Menu Close
Gadis memanjat dinding panjat tebing

Bagaimana cara otak menggerakkan tubuh manusia?

Bagaimana otak kamu mengetahui cara menggerakkan tubuhmu? - Ivy, usia 8 tahun, Victoria

Hai Ivy, terima kasih telah mengajukan pertanyaan yang sangat menarik!

Untuk menjawabnya, kita perlu melihat beberapa bagian otak yang berbeda dan apa yang mereka lakukan.

Otak mengumpulkan informasi

Bagian depan otak berfungsi untuk merencanakan dan membuat keputusan. Otak melakukan hal ini setelah mempertimbangkan berbagai jenis informasi yang diterimanya dari “sel-sel saraf”.

Informasi ini disebut informasi sensorik. Informasi ini berasal dari sentuhan, rasa sakit, suhu, pendengaran, penglihatan, dan sebagainya.

Inilah yang terjadi ketika, misalnya, kita melihat seseorang membagikan cokelat di jalan, kita menoleh untuk melihatnya dan berjalan ke arah cokelat tersebut.

Bagaimana semua informasi itu sampai ke otak?

Otak tinggal di dalam kotak otak di kepala kita. Sumsum tulang belakang berada di kanal tulang belakang, di bagian belakang tubuh kita.

Serabut saraf kecil yang keluar dari bagian bawah otak dan sumsum tulang belakang menghubungkan banyak otot. Ketika mereka menegang, mereka membuat sesuatu bergerak.

Beberapa serabut saraf terhubung ke otot yang melintasi persendian. Yang lainnya menempel pada lidah dan bola mata dan membuatnya bergerak.

Batang otak adalah bagian yang berada di bagian bawah otak. Shutterstock

Sel-sel saraf mengirimkan sinyal antara satu sama lain, dan di antara semua otot dan kelenjar, termasuk yang bertanggung jawab untuk membuat air liur di mulut dan cairan pencernaan di perut.

Otak manusia memiliki lebih dari 100 miliar sel saraf dan mengirimkan pesan untuk membuat kita melakukan hal-hal seperti berjalan, melompat, atau berdiri dari kursi.

Bagian otak yang berbeda memiliki tugas yang berbeda

Otak memiliki banyak bagian yang mengoordinasikan cara kita bergerak.

Satu bagian membantu kita mengetahui seberapa besar tenaga yang diperlukan untuk melakukan gerakan. Bagian ini juga memberi tahu otak untuk memulai gerakan.

Bagian lainnya berperan dalam pengaturan waktu gerakan.

Children looking at things in the garden with a magnifying glass
Bagian otak yang berbeda memiliki tugas yang berbeda dalam membantu kita bergerak. Shutterstock

Jenis saraf yang berbeda juga memiliki peran yang berbeda. Beberapa membantu kita bergerak secara sukarela - ketika kita menginginkannya. Saraf-saraf ini terhubung ke otot-otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan sendi-sendi di berbagai bagian tubuh, seperti lengan dan kaki.

Kelompok saraf lainnya bekerja secara otomatis. Mereka merasakan apa yang terjadi di dalam tubuh kita tanpa kita sadari. Saraf-saraf ini mengendalikan otot-otot di jantung, pembuluh darah, perut, usus, ginjal, dan organ-organ lainnya, membantu mereka bekerja dengan baik.

Apa jawabannya secara singkat?

Jadi Ivy, ringkasnya, otak menerima informasi dari indera kita dan menggunakannya untuk mengontrol gerakan tubuh kita.

Bagian otak yang berbeda mengirimkan pesan ke bagian tubuh yang berbeda untuk melakukan gerakan yang benar.

Otak kita juga dapat menyimpan gerakan ke dalam memori yang akan dipanggil kembali untuk digunakan pada masa depan. Itulah mengapa kamu bisa mengingat cara mengendarai sepeda, meskipun kamu sudah berbulan-bulan tidak mengendarainya.


Demetrius Adyatma Pangestu dari Universitas Bina Nusantara menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 183,800 academics and researchers from 4,959 institutions.

Register now