Menu Close
Dari dalam penjara, pejuang hak perempuan Iran, Narges Mohammadi, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 2023. EPA-EFE/Abedin Taherkenareh

Nobel Perdamaian: mengenal Narges Mohammadi dan perjuangan HAM ribuan perempuan di Iran

Narges Mohammadi, pejuang besar hak-hak perempuan Iran, dianugerahkan Nobel Perdamaian 2023 atas perjuangan panjangnya melawan penindasan terhadap perempuan di Iran.

Mohammadi sendiri saat ini tengah menjalani hukuman kurungan di penjara Evin di Teheran, ibu kota Iran, atas tuduhan menyebarkan propaganda melawan negara. Komite Nobel Norwegia menghadiahkan nobel bergengsi tersebut untuk “perjuangannya melawan penindasan perempuan di Iran dan untuk mempromosikan hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan untuk semua”.

Penghargaan ini diberikan ketika para perempuan di seluruh penjuru Iran dan bahkan di seluruh dunia terus memprotes intimidasi yang terjadi setelah kematian Mahsa Amini di tangan “polisi moral” Iran, karena diduga melanggar aturan berpakaian perempuan di Republik Islam tersebut.

Komite mengatakan: “Moto yang diadopsi oleh para demonstran, ‘Kebebasan Hidup Perempuan”, dengan tepat mengekspresikan dedikasi dan karya Narges Mohammadi.“

Protes "Kebebasan Hidup Perempuan” (Woman-Life-Freedom) untuk menentang penindasan negara yang telah berlangsung begitu lama merupakan hal yang luar biasa. Namun, protes yang berlangsung selama setahun ini, gelombang terbaru dari beberapa dekade pertempuran yang dilakukan oleh para perempuan melawan otoritarianisme agama di Iran, tampaknya akan berubah menjadi pergeseran yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam “perang” melawan salah satu rezim yang paling represif dalam sejarah modern ini.


Read more: The protests in Iran are part of a long history of women's resistance


Setelah revolusi 1979 di Iran, para ulama Islam yang dipimpin oleh Ayatollah Ruhollah Khomeini merebut kekuasaan pemerintahan. Rezim ini dengan cepat mengesahkan serangkaian undang-undang yang menindas ditujukan khusus untuk perempuan. Namun, terlepas dari kekerasan terhadap perempuan oleh rezim tersebut, perempuan di Iran terus berada di garis depan dalam melawan penindasan.

Narges Mohammadi bergabung dalam perjuangan ini ketika masih menjadi mahasiswa pada awal tahun 1990-an. Setelah lulus dari jurusan fisika dan bekerja sebagai insinyur, ia mulai menyuarakan hak-hak perempuan dan menulis kolom di koran-koran reformis.

Mohammadi pertama kali ditangkap pada tahun 1998 akibat kritiknya terhadap pemerintah Iran. Pada tahun 2003, ia bekerja di Pusat Pembela HAM di Teheran, yang didirikan oleh Shirin Ebadi, pemenang Nobel perdamaian pada tahun itu sekaligus perempuan pertama dari dunia Islam yang menerima penghargaan tersebut.

Ia pernah ditangkap 13 kali dan dihukum lima kali sebelum akhirnya dijatuhi hukuman total 31 tahun penjara dan 154 kali cambukan. Ia dipenjara di Teheran pada tahun 2022 ketika gelombang protes Woman-Life-Freedom mulai mendapatkan pengakuan global.

Mohammadi mengorganisir aksi solidaritas dengan sesama narapidana sehingga ia dihukum oleh otoritas penjara dan dilarang menerima pengunjung dan telepon. Meskipun demikian, ia berhasil menyelundupkan sebuah artikel yang ia tulis untuk New York Times, yang terbit pada September 2023 dengan judul: “Semakin mereka mengurung kita, semakin kita kuat.”

Suara perempuan bergema dalam protes

Gerakan-gerakan yang dipimpin oleh perempuan sering kali efektif dalam memaksa perubahan demokratis. Banyak contohnya sepanjang sejarah dan terus berlanjut hingga saat ini.

