Bagaimana tanggal lahir mempengaruhi prestasi di sekolah dan karir Anda

Sebuah penelitian telah menunjukkan, misalnya, siswa yang relatif lebih tua dibandingkan rekan-rekan mereka lebih cenderung menjadi pemain olahraga profesional. www.shutterstock.com

Bagaimana tanggal lahir mempengaruhi prestasi di sekolah dan karir Anda

Lahir pada bulan Desember, Januari, Agustus atau September memberi dampak yang signifikan dan berkelanjutan pada kehidupan Anda. Penelitian baru kami menunjukkan bulan ulang tahun dapat berpengaruh dalam membentuk kepribadian. Secara khusus, kami menemukan bahwa kepercayaan diri orang dapat berbeda secara signifikan karena bulan kelahiran mereka yang berbeda.

Alasannya bukan tanda zodiak anda, melainkan tanggal lahir Anda yang menentukan kapan Anda memasuki sekolah. Sebagian besar negara menentukan batas waktu kapan seharusnya anak-anak harus mulai sekolah.

Misalnya, di Inggris batas akhir anak-anak memasuki sekolah adalah 1 September. Di negara-negara federal seperti Australia atau AS, batas tanggal tersebut bervariasi antar negara bagian. Anak-anak yang berusia lima tahun pada batas waktu yang telah ditentukan akan mulai bersekolah, sedangkan anak-anak yang berulang tahun setelah batas akhir tersebut akan mulai sekolah pada tahun berikutnya karena masih berusia empat tahun.


Read more: Evolusi konsep pengajaran menjadi pendidikan di Indonesia


Hubungan antara ulang tahun Anda dan batas akhir sekolah dimulai memiliki satu konsekuensi penting: hal tersebut menentukan apakah Anda termasuk anak yang lebih tua, lebih dewasa dan lebih tinggi di dalam kelas semasa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Usia dan kesuksesan karir

Sudah diketahui bahwa usia di sekolah dapat memiliki dampak jangka panjang. Sebuah penelitian telah menunjukkan, misalnya, siswa yang relatif lebih tua dibandingkan rekan-rekan mereka lebih cenderung menjadi pemain olahraga profesional. Pola ini terbukti di berbagai olahraga di berbagai negara dengan tanggal akhir yang berbeda: sepakbola, hoki es dan liga bola Australia.

Pesepakbola terkenal relatif lebih tua di antara rekan-rekan mereka termasuk misalnya Pep Guardiola, manajer Manchester City saat ini.

Dalam penelitian sebelumnya, kami menemukan bahwa anggota kongres Amerika cenderung lebih tua dibanding rekan sekelas mereka. from www.shutterstock.com

Studi juga menemukan siswa yang relatif lebih tua memiliki kinerja lebih baik di sekolah. Meskipun keuntungannya cenderung menurun seiring waktu, mereka memiliki kemungkinan lebih besar untuk masuk ke universitas. Dampak jangka panjang pada pencapaian profesional tampaknya tidak terlalu besar, tetapi di beberapa lingkungan yang sangat kompetitif, orang-orang yang relatif lebih tua di sekolah jumlahnya lebih banyak secara substansial.

Hal tersebut terjadi dalam kasus para CEO perusahaan besar. Penelitian sebelumnya menemukan ini juga terjadi pada politisi AS terkemuka.

Peran kepercayaan diri

Penelitian kami menunjukkan salah satu alasan utama untuk “efek ulang tahun” ini adalah dampak usia terhadap kepercayaan diri. Penelitian baru-baru ini menunjukkan anak-anak yang menikmati peringkat yang relatif tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Menjadi relatif tua di antara teman sepermainan cenderung menempatkan anak lebih tinggi dalam hal pencapaian. Anak-anak yang menikmati ini sepanjang masa kanak-kanak dapat menjadi lebih percaya diri dalam kemampuan mereka dan kepercayaan diri ini terbawa sampai di kemudian hari.


Read more: Yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat literasi Indonesia


Untuk menguji ide ini, kami melakukan dua studi. Yang pertama dilakukan pada anak-anak sekolah Australia di tahun kedelapan sampai kesembilan (13 hingga 15 tahun) yang lahir satu bulan setelah batas tanggal akhir sekolah.

Kami menyurvei 661 anak tentang kecenderungan mereka dalam mengambil risiko dan merasa percaya diri. Kami menemukan bukti beberapa anak laki-laki yang relatif tua cenderung lebih kompetitif daripada rekan-rekan mereka.

Dalam studi kedua, kami menyurvei lebih dari 1.000 orang dewasa Australia (usia 24 hingga 60 tahun) yang lahir melewati batas akhir masa sekolah di negara bagian mereka. Kami menemukan mereka yang lebih tua di sekolah merasa lebih percaya diri dalam kemampuan mereka melakukan tugas yang melibatkan perhitungan matematika sederhana. Mereka juga mengindikasikan bahwa mereka lebih berani mengambil risiko dalam hidup mereka daripada mereka yang relatif muda.

Dampak utama dari ulang tahun adalah pada kepercayaan diri anak. from www.shutterstock.com

Kebijakan yang diperlukan

Dalam dunia di mana kepercayaan diri dan pengambilan risiko merupakan hal yang dihargai, sifat-sifat yang dimiliki murid yang berusia lebih tua dapat memberi mereka kelebihan. Mereka yang relatif muda mungkin dirugikan.

Penting memahami efek yang tak terduga dari tanggal lahir pada kepribadian seseorang. Hal ini dapat menentukan kebijakan untuk mengatasi akibat dari pembatasan usia anak sekolah.

Misalnya, kebijakan yang mempertimbangkan bulan lahir anak dapat membantu pendidik dalam penilaian mereka dan mengembangkan potensi masing-masing anak. Secara khusus, hal ini dapat menjadi petunjuk dalam merancang kurikulum dan program penilaian untuk menghindari kondisi yang merugikan siswa yang relatif muda. Hal ini juga berarti mengelompokkan anak berdasarkan kemampuan dapat menjadi solusi yang lebih baik daripada kelas yang berbasis usia yang ketat.

This article was originally published in English

Double your gift to the The Conversation. For a limited time, your donation of up to $1000 will be matched dollar-for-dollar.