Menu Close

Articles on Ketimpangan pendapatan

Displaying all articles

Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Indonesia membawa poster saat berunjuk rasa di depan Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil III, Malang, Jawa Timur, Selasa (7/3/2023). Selain menuntut pemerintah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap tata kelola pajak, mereka juga mengkritik perilaku pejabat Dirjen Pajak yang memiliki gaya hidup mewah. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/YU

Antara persepsi dan institusi: Mengapa orang susah untuk patuh terhadap pajak?

Kasus penganiayaan Mario Dandy semakin membuat masyarakat skeptis dengan institusi perpajakan Indonesia. Namun, ada gap antara ekspektasi masyarakat dengan realitas sistem pajak yang ada.
Pedagang kecil tetap harus bekerja di luar rumah semasa wabah COVID-19 karena pendapatan mereka tidak cukup untuk bertahan hidup, Jakarta, 16 September 2020. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Bias kelas dalam diskursus pemerintah soal COVID-19

Cara pandang menyalahkan individu atau kelas sosial di Indonesia terus dipakai oleh elit penguasa sejak zaman kolonial hingga kini untuk membenarkan praktik peminggiran yang mereka lakukan.
Ketimpangan kekayaan bukan hanya perkara beda pendapatan, tapi juga beda tumpukan kekayaan dari masa lalu. Shutterstock

Sekaya apa sih orang kaya? Kalau saja Anda tahu…

Kata komedian Chris Rock, kalau saja orang miskin tahu seberapa kaya orang kaya, maka mungkin saja orang akan bikin kerusuhan. Apa benar?
Sistem ekonomi dunia memungkinkan kelompok elit kaya raya mengumpulkan banyak uang sementara ratusan juta orang berjuang untuk bertahan hidup dengan upah rendah. EPA/Mast Irham

Ketimpangan di dunia bukan tak terelakkan: Oxfam

Yang kaya harus membayar pajak lebih banyak, dan yang miskin perlu dibayar lebih tinggi, kata Ketua Kebijakan Ketimpangan Oxfam Internasional Max Lawson.

Top contributors

More