Menu Close
Siswa perempuan yang duduk di mejanya tersenyum dan meregangkan tubuh sambil mendengarkan musik

Bagaimana lagu pop bisa membantumu belajar bahasa asing

Pendekatan tradisional dalam pengajaran bahasa kepada orang dewasa seringkali menggunakan sumber daya seperti buku teks dan materi pembelajaran generik yang kurang menginspirasi pelajar. Penelitian baru juga menunjukkan adanya pembelajaran menggunakan lagu populer seperti film dan serial TV, bisa dapat membantu menghubungkan minat orang dan memotivasi mereka. Berdasarkan penelitian ini, kami telah mengembangkan enam tips untuk menggunakan lagu-lagu populer untuk belajar bahasa.

Mempelajari bahasa kedua dapat menjadi tantangan di saat-saat terbaik. Butuh waktu dan usaha tertentu untuk belajar bahasa baru.


Read more: Australian students say they understand global issues, but few are learning another language compared to the OECD average


Kita memerlukan berbagai cara untuk membuat proses belajar yang lebih menyenangkan lebih baik untuk pembelajaran jangka panjang. Hal ini membantu orang merasa terlibat dengan bahasa yang dipelajari, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pelajar dalam keterampilan mereka.

Di sinilah lagu ikut berperan. Selain lagu merupakan sumber inspirasi dan relaksasi sehari-hari, lagu juga memiliki banyak kualitas yang bisa membantu proses pembelajaran. Lirik mengulangi kata-kata, sederhana, “seperti percakapan” dan menghasilkan asosiasi pribadi.

Penting bagi pelajar dan pengajar untuk dapat berhubungan dengan sumber belajar bahasa mereka. Orang yang berbeda akan memiliki latar belakang, minat, dan konteks budaya yang berbeda. Pelajar dewasa khususnya sering memerlukan lebih banyak pilihan untuk terlibat ketika belajar bahasa.

Apa yang ditemukan oleh riset ini?

Penelitian doktoral yang baru dirilis pada mahasiswa menunjukkan manfaat menggunakan lagu, film, dan serial TV populer sebagai petunjuk untuk belajar bahasa. Dalam survei online, entri buku harian mingguan, dan grup diskusi, orang dewasa muda ini dengan suara bulat melaporkan bahwa mereka lebih memperhatikan bahasa dan tema lagu-lagu populer di luar kelas yang dijadwalkan.


Read more: Want to learn a language? Try TikTok


Siswa lebih menyukai lagu-lagu populer karena menunjukkan keaslian di dunia nyata, pilihan yang dipersonalisasi yang tersedia di berbagai layanan streaming, dan topik terkait yang ada di dalamnya. Pelajar cenderung menemukan lagu-lagu ini di luar kelas, meningkatkan keterlibatan mereka dalam studi mereka.

Seorang siswa mencatat di buku harian nya

Menggunakan lagu sangat membantu saya untuk lebih berpartisipasi di kelas karena mereka terasa lebih akrab bagi saya, karena saya mendengarkan lagu setiap hari.

Seorang peserta diskusi mengatakan :

Apalagi beberapa tahun belakangan ini, dengan teknologi, film, serial atau lagu semakin dekat dengan kita. Kita menggunakannya lebih dari sekadar teks atau buku. Setelah bertahun-tahun dengan teks dan buku, ini jauh lebih menarik.

Satu tugas kelas menggunakan These Days karya Rudimental, sebuah lagu yang terkenal di kalangan siswa. Mereka menikmati latihan ini dalam pemahaman, membuat kesimpulan serta mengidentifikasi nada dan tema sentral dari lagu ini tentang putusnya sebuah hubungan.

Lagu Rudimental menceritakan sebuah kisah yang memberikan banyak materi untuk siswa belajar bahasa Inggris.

Saat akhir semester, siswa lain juga mencatat di buku harianya :

Ini adalah cara belajar yang paling menyenangkan dan umumnya cara belajar bahasa asing yang paling menghibur.

Manfaat lain terkait dengan tantangan kesehatan mental yang anak muda hadapi khususnya saat pandemi. Ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan lagu dapat membantu mengurangi kecemasan tentang pembelajaran.