Di Argentina dalam beberapa tahun terakhir, gerakan #NiUnaMenos (Not One Less, yang artinya “tidak boleh ada (perempuan) yang dibunuh”) oleh perempuan dan anak perempuan dalam mencari keadilan atas rangkaian kejadian femisida pada tahun 2019 langsung berujung pada pembentukan Kementerian Perempuan, Gender, dan Keberagaman yang baru oleh pemerintahan Presiden Alberto Fernández. Berkat kegigihan para perempuan Argentina dalam menyuarakan pendapat mereka, negara ini mulai menapaki jalan menuju perubahan.

Argentinian women march for justice after the rape and murder of a young student.
#NiUnaMenos: Para perempuan Argentina melakukan aksi protes di Punta Lara atas pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang mahasiswi, Emma Cordoba, Juli 2017. Federico Julien/Alamy Live News

Perempuan juga telah berperan penting dalam perjuangan HAM di Chili, baik sebelum maupun sesudah masa pemerintahan diktator Pinochet. Namun, gerakan feminis di Chili saat ini, yang juga sangat memperjuangkan hak-hak aborsi, sangat dipengaruhi oleh gerakan #NiUnaMenos.

Gerakan mereka membuahkan hasil, dengan dimasukannya perlindungan hukum untuk aborsi ke dalam konstitusi baru yang pada 2022 untuk menggantikan konstitusi yang sudah berumur puluhan tahun yang dibuat oleh rezim Pinochet.

Sebuah pemungutan suara telah menolak rancangan ulang konstitusi tersebut pada September 2022, tetapi perempuan terus berada di garis depan dalam perjuangan HAM di tengah perdebatan yang terus berlanjut.

'Woman-Life-Freedom’

Para perempuan Iran masih terus bergerak untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Satu tahun setelah munculnya gerakan Woman-Life-Freedom, masih belum dapat diprediksi apakah mereka akan berhasil menghadapi penindasan kejam dari kelompok ulama dan pendukung konservatifnya.

Smartly dressed women on a red carpet hold up a banner, with row of photographers behind them.
Selebritas Iran, Zahra Amir Ebrahim, Melika Foroutan, dan Jasmin Tabatabai mempromosikan pesan ‘Woman-Life-Freedom’ pada Festival Film Internasional Berlinale ke-73 Berlin, Februari 2023. Ralph Metzger / Alamy Stock Photo

Namun, rasa tak terkalahkan rezim yang berkuasa serta marjinalisasi perempuan dari politik perlahan mulai berhasil diguncang. Bahkan ketika pihak keamanan mencoba menindak tegas para pengunjuk rasa, perjuangan melawan rezim patriarki akan terus berlanjut.

Bahkan jika protes tidak berujung pada runtuhnya rezim, suara-suara perempuan yang menuntut kebebasan berbicara, otonomi tubuh, dan keterlibatan politik mungkin dapat mengubah lanskap sosial dan politik di Iran.

Panel hadiah Nobel memberikan penghargaan kepada Narges Mohammadi atas kiprahnya selama lebih dari 30 tahun dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Iran. Namun, panel tersebut juga menjelaskan bahwa penghargaan ini juga diperuntukkan bagi “ratusan ribu orang yang pada tahun sebelumnya telah berdemonstrasi menentang kebijakan rezim teokratis yang melakukan diskriminasi dan penindasan terhadap perempuan”.

Suara-suara perempuan kini menjadi ancaman serius bagi legitimasi teokrasi Iran. Orang-orang yang skeptis mungkin mengatakan bahwa di masa lalu, rezim ini selalu berhasil menggunakan kekerasan dan sensor untuk membungkam protes.

Namun gelombang protes baru ini telah bergema di seluruh dunia, meningkatkan profil perjuangan perempuan di jalan-jalan kota Iran dan mendorong perempuan di seluruh dunia untuk memperjuangkan hak-hak dan kebebasan mereka.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now