Menu Close
Berusia 50 tahun bisa menjadi waktu terbaik Anda – tapi itu juga berarti beradaptasi dengan tantangan baru. monkeybusinessimages/iStock melalui Getty Images Plus

Berusia 50 tahun? Berikut ini 4 hal yang dapat Anda lakukan untuk tingkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda

Ketika bola dijatuhkan pada Malam Tahun Baru untuk menandai awal 2023, saya menyadari fakta bahwa saya akan berusia 50 tahun.

Umur yang menyentuh dekade baru merupakan waktu yang tepat untuk berhenti sejenak dan merenungkan kehidupan kita, terutama saat mencapai usia paruh baya. Untuk laki-laki Amerika berusia 50 tahun, harapan hidup rata-rata yang tersisa adalah 28 tahun lagi; untuk perempuan 32 tahun.

Sebagai profesor kesehatan masyarakat yang ahli dalam promosi kesehatan, saya mulai memikirkan hal-hal yang dapat dilakukan dalam usia penting ini untuk meningkatkan peluang hidup sehat selama beberapa dekade mendatang.

Setelah meninjau literatur tentang penuaan yang sehat, saya mengidentifikasi empat hal yang makin penting saat kamu berusia 50 tahun. Hal-hal ini di luar saran kesehatan umum yang bermanfaat pada usia berapa pun, seperti tetap aktif, makan dengan baik dan cukup tidur.

Seorang reporter TV sedang periksa kolonoskopi.

Lakukan pemeriksaan kolonoskopi

Upaya mendorong setiap orang untuk melakukan pemeriksaan kolonoskopi tentu saja bukan nasihat yang menyenangkan. Namun, itu salah satu saran yang paling penting.

The American Cancer Society memperkirakan bahwa akan ada lebih dari 105.000 kasus baru kanker usus besar, lebih dari 45.000 kasus baru kanker dubur, dan lebih dari 50.000 kematian akibat kanker kolorektal (kanker usus besar) pada 2023 saja.

Hal ini menjadikan kanker kolorektal penyebab utama kedua kematian terkait kanker untuk laki-laki dan perempuan.

Kabar baiknya, tingkat kelangsungan atau ketahanan hidup akan tinggi jika kanker terdeteksi dini, sebelum menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tingkat kelangsungan hidup berisiko turun drastis jika kanker ditemukan pada tahap selanjutnya.

Pemeriksaan kolonoskopi adalah prosedur rawat inap rutin yang mencakup pemeriksaan rektum dan usus besar dan membutuhkan sedasi (pembiusan) atau anestesi.

Selain mendeteksi kanker atau polip yang berpotensi ganas, dokter juga dapat mendeteksi jaringan bengkak dan bisul. Hal ini mungkin mengindikasikan potensi masalah sehingga membutuhkan pemantauan yang lebih sering.

Untuk orang yang berisiko rendah terkena kanker kolorektal, ada tes yang kurang invasif yang dapat dilakukan di rumah, seperti Cologuard. Tes ini melibatkan pengumpulan dan pengiriman sampel kotoran ke laboratorium. Pilihan ini harus didiskusikan dengan dokter untuk mengetahui skrining mana yang terbaik untukmu.

Pada 2021, Gugus Tugas Layanan Pencegahan Amerika Serikat, sebuah panel pakar nasional, mengubah rekomendasinya untuk memulai skrining kanker kolorektal dari usia 50 hingga 45 tahun untuk orang dengan risiko rendah. Akibatnya, perusahaan asuransi diwajibkan untuk menanggung biaya pemeriksaan siapa pun yang berusia 45 tahun atau lebih.

Orang yang berisiko tinggi harus melakukan skrining lebih awal. Risiko tinggi didefinisikan sebagai riwayat keluarga kanker kolorektal atau diagnosis penyakit radang usus.

Kanker kolorektal juga dapat terjadi pada orang yang lebih muda; misalnya, bintang “Black Panther”, aktor Chadwick Boseman, meninggal karena kanker usus besar pada usia 43 tahun pada 2020.

A photograph of a Black man wearing a tuxedo and bow tie.
Aktor Chadwick Boseman di NAACP Image Awards 2016 di Pasadena, California. Boseman meninggal karena kanker usus besar pada 2020 saat berusia 43 tahun. Jason LaVeris/Film Magic via Getty Images

Dapatkan vaksin herpes zoster

Bagi banyak orang yang tumbuh pada 1970-an dan 1980-an, terkena cacar air merupakan hal yang wajar. Saya memiliki kasus yang sangat parah sekitar ulang tahun ke-10 saya.

Setelah kamu terkena cacar air, virus akan tidak aktif (dormant) di tubuh selama sisa hidupmu. Namun, virus itu dapat muncul kembali sebagai herpes zoster.

