Menu Close

Articles on Pendidikan

Displaying 1 - 20 of 170 articles

Seorang pelajar menunjukkan karya air mancur dan lampu panel surya buatannya yang dipamerkan dalam gelar karya inovasi di SMA Negeri 14, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/1/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.

Apa yang bisa dilakukan institusi pendidikan untuk menyambut era ‘green jobs’?

‘Green jobs’ akan menjadi tren global mulai 2025, tapi masih banyak generasi muda yang belum memiliki ‘green skills’ yang diperlukan. Apa yang bisa dilakukan sekolah?
Orang tua juga berperan penting dalam pembelajaran anak, minimal dalam hal menyediakan lingkungan belajar yang kondusif. Ludhita Dwi A/shutterstock.

Dua cara menumbuhkan keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam proses belajar anak

Proses belajar anak bukan hanya tanggung jawab sekolah, tapi juga orang tua dan masyarakat. Bagaimana menumbuhkan keterlibatan mereka?
Salah satu Mama Papua terlibat dalam pembelajaran di kelas dengan berbagi cara pembuatan Noken, tas tradisional khas Papua, kepada siswa. Murni Sianturi/The Conversation Indonesia.

3 cara agar pendidikan di Papua mencerminkan nilai-nilai dan budaya lokal dengan lebih baik

Mama Papua (orang tua siswa) diundang untuk membagikan cara pembuatan noken, tas tradisional Papua, di depan kelas. Siswa antusias bertanya jawab dengan Mama dan mencatat informasi yang disampaikan.
Gen Z memiliki karakteristik khas yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Odua Images/shutterstock.

3 karakteristik Gen Z ketika belajar yang dosen perlu tahu

Mahasiswa Gen Z memiliki karakteristik yang mempengaruhi persepsi dan cara mereka dalam belajar. Apa saja karakteristik tersebut? Bagaimana seharusnya dosen menyikapinya?
Pelatihan kurikulum merdeka sekolah penggerak angkatan pertama, di Soppeng, Sulawesi Selatan. Samsu Alam/The Conversation Indonesia.

Gonta-ganti kurikulum di Indonesia: apa sebabnya?

Sejak awal kemerdekaan, kurikulum di Indonesia telah mengamali perubahan berkali-kali. Apa sebabnya? Benarkah setiap ganti pemerintah otomatis ganti kurikulum?
Tantangan pendidikan yang dihadapi oleh daerah terpencil seperti wilayah 3T berbeda dengan wilayah lainnya. EmGIEF/shutterstock.

Solusi bangun pendidikan di wilayah terpencil menurut riset

Pembangunan pendidikan perlu disesuaikan dengan kondisi dari setiap wilayah yang berbeda-beda. Bagaimana dengan wilayah 3T? Apa yang dibutuhkan untuk membangun pendidikan di sana?
Cicero mendefinisikan ‘liberal arts’ dalam buku yang ditulisnya tentang retorika (seni berpidato) di republik. ra-photos/E+ via Getty Images

Apa itu jurusan ‘Liberal Arts’? Berikut penjelasan ahli

Istilah ‘liberal arts’, mungkin terdengar seperti ungkapan yang bernuansa politis. Seorang ahli literatur menjelaskan mengapa hal itu salah dan melihat lebih dekat asal usul dan maknanya.
Perpeloncoan telah lama terjadi di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Ahmad Saifulloh/Shutterstock.

Mengenal sejarah dan praktik perpeloncoan di dunia

Perpeloncoan adalah bentuk perundungan yang sudah ada sejak lama dan terjadi tidak hanya di Indonesia.
Praktik perpeloncoan masih mewarnai masa orientasi mahasiswa baru di Indonesia. MDV Edwards/Shutterstock.

Perpeloncoan masih saja terjadi: apa solusinya?

Bagaimana cara mengakhiri praktik perpeloncoan yang sudah turun menurun di Indonesia? Ahli jabarkan solusinya.
Ilustrasi anak-anak pengungsi. Prazis Images/Shutterstock

Riset tunjukkan hambatan yang persulit akses pendidikan anak-anak pengungsi di Indonesia

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun Indonesia mengalami kemajuan dalam menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak pengungsi, pandemi telah membuat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya.
Guru membutuhkan pelatihan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman mengajarnya. Onyengradar/shutterstock.

2 bentuk pelatihan yang cocok bagi guru di era Kurikulum Merdeka

Desentralisasi pendidikan sudah ada sejak 2001 dan semakin menguat sejak lahirnya Kurikulum Merdeka. Bagaimana guru bisa mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan situasi pendidikan saat ini?

Top contributors

More