Menu Close
Di beberapa negara, rokok dipajang secara mencolok setinggi mata anak-anak. Campaign for Tobacco-Free Kids, CC BY-NC-ND

Riset baru: iklan rokok secara agresif menargetkan anak-anak di negara berpenghasilan rendah dan menengah

Research Brief adalah ringkasan singkat tentang karya akademis yang menarik.

Ide besar

Perusahaan-perusahaan tembakau multinasional terbesar di dunia mengiklankan rokok untuk anak-anak di dekat taman bermain dan sekolah di 42 negara yang mayoritas berpenghasilan rendah dan menengah. Itulah temuan kunci dari riset yang baru-baru ini diterbitkan.

Melalui pengumpulan data lapangan kami di 19.500 titik penjualan, kami mengidentifikasi iklan dan promosi industri tembakau yang menunjukkan empat taktik umum. Ini termasuk memajang rokok di dekat makanan ringan, permen, dan minuman manis; menempatkan iklan rokok setinggi mata anak-anak; memasarkan rokok beraroma melalui iklan dan atau display produk; dan menjual batang rokok tunggal.

Kami mengumpulkan data tentang bagaimana rokok dipasarkan dan dijual dalam jarak 250 meter, atau sekitar 820 kaki, dari satu atau lebih sekolah dan atau taman bermain di lebih dari 100 kota di seluruh dunia. Lokasi termasuk sebagian besar ibu kota dan membentang Afrika, Asia, Amerika Tengah, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Temuan kami sesuai dengan penelitian serupa yang dilakukan di negara-negara berpenghasilan tinggi. Secara keseluruhan, penelitian kami dan penelitian lainnya menunjukkan bahwa tanpa adanya pembatasan dan penegakan yang kuat, industri tembakau menggunakan strategi pemasaran serupa di seluruh dunia dengan apa yang kami yakini sebagai niat khusus untuk menarik dan membuat ketagihan anak-anak dan remaja.

Mengapa itu penting

Banyak yurisdiksi di seluruh dunia telah menerapkan undang-undang melarang iklan produk tembakau di radio, televisi dan papan reklame. Akibatnya, peluang titik penjualan yang hanya memiliki sedikit restriksi telah menjadi komponen penting dari strategi pemasaran perusahaan tembakau. Ini termasuk raksasa global “Empat Besar” perusahaan rokok: Philip Morris International, British American Tobacco, Japan Tobacco International, dan Imperial Tobacco.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa dalam menghadapi pembatasan iklan, industri tembakau akan memfokuskan kembali upaya pemasarannya – dan dolarnya – pada saluran yang tidak diatur seperti titik penjualan. Perusahaan tembakau sendiri telah mengakui keefektifannya saluran titik penjualan, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan sumber daya yang diarahkan untuk memaksimalkan potensi penjualan. Perusahaan tembakau memberikan insentif kepada pengecer untuk memasarkan produk mereka dengan cara ini.

Temuan kami, yang dirangkum di bawah, menunjukkan bahwa industri tembakau menggunakan iklan di tempat penjualan secara luas, dan secara konsisten menargetkan kaum muda.

• Di 90% negara yang kami teliti, rokok dipajang di dekat makanan cepat saji atau minuman manis, termasuk beberapa pajangan swalayan dalam jangkauan anak-anak.

• Kami menemukan iklan atau pajangan yang mempromosikan rokok beraroma, yang dikenal menarik bagi anak di bawah umur, di 76% negara yang kami teliti.

• Toko yang menjual tembakau di 78% negara menjual satu batang rokok (secara batangan), membuat produk lebih terjangkau.

• Tempat penjualan di 42 negara mayoritas berpenghasilan rendah dan menengah menampilkan iklan rokok setinggi mata anak-anak, menampilkan produk atau iklan tembakau “Empat Besar”.

Studi ini mengidentifikasi empat taktik umum yang digunakan perusahaan tembakau untuk menargetkan anak-anak.

Penelitian jelas menunjukkan bahwa anak-anak yang sering terpapar iklan dan promosi tembakau di tempat penjualan memiliki peluang lebih tinggi untuk mencoba merokok dan lebih cenderung rentan untuk merokok pada masa depan dibandingkan dengan mereka yang lebih jarang terpapar. Merokok membunuh 8 juta orang di seluruh dunia setiap tahun dan merupakan penyebab utama kematian yang dapat dicegah.

Para ahli juga telah menetapkan hubungan antara iklan di tempat penjualan dan perilaku serta keyakinan terkait merokok, seperti salah persepsi bahwa merokok tidak terlalu berbahaya daripada yang sebenarnya dan kemungkinan yang kecil untuk bisa berhenti merokok.

Apa berikutnya

Pekerjaan kami berfokus pada apa yang dilihat konsumen dan tidak membedakan antara produk yang dijual secara legal versus yang dijual secara ilegal.

Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) Organisasi Kesehatan Dunia, sebuah perjanjian internasional yang diratifikasi oleh 182 negara dan mencakup lebih dari 90% populasi dunia, merekomendasikan berbagai strategi berbasis bukti untuk melawan taktik pemasaran ini. Ini termasuk larangan komprehensif pada iklan tembakau, promosi dan sponsor, kemasan tembakau biasa, peringatan kesehatan gambar besar pada kemasan tembakau, larangan penjualan rokok batangan tunggal, dan pengaturan rasa.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now