Meski herpes zoster biasanya tidak mengancam jiwa, virus ini dapat menyebabkan ruam dan bisa sangat menyakitkan. Terkena herpes zoster juga sangat meningkatkan risiko terkena stroke pada tahun berikutnya.

Kabar baiknya, vaksin herpes zoster sangat efektif. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan orang dewasa berusia 50 tahun ke atas mendapatkan rejimen dua suntikan, dengan interval dua hingga enam bulan, yang 97% efektif mencegah herpes zoster.

Tingkatkan tabungan pensiun, cari banyak diskon

Masa pensiun mungkin masih lama, tapi rata-rata usia pensiun di Amerika Serikat pada 2022 adalah 61 tahun. Studi yang sama menemukan bahwa rata-rata orang mengira mereka akan pensiun pada usia 66 tahun.

Bagi siapa pun yang lahir setelah 1960, tunjangan pensiun penuh tidak diberikan sampai usia 67, menyisakan jarak enam tahun antara usia 67 tahun dan usia pensiun rata-rata (61 tahun).

Pensiun lebih awal dari yang telah kamu rencanakan dapat terjadi karena berbagai alasan, tapi yang tidak disengaja, seperti kehilangan pekerjaan, cedera, atau sakit, dapat menjadi tekanan finansial. Aturan umumnya adalah Anda membutuhkan sekitar 80% dari pendapatan sebelum pensiun agar nyaman secara finansial saat pensiun. Ini terdiri dari semua sumber pendapatan, termasuk tunjangan Jaminan Sosial, pensiun dan investasi.

Jika Anda terlambat menabung, Internal Revenue Service (lembaga pengumpul pajak pendapatan di Amerika Serikat) membolehkan Anda memberikan kontribusi tambahan mulai tahun Anda menginjak usia 50 tahun. Karyawan yang berusia 50 tahun atau lebih dengan skema pembagian keuntungan model a 401(k, 403(b), atau 457(b) yang memberikan ontribusi tambahan sebesar US$7.500 setahun.

Uang ini tumbuh bebas pajak dan membantu menyediakan bantalan ekstra saat Anda pensiun. Pada usia 50 tahun, tambahan $1.000 per tahun juga dapat disumbangkan untuk akun pensiun individu dan akun Roth IRA.

Cara lain untuk berhemat: banyak hotel, restoran, dan gerai ritel menawarkan diskon untuk orang sepuh mulai usia 50 tahun.

Anda dapat menemukan diskon yang andal dan terkini dengan bergabung dalam AARP. Organisasi nirlaba ini mengadvokasi orang berusia 50 tahun ke atas. Keanggotaan di bawah $20 per tahun dan memberikan ratusan diskon.

Tantangan-tantangan saat mencapai 50 tahun.

Bereskan dokumen Anda

Meskipun banyak orang-orang berusia 50-an dan lebih masih memiliki dekade terbaik pada masa depan mereka, sangat penting untuk mempersiapkan hal yang tidak terduga – pada usia berapa pun. Tingkat kematian untuk orang berusia 55 hingga 64 tahun dua kali lipat dari mereka usia 45 sampai 54.

Ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan bagaimana kamu ingin urusanmu ditangani. Menurut National Institute on Aging, urusan ini termasuk surat wasiat, wasiat perawatan medis yang diinginkan atau tidak diinginkan untuk tetap hidup (living will), dan surat kuasa yang tahan lama.

Sebuah surat wasiat menjelaskan bagaimana distribusi aset keuangan setelah kematianmu. Namun, kebanyakan orang Amerika tidak memiliki surat wasiat. Ada beberapa perangkat online untuk membantu penulisan surat wasiat dan warisan yang dapat mempermudah proses ini.

Living will menunjukkan jenis perawatan yang kamu inginkan atau tidak inginkan jika kamu tidak dapat mengkomunikasikan preferensimu.

Surat kuasa yang tahan lama adalah dokumen yang memungkinkan seseorang yang kamu tunjuk membuat keputusan perawatan kesehatan untukmu jika kamu tidak bisa. Ini berbeda dengan surat kuasa umum, yang berakhir jika kamu tidak lagi dapat mengambil keputusan sendiri.

Ini mungkin tampak seperti daftar hal-hal yang harus dilakukan yang memakan waktu, tapi memecahnya menjadi tugas-tugas terpisah membuatnya lebih mudah dikelola. Sejauh ini, saya telah menambah tabungan pensiun saya dan menjadwalkan kolonoskopi saya – meskipun saya terlambat lima tahun untuk itu, berdasarkan rekomendasi baru.

Saya akan menyelesaikan sisanya pada akhir tahun – dan jika kamu berusia 50 tahun atau hanya merencanakan kehidupan mendatang, saya harap kamu juga melakukannya. Memang, tidak semuanya menyenangkan, tapi semua yang ada di daftar periksa ini akan menambah keamanan pada tahun-tahun kamu, dan mungkin bertahun-tahun dalam hidupmu.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now