Menu Close
fongbeerredhot/Shutterstock

68% generasi milenial menghasilkan gaji yang lebih baik dari orang tua mereka, meski generasi boomers tetap juara

Banyak dari kita yang pesimis dengan masa depan anak-anak kita. Menurut data terbaru dari Pew Global Attitudes Survey (pada 2019), hanya 29% orang Australia yang percaya bahwa anak-anak saat ini akan lebih baik secara finansial daripada orang tuanya.

Pesimisme seperti itu biasanya terjadi di banyak negara maju. Di Jepang, hanya 13% yang percaya anak-anak akan lebih baik, di Prancis 16%, dan di Inggris 22%. Orang Australia masih sedikit kurang optimis dibandingkan orang Kanada (30%) dan Amerika (31%), dan secara signifikan kurang optimis dibandingkan orang Swedia (40%) dan Jerman (48%).

Penelitian kami menunjukkan hal-hal tidak seburuk yang dibayangkan orang, dengan 68% milenial (mereka yang lahir antara 1981 dan 1987 untuk penelitian kami) mendapatkan penghasilan lebih banyak daripada orang tua mereka pada usia yang sama.

Jumlah ini hampir mendekati angka tertinggi di antara negara-negara yang memiliki data terkait hal ini. Generasi X yang lahir dari awal 1960-an hingga akhir 1970-an juga mengalami hal yang serupa.

Tapi itu tidak semua kabar baik. Persentase itu lebih rendah daripada mobilitas ke atas yang dinikmati oleh baby boomer (lahir dari tahun 1946 hingga awal 1960-an). Bagi mereka yang lahir sekitar tahun 1950, 84% memperoleh penghasilan lebih banyak pada usia 30-34 tahun daripada orang tua mereka sendiri pada usia yang sama.

Ada dua alasan utama di balik penurunan yang terjadi sejak tahun 1980-an. Pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah menyebabkan pendapatan rata-rata tumbuh lebih lambat; dan meningkatnya ketimpangan pendapatan.

Bagaimana kami melakukan penelitian kami

Bagian orang-orang yang pendapatannya lebih tinggi dari orang tua mereka pada usia yang sama dikenal sebagai “mobilitas pendapatan absolut”. Ini adalah indikator kemajuan ekonomi yang menarik karena mewakili aspirasi anak-anak kita. Ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi, ketimpangan, dan kesempatan bagi mereka.

Namun, memperkirakan mobilitas absolut cukup sulit. Data yang kami perlukan untuk mengukurnya secara langsung – informasi tentang apa yang diperoleh orang pada usia tertentu dibandingkan dengan orang tua mereka sendiri – tidak ada untuk Australia.

Untuk melakukan latihan ini, oleh karena itu, kami telah menerapkan metode statistik baru yang telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir untuk memperkirakan mobilitas absolut tanpa adanya data terkait orang tua dan anak. Metode-metode ini, menggunakan data generasi terpisah tentang distribusi pendapatan, telah diverifikasi dalam penelitian yang dipublikasikan pada 2018 dan pada tahun 2020) .

Pendekatan kami sendiri mengikuti studi internasional terkemuka. Kami menggunakan sumber data termasuk survei Household, Income and Labour Dynamics in Australia (HILDA) Melbourne Institute, data dari survei Biro Statistik Australia, dan catatan pajak penghasilan.

Apa yang ditunjukkan oleh penelitian kami

Hasil utama di bawah ini. Dari orang yang lahir pada tahun 1950, 84% memiliki pendapatan rumah tangga yang lebih tinggi daripada orang tua mereka. Ini turun menjadi sekitar 68% untuk mereka yang lahir sejak awal 1960-an. Itu tetap konstan untuk gen-X dan milenial.



Pendorong utama perubahan ini adalah pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat. Pendapatan boomer jauh lebih tinggi daripada orang tua mereka terutama karena pertumbuhan ekonomi yang tidak terputus selama beberapa dekade dari Perang Dunia II hingga pertengahan 1970-an.



Pemicu lainnya adalah meningkatnya ketimpangan pendapatan selama 40 tahun terakhir, setelah turun pada dekade-dekade sebelumnya, seperti yang ditunjukkan grafik berikut. Hubungan antara ketidaksetaraan dan mobilitas rumit, karena ketidaksetaraan yang tinggi untuk kedua generasi menurunkan tingkat mobilitas.



Mobilitas absolut akan lebih tinggi jika pendapatan disesuaikan dengan ukuran keluarga – 78% untuk milenial, karena generasi muda memiliki keluarga yang lebih kecil daripada orang tua mereka pada usia yang sama.


Read more: What income inequality looks like across Australia


Faktor rumit

Hasil kami merujuk pada pendapatan yang diperoleh dalam satu tahun (sekitar usia 32). Kami juga menemukan hasil yang serupa ketika melihat pendapatan di sekitar usia 37 tahun.

Idealnya, kami ingin menghitung mobilitas absolut dari pendapatan seumur hidup. Tetapi metode untuk melakukan ini belum dikembangkan. Jadi kita tidak tahu apa itu mobilitas dalam pendapatan seumur hidup. Hal yang sama dapat dikatakan untuk indikator ketimpangan pendapatan, yang sebagian besar menggunakan ukuran pendapatan satu tahun juga.

Anda juga mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana biaya perumahan cocok – masalah penting mengingat meningkatnya biaya rumah dibandingkan dengan upah rata-rata.

Dalam semua hasil yang ditampilkan, pendapatan disesuaikan dengan inflasi menggunakan Indeks Harga Konsumen. Perumahan adalah bagian besar dari indeks meskipun biaya seperti harga tanah dan pembayaran bunga hipotek tidak termasuk.

ABS memperhitungkan hutang hipotek ke dalam “Indeks Biaya Hidup Terpilih”, tetapi ini hanya kembali ke tahun 1998, jadi tidak dapat digunakan dalam perhitungan ini. Namun, Indeks Harga Konsumen dan Indeks Biaya Hidup selama 20 tahun terakhir tidak banyak berubah, yang memberi kami yakin atas perkiraan kami akan biaya perumahan. Riset lebih lanjut dapat mengeksplorasi ini secara lebih rinci.


Read more: For the first time in ages, we're setting up a generation to be worse off


Kekhawatiran yang valid

Australia telah mencapai tingkat mobilitas pendapatan absolut yang tinggi untuk semua generasi setidaknya sejak tahun 1950-an. Ini masih terjadi. Tetapi pesimisme tentang masa depan keuangan anak-anak kita berakar pada beberapa rasa khawatiran yang memiliki dasar kuat.

Pertumbuhan upah lambat selama bertahun-tahun. Ketimpangan pendapatan telah meningkat selama beberapa dekade. Begitu juga kesenjangan antara muda dan tua.

Jadi ada ancaman nyata bagi kesejahteraan anak-anak saat ini – bahkan tanpa memperhitungkan kekhawatiran seperti perubahan iklim.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now