Menu Close
Apakah ikan bisa tidur?
Ikan selalu membuka matanya. Mungkinkah ikan tidur?

Bagaimana cara ikan tidur? Ini jawaban seorang profesor

Bagaimana cara ikan tidur? Apakah mereka terus berenang atau tidur di suatu tempat? – Anna, usia 5 tahun, Thornleigh, New South Wales, Australia.

Hampir semua hewan tidur. Tidur sangat penting untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Ketika orang tidur, kita menutup mata dan berbaring tak bergerak untuk waktu yang lama. Kita mungkin kurang menyadari apa yang terjadi di sekitar kita dan pernapasan kita melambat. Beberapa orang tidur sangat nyenyak dan butuh waktu yang lama untuk membangunkan mereka!

Ikan tidak memiliki kelopak mata - mereka tidak membutuhkannya di bawah air karena debu tidak bisa masuk ke mata mereka. Tetapi ikan tetap saja tidur. Beberapa tidur di siang hari dan hanya bangun di malam hari, sementara yang lain tidur di malam hari dan terjaga sepanjang hari (seperti kamu dan aku).

Ikan buntal juga tidur
Ikan buntal yang sedang berbahagia. Flickr

Bagaimana ikan tahu kapan waktunya tidur?

Sangat mudah untuk mengetahui kapan ikan sedang tidur: mereka berbaring tak bergerak, sering kali di dasar atau dekat permukaan air. Mereka lambat merespons hal-hal yang terjadi di sekitarnya, atau mungkin tidak merespons sama sekali (lihat beberapa ikan lele yang sedang tidur di sini). Jika kamu memperhatikan insang mereka, kamu akan melihat mereka bernapas dengan sangat lambat.


Read more: Curious Kids: how are stars made?


Orang-orang yang memiliki akuarium ikan di rumah pasti tahu bahwa ketika lampu dimatikan di malam hari, ikan-ikan akan menjadi jauh lebih tidak aktif. Jika kamu menyalakan lampu di tengah malam, kamu akan melihat betapa tenangnya mereka.

Seperti halnya manusia, ikan memiliki jam internal yang memberi tahu mereka kapan harus melakukan hal-hal seperti tidur dan makan. Jadi, meskipun kamu tidak sengaja membiarkan lampu menyala di malam hari, ikan-ikan itu akan tetap tenang dan tidur.

Video yang menunjukkan ikan lele yang sedang tidur.

Beberapa ilmuwan telah mempelajari tidur pada ikan yang hidup di gua-gua yang selalu gelap. Bahkan pada beberapa spesies ini, ada saat-saat aktivitas rendah yang terlihat seperti tidur. Tentu saja tidak ada matahari terbit atau terbenam di dalam gua, sehingga ritme mereka sering kali berbeda dengan ikan yang hidup di permukaan di bawah sinar matahari yang cerah.

Beberapa ikan, seperti tuna dan hiu, harus berenang sepanjang waktu agar bisa bernapas. Kemungkinan ikan-ikan ini tidur dengan separuh otaknya pada satu waktu, seperti lumba-lumba.

Ikan kakatua membuat kepompong lendir di sekelilingnya di malam hari - sebuah kantong tidur yang kotor dan lengket yang dapat melindungi mereka dari parasit yang menyerang saat mereka tidur.

ikan tidur dengan mata terbuka
Ikan tidak membutuhkan kelopak mata karena debu tidak bisa masuk ke matanya - tapi mereka tetap tidur. Gavin Leung/Flickr

Ikan bisa bermimpi seperti halnya manusia!

Kita bertanya-tanya apakah ikan bermimpi saat mereka tidur. Sejauh ini kami belum memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut, namun rekaman video terbaru dari gurita yang sedang tidur menunjukkan gurita yang sedang tidur berubah warna, yang menunjukkan bahwa gurita tersebut mungkin bermimpi bersembunyi dari pemangsa atau mengendap-endap menuju mangsanya (inilah alasan mengapa gurita berubah warna saat mereka terjaga).

Percaya atau tidak, tidurnya ikan sedang dipelajari untuk membantu kita memahami tidur pada manusia dengan lebih baik. Sebagian besar penelitian ini menggunakan ikan zebra dan mencoba untuk memahami hal-hal seperti efek kurang tidur, insomnia (sulit tidur) dan ritme sirkadian (siklus tidur).

Tonton video keren tentang cara hewan, termasuk ikan, tidur.


Demetrius Adyatma Pangestu dari Universitas Bina Nusantara menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now