6 tips menggunakan lagu untuk mempelajari sebuah bahasa

Penelitian baru menghasilkan Model SMILLE yang ditunjukkan di bawah ini, serta enam rekomendasi untuk memandu guru menggunakan lagu populer di kelas

Model Motivasi Berkelanjutan dalam Lingkungan Belajar Bahasa (SMILLE) Author provided

1. Pastikan guru dan peserta didik (termasuk kelompok belajar) dapat memilih sendiri lagu dan media lain saat merancang tugas pembelajaran dan untuk kegiatan lintas budaya.

2. Menjembatani tugas dan lagu pembelajaran bahasa, memastikan pilihan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

3. Mendorong penggunaan lagu dan media populer di luar kelas untuk memperluas pembelajaran di luar sekolah.

4. Hindari menggunakan buku teks atau sumber yang tidak menarik minat peserta didik atau mereka kurang dapat mengaitkannya.

5. Diskusikan dengan peserta didik bagaimana mereka berhubungan dengan lagu populer, film atau serial TV. Gunakan diskusi ini sebagai batu loncatan untuk mempelajari tugas di dalam dan di luar kelas.

6. Siapkan serangkaian petunjuk untuk membantu guru menentukan pemahaman siswa tentang apa yang sedang terjadi, tingkat keterlibatan, mengapa peristiwa itu terjadi, topik dan pesan yang digambarkan, persamaan atau perbedaan budaya, dan mengapa sumber itu dipilih.

Bagaimana musik dan lagu bisa membantu pembelajaran?

Penelitian menunjukkan musik dapat merangsang pemikiran tingkat tinggi dan membantu pelajar dengan kekuatan otak kanan dan kemampuan mendengar. Musik juga telah ditunjukkan untuk memperkuat koneksi ke bahasa.


Read more: Music can help lift our kids out of the literacy rut, but schools in some states are still missing out


Di kelas sastra, musik telah digunakan sebagai “pengait” emosional untuk menarik minat siswa pada karya yang sedang dipelajari.

Sumber belajar yang terkait dengan budaya populer juga membantu memotivasi siswa yang melihat sumber daya jenis buku teks sebagai hal yang tidak menarik atau kurang relevan dengan kehidupan mereka di luar kelas.

Bukti dari seluruh dunia

Penelitian telah menunjukkan menyematkan lagu dalam pelajaran bahasa telah bermanfaat bagi pelajar yang lebih muda di seluruh dunia:

  • Di Amerika Serikat ini meningkatkan motivasi, kegembiraan dan semangat belajar siswa TK, meningkatkan keinginan mereka untuk menghadiri taman kanak-kanak.

  • Di China, kosakata siswa TK meningkat sebagai akibat dari pengulangan kata-kata yang ditargetkan dalam lirik lagu

  • di Singapura, siswa yang pendiam dan pemalu menjadi lebih percaya diri dan nyaman ketika mencoba pengucapan bahasa Inggris dan lebih mampu mengingat instruksi bahasa yang sulit

Contoh bagaimana lagu berguna di kelas dengan pelajar yang lebih muda.
  • di Jerman, siswa meningkatkan kemampuan mereka untuk membentuk dan mengidentifikasi bentuk jamak dan vokal untuk kata-kata yang tidak dikenal dalam lagu

  • di Skotlandia, siswa dalam kelompok belajar menyanyi menunjukkan kemajuan yang lebih pesat dalam belajar bahasa kedua daripada kelompok non-penyanyi.

  • di Inggris, siswa dapat mempelajari frasa yang ditargetkan dengan lebih baik dalam pelajaran yang berfokus pada lagu daripada mereka yang tidak menggunakan lagu.


Read more: 'Just as important as English or maths': how mentoring is bringing music alive for primary school students


Studi sebelumnya terhadap mahasiswa juga menunjukkan manfaat menggunakan lagu untuk pembelajaran bahasa orang dewasa:

  • Siswa Finlandia bisa meningkatkan kefasihan menulis mereka

  • di Kolombia, keterampilan mendengarkan, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam diskusi semuanya meningkat.

  • di Bangladesh, menggunakan lagu sebagai petunjuk audio menghasilkan konten yang lebih kaya dalam tulisan siswa dan pengalaman belajar yang lebih positif dan menyenangkan

  • Siswa di Spanyol bisa meningkatan ingatan teks mereka.

Penelitian kami menambah bukti bahwa lagu-lagu populer dan media adalah sumber yang kuat untuk memulai dan mempertahankan motivasi orang dewasa ketika sedang belajar bahasa kedua.


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now