Menu Close
Area 51
Selama beberapa dekade, apa yang ada di ujung jalan ini adalah sebuah rahasia misterius. David James Henry/Wikimedia, CC BY-SA

Apa Area 51 dan benarkah ‘alien’ ada di sana?

Apa yang kira-kira terjadi di Area 51? - Griffin, usia 10 tahun, South Lyon, Michigan, Amerika Serikat


Salah satu alasan mengapa orang tidak pernah bisa sepenuhnya yakin tentang apa yang terjadi di Area 51 adalah karena tempat ini merupakan fasilitas militer rahasia yang sangat rahasia. Baru pada tahun 2013, pemerintah Amerika Serikat mengakui keberadaan dan nama “Area 51”.

Informasi ini muncul sebagai bagian dari serangkaian dokumen yang lebih luas yang dirilis melalui permintaan Freedom of Information Act, yang merupakan sesuatu yang dapat dilakukan oleh warga negara dan kelompok biasa untuk meminta pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan rincian tentang kegiatan pemerintah. Dalam hal ini, permintaan tersebut mempublikasikan informasi CIA yang sebelumnya dirahasiakan mengenai sejarah pengembangan dan pengujian pesawat mata-mata U-2. Informasi tersebut juga mengungkapkan di mana pesawat itu diuji coba: Area 51!

Sebagai seorang sejarawan keamanan nasional, saya tahu ada sejarah panjang tentang rahasia di Area 51. Saya juga tahu bahwa tidak satu pun dari rahasia itu yang ada hubungannya dengan alien luar angkasa.

Apa itu Area 51

Pangkalan yang biasa disebut sebagai Area 51 ini terletak di daerah terpencil di Nevada selatan, sekitar 100 mil (161 kilometer) dari Las Vegas, Amerika Serikat. Pangkalan ini berada di tengah-tengah area yang dilindungi secara federal di Nevada Test and Training Range milik Angkatan Udara Amerika Serikat, yang kini dikenal sebagai Situs Keamanan Nasional Nevada, yang berada di dalam Nellis Air Force Range yang lebih besar.

peta yang menunjukkan kota Las Vegas di pojok kanan bawah dan inset Amerika Serikat di pojok kiri bawah dengan Nevada Selatan yang disorot
Area 51, persegi panjang berwarna kuning di tengah-tengah peta, terletak di tengah-tengah Nellis Air Force Range yang lebih besar. DEMIS BV via Wikimedia Commons, CC BY-SA

Area 51 is the name on maps for the area within the Nevada National Area 51 adalah nama di peta untuk area di dalam Situs Keamanan Nasional Nevada di mana pemerintah melakukan operasi rahasia. Lapangan terbang di Area 51 disebut Homey Airport, dan keseluruhan fasilitasnya sering disebut sebagai Groom Lake. Groom Lake adalah dataran garam, atau danau yang mengering, yang berdekatan dengan bandara.

Sejarah Area 51

Pada tahun-tahun awal Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, kedua negara mencari perkembangan teknologi baru yang dapat memberikan satu negara kekuatan yang lebih besar daripada negara lainnya. Sejumlah besar informasi tentang pencapaian ilmiah, seperti tentang roket atau senjata - tetapi juga tentang cara-cara untuk menanam lebih banyak makanan atau membuat bahan bakar lebih efisien - dirahasiakan sebagai masalah keamanan nasional.

Bagian penting dari tidak terjadinya perang dunia lagi adalah, dan masih, mengembangkan teknologi untuk melihat apa yang dilakukan pihak lain - yaitu, teknologi pengawasan yang dapat memata-matai musuh. Informasi yang dikumpulkan oleh teknologi pengawasan yang baru dan lebih baik tentang inovasi baru dengan pesawat dan senjata sangat penting bagi pemerintah.

Ini berarti bahwa informasi pengawasan dan teknologi untuk mendapatkannya merupakan rahasia keamanan nasional yang sangat dijaga. Hanya sedikit orang di pemerintahan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang tahu tentang rahasia ini dari 1940-an hingga akhir Perang Dingin pada 1991.

