Panache Digital, Author provided

Game Ancestors: Permainan baru yang memberi wawasan bagaimana manusia purba berevolusi

Sebagai seorang ilmuwan yang meneliti evolusi manusia, saya terkejut saat menerima sebuah email dari Patrice Désilets, perancang permainan komputer ternama yang bertanggung jawab dalam dua permainan video Assassin’s Creed yang pertama.

Saat itu, dia sedang mengerjakan sebuah permainan (game) baru berdasarkan evolusi manusia di Afrika dan menggunakan buku saya yang berjudul The Craddle of Humanity sebagai salah satu referensinya. Apakah saya mau terlibat?

Patrice mengundang keluarga saya ke Montreal pada awal 2018 untuk bermain dan memberikan komentar terhadap permainannya yang masih versi beta. Dia sangat terkesan dengan putri bungsu saya yang seorang gamer sejati, sementara saya sering salah pencet. Namun terlepas cara bermain saya yang sembrono, saya menikmati permainan yang menakjubkan dengan karakter yang unik, dan yang saya yakini menawarkan beberapa pandangan kunci tentang evolusi manusia.

Sebuah permainan yang baru saja rilis, Ancestors: The Humankind Odyssey, merupakan sebuah permainan kelangsungan hidup dunia terbuka. Dalam permainan ini, Anda mengendalikan sekelompok “hominin” – leluhur pertama kita – dan menjelajahi, memperluas, dan mendapatkan keterampilan baru sehingga klan Anda dapat berevolusi.

Di dalamnya terdapat karakter dari 10 juta tahun yang lalu, serta nenek moyang dari simpanse dan hominin, hingga 2 juta tahun yang lalu, sehingga Anda dapat bermain sebagai versi mula dari Homo erectus. Tujuan dari permainan ini pada akhirnya adalah untuk berevolusi hingga titik saat manusia mulai meninggalkan Afrika.

Nenek moyang manusia 250.000 tahun lalu? Panache Digital, Author provided

Penelitian saya menunjukkan bagaimana perubahan iklim di Afrika mendorong evolusi manusia, jadi saya sangat senang untuk melihat tampilan permainan ini yang sangat detail. Dari hutan yang lebat tempat para leluhur kita berasal sampai dataran kering, seolah Anda dapat merasakan Afrika.

Permainan ini juga menunjukkan seberapa bahayanya kehidupan karena semua merupakan ancaman Anda – baik itu macan tutul, ular-ular besar, elang, buaya, kuda nil, hyena, atau tumbuhan beracun yang Anda coba makan.

Bahkan hingga sekarang, dalam ekspedisi atau kerja lapangan, di bagian-bagian Afrika ini Anda dapat merasakan ancaman berkelanjutan dari lingkungan sekitar. Ini karena manusia sangat lemah ketika dibandingkan dengan hewan lainnya: kita tidak terlalu cepat dan tidak memiliki senjata alami. Kerja sama tim dan teknologi adalah hal yang memungkinkan kita untuk bertahan sampai hari ini. Permainan ini mengikuti jejak evolusi manusia dari menjadi mangsa hingga menjadi predator teratas di dunia.

Nenek moyang kita secara bertahap pindah dari hutan ke sabana dan seterusnya. Panache Digital, Author provided

Di sinilah letak sesuatu yang baru dari sebuah permainan. Misalnya, permainan ini memiliki mekanisme yang keren dalam memasukkan keterampilan baru ke jalan cerita permainan Anda. Segala penjelajahan dan pertempuran yang Anda lalui dapat dijadikan bahan untuk keterampilan baru – perubahan evolusioner seperti pembuatan alat dan kerja sama tim, keduanya penting untuk berurusan dengan berbagai predator keji.

Tetapi keterampilan baru ini hanya dapat dikunci ke dalam “DNA” klan Anda jika Anda menyelesaikan tugas dengan bayi atau bayi bersama Anda, yang meniru berlalunya pengetahuan antargenerasi.

Ketika klan Anda berkembang, otak Anda mengisi dengan informasi baru. Panache Digital, Author provided

Beberapa peresensi mengeluhkan sulitnya memahami cara berevolusi dalam permainan ini. Permasalahannya adalah minimnya instruksi, permainan yang tidak linier, pemain didorong oleh rasa penasarannya sendiri, dan setiap pemain akan memprioritaskan keterampilan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, Anda bisa “memenangkan” permainan ini dan meninggalkan Afrika tanpa perlu bisa berjalan tegak jika Anda mementingkan keterampilan lain. Dan lagi, ini mirip dengan evolusi di kehidupan nyata, yang tidak memiliki arah dan didorong oleh berbagai peristiwa dan masalah.

Namun, sudah banyak tersedia secara online berbagai panduan yang sangat jelas, jadi untuk beberapa tingkatan, masalah-masalah dalam permainan ini bisa dipinggirkan oleh karakteristik manusia yang unik – pengajaran – dan sebuah inovasi yang datang baru-baru ini: bahasa. Namun saya sangat berharap para pemain tidak terlalu banyak menggunakan panduan ini, karena kebahagiaan dari sebuah permainan datang dari menemukan hal baru sendiri.

Untuk menghadapi seekor badak, Anda membutuhkan kerja tim dan peralatan. Panache Digital, Author provided

Satu keluhan peresensi terbesar adalah jika klan Anda mati maka Anda kehilangan segalanya – tidak seperti permainan komputer lainnya, pada permainan ini tidak ada pengulangan. Patrice melakukannya karena ini sama seperti kehidupan nyata.

Evolusi penuh dengan jalan buntu dan spesies-spesies baru yang mati begitu saja, seperti Homo nadedi di Afrika Selatan atau Homo floesiensis di Indonesia, atau Neanderthal yang hanya bisa bertahan di DNA Eropa dan Asia karena kawin silang sebentar dengan Homo sapiens seraya keluar dari Afrika.

Bagi saya, game Ancestors memberi cara dan bukti baru dalam menggambarkan kondisi lampau dari Afrika ketika para leluhur kita harus berjuang dan berkembang di dalamnya. Permainan ini menggambarkan bahaya dari lingkungan tersebut dan bagaimana kemampuan kunci seperti pembuatan alat dan kerja sama tim membantu kita berubah dari mangsa menjadi predator yang ditakuti.

Permainan ini juga menyediakan cara unik untuk melibatkan siapa saja dalam kegembiraan dan intrik evolusi manusia.

Bagi kami yang meneliti evolusi manusia purba, ini adalah momen yang mengasyikkan, permainan yang menggambarkan semua penelitian kami dan dapat dimainkan siapa pun.

Sekarang saya menantikan Ancestors 2, setelah manusia meninggalkan Afrika, keseruan sesungguhnya dimulai.

Franklin Ronaldo menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English