Menu Close

Seberapa khawatir kita terhadap wabah pneumonia di Cina?

Two adults and two children walking in Beijing wearing masks.
Ng Han Guan/AP/AAP

Laporan peningkatan penyakit mirip pneumonia (radang paru-paru) yang terutama menyerang anak-anak di Cina bagian utara telah menarik perhatian kita. Terakhir kali kita mendengar tentang wabah pernapasan misterius yang menyebabkan penumpukan pasien di rumah sakit adalah saat awal pandemi COVID-19 pada awal 2020, jadi tidak mengherankan jika hal ini menimbulkan kekhawatiran.

Pada 22 November, Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO meminta informasi dari Cina tentang lonjakan ini. Otoritas kesehatan Cina mengatakan wabah ini disebabkan oleh sejumlah patogen pernapasan.

Patogen apa yang mungkin menyebabkan peningkatan penyakit pernapasan ini? Dan apakah kita perlu khawatir bahwa ada potensi pandemi? Mari kita lihat.

Mycoplasma

Salah satunya adalah bakteri, Mycoplasma, yang telah menyebabkan wabah penyakit pernapasan di Cina sejak Juni ini tahun.

Mycoplasma biasanya dapat diobati dengan antibiotik sehingga jarang ada pasien yang sampai perlu rawat inap. Ini juga bisa disebut fenomena “pneumonia berjalan”, yaitu ketika rontgen dada terlihat jauh lebih buruk daripada yang terlihat pada pasien.

Namun di Taiwan, laporan menunjukkan adanya resistensi antibiotik tingkat tinggi terhadap Mycoplasma, yang mungkin menjelaskan alasannya menyebabkan lebih banyak rawat inap di rumah sakit.


Read more: How do bacteria actually become resistant to antibiotics?


Influenza

Tingkat penularan influenza turun menjadi sangat rendah selama dua tahun pertama pandemi COVID-19 karena adanya pola hidup penggunaan masker, pembatasan fisik dan jarak sosial serta tindakan lainnya. Namun begitu keadaan mulai kembali “normal”, infeksi flu cenderung bangkit kembali.

Influenza paling parah menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun dan orang lanjut usia, sehingga mungkin menyebabkan rawat inap di kalangan anak-anak.

RSV dan adenovirus

Virus pernapasan syncytial (RSV) juga bisa berdampak parah pada anak-anak. Seperti influenza, penyakit ini menghilang dalam dua tahun pertama pandemi. Namun sekarang kembali menyebar luas.

Adenovirus, yang dapat menyebabkan berbagai sindrom termasuk gastroenteritis dan penyakit mirip flu, juga dilaporkan berkontribusi terhadap wabah yang saat ini terjadi di Cina. Ada laporan anak-anak muntah dan gambar anak-anak menerima cairan IV, mungkin untuk dehidrasi akibat gastroenteritis.

Peran COVID-19

SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, juga dapat menyebabkan pneumonia, tetapi lebih jarang terjadi pada anak-anak. Pada awal pandemi ini, kita mengetahui bahwa SARS-CoV-2 dapat menunjukkan pneumonia pada pemindaian dada pada anak-anak yang tidak menunjukkan gejala, sehingga COVID-19 juga dapat bisa disebut “pneumonia berjalan” pada anak-anak.

SARS-CoV-2 menyebabkan lebih banyak kematian pada anak-anak dibandingkan influenza, sehingga kemungkinan besar berkontribusi terhadap kepadatan yang terlihat di rumah sakit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 juga dapat menyebabkan disfungsi kekebalan setelah infeksi. Ini menjelaskan mengapa terjadi peningkatan infeksi lain yang tidak terduga, termasuk infeksi streptokokus dan Mycoplasma, sejak pandemi.

Koinfeksi

Orang dapat terinfeksi SARS-CoV-2 dan bakteri atau virus lainnya pada saat yang sama (ko-infeksi), yang mungkin juga menjelaskan betapa parahnya epidemi yang terjadi saat ini. Sebuah penelitian menunjukkan koinfeksi dengan SARS-CoV-2 dan Mycoplasma sangat umum dan mengakibatkan komplikasi yang lebih serius.


Read more: RSV is a common winter illness in children. Why did it see a summer surge in Australia this year?


Mungkinkah ini pandemi baru?

Gambar di bawah menunjukkan laporan wabah penyakit mirip influenza dan pneumonia yang tidak dijelaskan secara spesifik, serta penyebab yang diketahui yaitu influenza A dan B, SARS-CoV-2, RSV, pertusis (batuk rejan), adenovirus, dan Mycoplasma. Hal ini menegaskan adanya peningkatan penyakit pernafasan pada tahun ini di Cina dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.

Sebaliknya, perbandingan yang sama untuk dunia menunjukkan adanya penurunan pada tahun ini dibandingkan tahun lalu, yang menunjukkan bahwa Cina memang mengalami lebih banyak penyakit pernapasan daripada yang diperkirakan.

Jika penyebab lonjakan ini tidak diketahui, hal ini akan menimbulkan kekhawatiran yang lebih besar. Namun beberapa di antaranya telah teridentifikasi, sehingga memberi kita keyakinan bahwa kita tidak sedang menghadapi virus baru.

Virus yang paling kita khawatirkan dan berpotensi menjadi pandemi adalah virus flu burung, yang dapat bermutasi menjadi mudah menular pada manusia. Cina telah menjadi episentrum flu burung pada masa lalu, meskipun penyebaran H5N1 telah bergeser ke benua Amerika, Eropa, dan Afrika.

Namun, tahun ini Cina telah melaporkan beberapa kasus pada manusia yang disebabkan oleh berbagai jenis flu burung, termasuk H3N8, H5N1, H5N6 dan H9N2. Dengan wabah yang besar dan terus menerus pada burung dan mamalia, ada kemungkinan lebih besar terjadinya mutasi dan pencampuran materi genetik influenza burung dan manusia, yang dapat menyebabkan virus pandemi influenza baru.


Read more: Alert but not alarmed: what to make of new H1N1 swine flu with 'pandemic potential' found in China


Ancaman virus baru semakin meningkat, dan potensi pandemi paling besar terjadi pada virus yang menyebar melalui jalur pernapasan dan cukup parah untuk menyebabkan penyakit radang paru-paru. Tidak ada indikasi bahwa situasi saat ini di Cina merupakan pandemi baru, namun kita harus selalu mengidentifikasi dan memperhatikan kelompok pneumonia yang tidak terdiagnosis.

Sistem peringatan dini memberi kita peluang terbaik untuk mencegah pandemi berikutnya.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now