‘Green jobs’ akan menjadi tren global mulai 2025, tapi masih banyak generasi muda yang belum memiliki ‘green skills’ yang diperlukan. Apa yang bisa dilakukan sekolah?
Beragam praktik baik serta inovasi yang dilakukan oleh para penggerak pendidikan di Indonesia belum terekam dengan baik. Alhasil, permasalahan pendidikan pun belum sepenuhnya terpetakan, alih-alih direspons…
Mama Papua (orang tua siswa) diundang untuk membagikan cara pembuatan noken, tas tradisional Papua, di depan kelas. Siswa antusias bertanya jawab dengan Mama dan mencatat informasi yang disampaikan.
Kebijakan EMI sedang marak diterapkan oleh banyak universitas di Indonesia. Salah satunya melalui penggunaan bahasa Inggris saja di kelas. Apakah kebijakan ini efektif untuk konteks Indonesia?
Mahasiswa Gen Z memiliki karakteristik yang mempengaruhi persepsi dan cara mereka dalam belajar. Apa saja karakteristik tersebut? Bagaimana seharusnya dosen menyikapinya?
Sejak awal kemerdekaan, kurikulum di Indonesia telah mengamali perubahan berkali-kali. Apa sebabnya? Benarkah setiap ganti pemerintah otomatis ganti kurikulum?
Pembangunan pendidikan perlu disesuaikan dengan kondisi dari setiap wilayah yang berbeda-beda. Bagaimana dengan wilayah 3T? Apa yang dibutuhkan untuk membangun pendidikan di sana?
Penggunaan AI dalam dunia pendidikan masih menimbulkan pro dan kontra. Tapi sebenarnya, AI memiliki potensi untuk mempercepat tercapainya pendidikan berkualitas. Mengapa?
Istilah ‘liberal arts’, mungkin terdengar seperti ungkapan yang bernuansa politis. Seorang ahli literatur menjelaskan mengapa hal itu salah dan melihat lebih dekat asal usul dan maknanya.
Hubungan antara guru dan dosen sebagai pekerja dengan satuan pendidikan sebagai pemberi kerja menuai berbagai persoalan yang kompleks. Apa saja penyebabnya?
Penelitian menunjukkan bahwa meskipun Indonesia mengalami kemajuan dalam menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak pengungsi, pandemi telah membuat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya.
Desentralisasi pendidikan sudah ada sejak 2001 dan semakin menguat sejak lahirnya Kurikulum Merdeka. Bagaimana guru bisa mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan situasi pendidikan saat ini?
Pandemi COVID-19 membawa tantangan nyata bagi dunia pendidikan. Salah satu yang paling sering disebut adalah ‘learning loss’. Sudah pulihkah kita dari kondisi tersebut?
Adjunct Research Fellow Victoria University of Wellington; Head of the Quality Assurance Institute and Senior Lecturer, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta