Menu Close
Awan corong gelap mencapai tanah dari awan badai gelap
Tornado di Turkey, Texas. Jana Houser, CC BY-ND

Seperti apa bentuk tornado dari dalam?


Seperti apa bentuk tornado dari dalam? – Madison, Umur 7, Noblesville, Indiana, Amerika Serikat


Para ilmuwan benar-benar tidak tahu jawaban atas pertanyaan ini. Tidak ada pengamatan visual dari dalam tornado, karena badai ini menciptakan kondisi yang sangat berbahaya.

Jika kami menempatkan kamera di jalur tornado, mereka akan rusak entah oleh angin kencang dan puing-puing yang berputar-putar, atau menjadi sangat tertutup lumpur dan air sehingga tidak akan menghasilkan gambar yang berguna. Dan tentu saja, tidak aman bagi manusia untuk mencoba mengamati tornado dari jarak dekat. Penting untuk selalu mencari perlindungan saat kondisi tornado terjadi.

Kami memiliki beberapa gagasan tentang struktur bagian dalam tornado dari alat yang disebut radar Doppler seluler. Para ilmuwan dapat mengarahkan instrumen ini ke lokasi di dekat tornado, tetapi dari jarak yang aman.

Radar mengirimkan energi ke arah tornado, dan ketika menghantam badai, sebagian energi dipantulkan kembali. Peneliti dapat menganalisis energi yang dipantulkan untuk mendeteksi karakteristik penting tornado. Ini termasuk untuk mengetahui apakah ada hujan di dalam badai, di mana ada puing-puing, seberapa cepat angin bertiup, dan bagaimana sifat-sifat ini berubah, bergerak menjauh dari pusat tornado menuju tepi luarnya dan naik secara vertikal melalui awan badai di atasnya.

Para peneliti menggunakan radar seluler untuk mempelajari tornado dan jenis badai lainnya di seluruh Amerika.

Dari pengamatan radar ini, kita telah mengetahui bahwa tornado biasanya memiliki area yang jernih di pusatnya, atau setidaknya zona yang bebas hujan dan puing-puing. Daerah ini juga memiliki angin vertikal yang kuat yang terkadang cukup kuat untuk menyedot trotoar dari jalan raya.

Area yang bersih ini dikelilingi oleh cincin hujan lebat dan puing-puing yang sering bergerak keluar, menjauh dari pusat tornado. Itu karena angin berputar sangat cepat dan menciptakan gaya sentrifugal yang menarik benda-benda ini menjauh dari tengah badai. Terkadang area hujan deras yang sedikit lebih jauh dari tornado berputar ke dalam menuju area rotasi, seperti pita spiral yang memanjang keluar dari mata badai.

Beberapa tornado hanya memiliki satu awan corong utama. Lainnya memiliki beberapa corong kecil yang berputar satu sama lain. Bahkan ada tornado yang tidak memiliki awan corong sama sekali. Selama angin berputar dalam lingkaran yang rapat dari awan badai sampai ke tanah, itu adalah tornado, bahkan jika kondisi atmosfer belum membentuk corong yang terlihat.

Para ilmuwan juga telah mengetahui bahwa banyak tornado tidak benar-benar turun dari awan ke tanah. Sebaliknya, mereka terbentuk di tanah dan dengan cepat membangun ke atas – seringkali dalam waktu kurang dari satu menit.

Tornado dapat terbentuk di tanah sebelum radar mendeteksi angin yang berputar pada tingkat rendah.

Ketika itu terjadi, mata kamu mungkin akan melihat seolah-olah ada semacam awan corong yang turun dari langit. Mungkin sudah ada angin berkekuatan tornado di permukaan, bahkan tanpa corong. Jadi berhati-hatilah – ketika datang ke tornado, penampilan bisa menipu.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 186,900 academics and researchers from 4,998 institutions.

Register now