosial - lebih dari spesies kuda lain. Dan sangat tidak biasa zebra tanpa garis tidak dijauhi oleh anggota grup, dan mereka berkembang biak dengan baik.

Bagaimana dengan semacam pertahanan melawan matahari Afrika yang panas? Mengingat bahwa garis-garis hitam mungkin diharapkan untuk menyerap radiasi dan garis-garis putih memantulkannya, satu gagasan mengusulkan bahwa garis-garis tersebut mengatur arus udara arah vertikal di sepanjang punggung hewan, dengan demikian mendinginkannya.

Eksperimen lapangan menguji bagaimana berbagai pola pewarnaan mempengaruhi suhu barel yang diisi air. Gábor Horváth dalam Laporan Ilmiah, CC BY

Sekali lagi, ini tampaknya mustahil: eksperimen barel-barel air besar dibungkus dengan kulit yang bergaris-garis atau seragam, atau dicat bergaris atau tidak bergaris, menunjukkan tidak ada perbedaan dalam suhu air bagian dalam. Selain itu pengukuran termografi zebra, impala, kerbau, dan jerapah di alam liar menunjukkan bahwa zebra tidak lebih dingin dibanding yang lainnya.

Gagasan terakhir mengenai garis-garis zebra terdengar tidak masuk akal pada mulanya, yaitu garis-garis zebra dapat mencegah gigitan serangga untuk mendapatkan makanan darah, nyatanya memiliki banyak dukungan.

Eksperimen awal pada 1980-an melaporkan bahwa lalat tsetse dan pikat (lalat besar) menghindari mendarat di permukaan bergaris dan telah dikonfirmasi baru-baru ini.

Yang paling meyakinkan, bagaimana pun, adalah data dari seluruh jangkauan geografis dari tujuh spesies kuda yang hidup. Beberapa spesies ini bergaris-garis (zebra), ada yang tidak (keledai Asiatik) dan ada yang hanya bergaris-garis sebagian (keledai liar Afrika).

Di seluruh spesies dan subspesies mereka, intensitas garis-garis dimiliki sejajar jumlah lalat yang menghindar di Afrika dan Asia. Artinya, kuda liar berasal dari daerah-daerah di mana gangguan dari pikat berkepanjangan sepanjang tahun adalah yang paling mungkin memiliki pola garis-garis yang ditandai.

Peta A di kiri menunjukkan kuda lokal dihilangkan atau memiliki warna polos. Peta B di kanan menunjukkan dalam warna biru distribusi lalat tsetse (Glossina) dan daerah dengan tujuh bulan berurutan aktivitas penggigitan lalat kuda (Tabanus) per tahun. Reprinted by permission from Springer Nature: Caro, T. et al. The function of zebra stripes. Nat. Commun. 5:3535 doi: 10.1038/ncomms4535 (2014)., Author provided (no reuse)

Kami berpikir bahwa alasan kuda di Afrika perlu memiliki garis-garis adalah karena lalat pengigit di Afrika membawa penyakit seperti trypanosomiasis, penyakit flu kuda yang dapat berakibat fatal.

Dan zebra sangat rentan untuk terkena dampak dari gigitan lalat karena mantel pendek mereka miliki. Memiliki pola bulu yang membantu menghindari lalat dan penyakit mematikan yang mereka bawa akan menjadi keuntungan yang kuat, yang berarti garis-garis zebra akan diturunkan ke generasi mendatang.

Menguji gagasan bahwa garis-garis zebra tidak cocok bagi lalat

Tetapi bagaimana garis-garis benar-benar memberikan pengaruhnya pada lalat yang menggigit? Kami memulai untuk memeriksa ini di sebuah livery di Somerset, Inggris, di mana kawanan pikat berkumpul di musim panas.

Kami cukup beruntung bisa bekerja dengan Terri Hill, pemilik sebuah kandang kuda. Kita bisa sangat dekat dengan kuda-kudanya dan zebra jinak di dataran, memungkinkan kita untuk benar-benar menonton lalat mendarat atau terbang melewati kuda. Kami juga merekam perilaku lalat di sekitar hewan, dan mengenakan mantel berwarna berbeda pada kuda.

Kuda dengan satu warna mendapatkan lebih banyak gangguan dari lalat dibandingkan zebra. Martin How, CC BY-ND

Penting untuk diingat bahwa lalat memiliki visi yang jauh lebih buruk daripada manusia. Kami menemukan bahwa zebra dan kuda menerima jumlah pendekatan yang sama dari lalat besar atau pikat yang mungkin tertarik dengan baunya - tetapi zebra mengalami pendaratan yang jauh lebih sedikit oleh pikat. Di sekitar kuda, lalat terbang, berputar dan berputar sebelum mendarat lagi dan lagi. Sebaliknya, di sekitar zebra lalat entah terbang melewati mereka atau membuat pendaratan cepat dan terbang lagi.

Analisis frame demi frame dari video kami menunjukkan bahwa lalat perlahan-lahan melambat ketika mereka mendekati kuda coklat atau hitam sebelum melakukan pendaratan terkendali. Tapi mereka gagal melambat saat mendekati zebra. Sebaliknya mereka akan terbang lurus melewati atau benar-benar menabrak binatang dan bangkit.

Pelindung bergaris pada kuda berwarna polos telah mengurangi jumlah lalat yang datang ke bagian badan. Tim Caro, CC BY-ND

Ketika kami menempatkan mantel hitam atau mantel putih atau mantel bergaris pada kuda yang sama untuk mengendalikan perbedaan dalam perilaku atau bau binatang, sekali lagi lalat tidak mendarat di garis-garis itu. Tetapi tidak ada perbedaan dalam tingkat pendaratan pada kepala telanjang kuda, menunjukkan bahwa garis-garis memberikan efek mereka dari dekat tapi tidak menghalangi pendekatan terbang di kejauhan.

Dan itu menunjukkan kepada kita bahwa mantel kuda bergaris, yang saat ini dijual oleh dua perusahaan, benar-benar berfungsi.

Jadi sekarang kita tahu bahwa garis-garis yang mempengaruhi lalat besar pada jarak dekat, bukan dari kejauhan, apa yang sebenarnya terjadi beberapa inci dari Zebra?

Satu ide adalah bahwa garis-garis mengatur ilusi optik yang mengganggu pola pergerakan yang diharapkan pengalaman lalat saat mendekati zebra, mencegahnya dari pendaratan dengan benar.

Gagasan lain adalah bahwa lalat tidak melihat zebra sebagai entitas yang solid tapi perangkaian benda hitam tipis. Hanya ketika sangat dekat mereka menyadari bahwa mereka akan mengenai tubuh yang solid dan bukannya membelok. Kami sedang mencari kemungkinan ini sekarang.

Jadi penelitian dasar kami tentang perilaku lalat tidak hanya memberi tahu kami mengapa zebra bergaris sangat indah, tapi memiliki implikasi nyata bagi industri pakaian kuda, dengan potensi untuk membuat perawatan kuda dan kuda tidak terlalu menyakitkan bagi kuda dan penunggannya.

Michael Walter Thomas menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 180,900 academics and researchers from 4,919 institutions.

Register now