Pesawat mata-mata U-2
Pesawat mata-mata U-2 merupakan yang pertama dari sekian banyak rahasia yang tersimpan di Area 51. U.S. Air Force

Yang menjadi pusat dari semua ini adalah pesawat mata-mata U-2 milik Amerika Serikat. Pesawat ini dapat terbang lebih tinggi daripada pesawat lain dan dibuat untuk melakukan perjalanan di atas target di seluruh dunia untuk mengambil foto dan pengukuran beresolusi tinggi. Area 51 dipilih pada 1955 untuk menguji U-2 karena lokasinya yang terpencil dapat membantu menjaga kerahasiaan pesawat tersebut.

Area 51 menjadi tempat uji coba untuk pesawat-pesawat baru rahasia lainnya. Ini termasuk A-12, yang, seperti U-2, adalah pesawat pengintai yang terbang cepat. A-12 pertama kali diterbangkan di Bandara Homey pada 1962. Pesawat ini memiliki bagian tengah seperti cakram yang menonjol untuk membawa bahan bakar tambahan. Bentuknya dan bodi titaniumnya yang mengkilap bisa jadi bertanggung jawab atas laporan beberapa orang yang melihat kapal berbentuk bola, yang juga dikenal sebagai piring terbang.

Pesawat penting lainnya - dan berbentuk aneh - yang pertama kali diuji coba di Area 51 adalah pesawat tempur siluman yang dikenal dengan nama F-117. Pesawat ini pertama kali terbang di Bandara Homey pada tahun 1981.

sebuah pesawat jet berbentuk aneh dengan satu kursi terbang tinggi di atas padang pasir
Pesawat tempur siluman F-117 terlihat seperti berasal dari dunia lain, tetapi sebenarnya dibuat di sini, di Bumi. U.S. Air Force

Rahasia dan spekulasi

More Flying Objects Seen in Clark Sky,” demikian judul berita pada tanggal 17 Juni 1959 di surat kabar Reno Evening Gazette. Laporan seperti ini tentang objek terbang tak dikenal pada 1950-an dan 1960-an memicu kontroversi dan perhatian terhadap Area 51. Ini karena tiga alasan utama:

  1. Area 51 sangat rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik.
  2. Area ini merupakan tempat uji coba penerbangan pesawat terbang rahasia yang bergerak cepat dan dengan cara yang berbeda dari yang diharapkan.
  3. Perang Dingin adalah era ketegangan politik, dan ada banyak film dan acara TV tentang alien luar angkasa pada saat itu.

Ketika pemerintah tidak mengatakan kebenaran yang sebenarnya kepada publik, apa pun alasannya, rahasia dapat menimbulkan spekulasi liar. Kerahasiaan dapat memberikan ruang bagi teori konspirasi untuk berkembang.

Area 51 masih terlarang bagi lalu lintas udara sipil dan militer, satu dekade setelah pemerintah mengakui keberadaannya. Kerahasiaan pemerintah selama 68 tahun telah membantu memperkuat kecurigaan, spekulasi, dan teori konspirasi. Teori konspirasi ini termasuk pesawat ruang angkasa alien yang jatuh, alien ruang angkasa yang sedang bereksperimen, dan bahkan alien ruang angkasa yang bekerja di Area 51.

seekor burung bangau kecil memegang sebuah benda berbentuk cakram di depan papan nama sebuah restoran yang memuat gambar alien luar angkasa
Spekulasi mengenai alien luar angkasa di Area 51 telah menjadi bagian dari budaya populer selama lebih dari setengah abad. Airwolfhound/Flickr, CC BY-SA

Ada penjelasan yang jauh lebih sederhana tentang apa yang dilihat oleh para saksi mata di dekat Area 51. Bagaimanapun, publik sekarang tahu tentang apa yang sedang diuji coba di Area 51, dan kapan. Sebagai contoh, ketika penerbangan U-2 dan A-12 meningkat pada 1950-an dan 1960-an, begitu pula penampakan UFO lokal. Ketika balon dan pesawat jatuh, dan pengujian rahasia teknologi baru serta peralatan Soviet yang ditangkap terus berlanjut, begitu pula laporan tentang kecelakaan dan pendaratan UFO.

Faktanya, banyak penampakan UFO yang hampir sama persis dengan tanggal dan waktu penerbangan pesawat-pesawat eksperimental yang diklasifikasikan saat itu. Kita juga tahu bahwa prototipe pesawat tak berawak dan versi yang lebih baru telah diuji coba di lokasi tersebut.

Pada akhirnya, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa ada sesuatu selain teknologi duniawi yang berada di balik pemandangan dan suara-suara aneh di Area 51.


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 184,300 academics and researchers from 4,971 institutions.

Register now