Menu Close
Pemandangan Bumi dengan permukaan bulan di bingkai bawah
Bumi dilihat dari misi bulan Apollo 8 pada 24 Desember 1968. NASA

Apakah mungkin memperbaiki kerusakan yang telah kita lakukan pada Bumi?

Apakah mungkin memperbaiki kerusakan yang telah kita lakukan pada Bumi? – Anthony, umur 13


Terkadang tampaknya manusia telah mengubah Bumi tanpa bisa memperbaikinya. Tapi planet kita adalah sistem yang luar biasa di mana energi, air, karbon, dan banyak lainnya mengalir dan memelihara kehidupan. Bumi berusia sekitar 4,5 miliar tahun dan telah mengalami perubahan besar.

Di beberapa titik dalam sejarah Bumi, kebakaran membakar area yang luas. Di tempat lain, sebagian besar ditutupi es. Ada juga kepunahan massal yang memusnahkan hampir semua makhluk hidup di permukaannya.

Iklim bumi bervariasi dari periode yang sangat hangat tanpa lapisan es kutub hingga fase ketika sebagian besar planet membeku.

Planet kita sangat tangguh dan dapat menyembuhkan dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Masalahnya adalah sistem penyembuhan dirinya sangat, sangat lambat. Bumi akan baik-baik saja, tetapi masalah manusia lebih mendesak.

Manusia telah merusak sistem yang menopang kita dalam berbagai cara. Kita telah mencemari udara dan air, dengan plastik yang berserakan , dan berbagai sampah lain nya baik di tanah, laut dan sungai serta menghancurkan habitat tumbuhan dan hewan.

Tapi kita tahu bagaimana kita bisa membantu proses natural dan menyelesaikan kekacauan yang banyak ini. Bahkan telah ada banyak kemajuan sejak manusia mulai sadar akan adanya masalah ini masalah ini 50 tahun yang lalu

Graph showing economic trends since 1970 and decline in six major air pollutants.
Sejak tahun 1970, Amerika Serikat telah sangat mengurangi polusi udara bahkan ketika ekonominya telah tumbuh secara dramatis. USEPA

Masih bayak masalah yang harus diselesaikan. Beberapa polutan, seperti plastik bertahan selama beberapa ribu tahun ,jadi lebih baik berhenti menggunakannya daripada harus mengumpulkannya nanti. Dan kepunahan bersifat permanen, jadi satu-satunya cara efektif untuk menguranginya adalah dengan lebih berhati-hati dalam melindungi hewan, tumbuhan, dan spesies lain.

Mengembalikan perubahan iklim

Kerusakan paling serius yang dilakukan manusia terhadap Bumi utamanya berasal dari pembakaran batu bara, minyak dan gas, yang berakibat pada naiknya temperatur. Membakar bahan bakar berbasis karbon ini mengubah kimia dan fisika dasar udara dan lautan.

Setiap bongkahan batu bara atau galon bensin yang dibakar melepaskan karbon dioksida ke atmosfer. Gas tersebut memanaskan permukaan bumi , menyebabkan banjir, kebakaran dan juga kekeringan. Beberapa dari karbon dioksida ini larut ke dalam lautan dan membuat laut menjadi asam dan membahayakan rantai makanan laut.

Perubahan iklim adalah masalah yang akan bertambah buruk sampai manusia berhenti memperburuknya – dan kemudian akan membutuhkan waktu berabad-abad agar iklim kembali seperti semula sebelum revolusi industri.

Satu-satunya cara untuk menghindari keadaan yang lebih buruk adalah dengan berhenti membakar karbon. Itu berarti masyarakat perlu bekerja keras untuk membangun sistem energi yang dapat membantu semua orang hidup dengan baik tanpa perlu membakar karbon.

Kabar baiknya adalah kita tahu bagaimana membuat energi tanpa melepaskan karbon dioksida dan polusi lainnya. Listrik yang terbuat dari tenaga surya, angin, dan panas bumi sekarang ini merupakan energi termurah dalam sejarah . Membersihkan pasokan listrik global dan kemudian mengelektrifikasi semuanya bisa dengan cepat menghentikan polusi karbon untuk jadi lebih buruk.

Ini akan membutuhkan mobil dan kereta listrik, pemanas dan alat masak listrik, dan pabrik listrik. Kita juga memerlukan sistem transmisi dan penyimpanan listrik jenis baru untuk menyalurkan semua listrik bersih dari tempat pembuatannya ke tempat penggunaannya.

Sisa dari kekacauan karbon dapat dibersihkan melalui pengelolaan pertanian dan hutan yang lebih baik. Hutan dan pertanian menyimpan karbon di tanah dan tanaman alih-alih melepaskannya ke atmosfer. Ini juga merupakan masalah yang para ilmuwan tahu bagaimana memecahkannya.

Bumi pasti akan sembuh, tapi mungkin butuh waktu yang sangat lama. Cara terbaik untuk memulai adalah dengan semua orang melakukan bagian mereka untuk menghindari kerusakan yang lebih buruk.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,500 academics and researchers from 4,943 institutions.

Register now