Menu Close
Tanpa aturan, Anda akan memiliki BANYAK keputusan yang harus dibuat setiap hari. Flickr/Niklas Hellerstedt, CC BY

Curious Kids: Mengapa banyak aturan dalam hidup kita?

Mengapa banyak aturan dalam hidup kita? – Flynn, umur 6 tahun.


Terima kasih, Flynn. Itu pertanyaan yang sangat bagus. Ketika kamu masih muda, kamu mungkin merasa semua aturan di sekitar kamu tidak adil. Kamu mungkin juga merasa tidak dapat berbuat banyak. Melakukan apa pun yang kamu inginkan sepertinya ide yang bagus!

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa gunanya semua aturan yang membosankan ini? Biasanya, Flynn, aturan membantu kita dalam dua hal: belajar dan menjaga kita tetap aman.


Read more: Curious Kids: Why do adults think video games are bad?


Anak-anak harus membuat beberapa keputusan – tetapi tidak semuanya

Mari kita bicara terkait belajar. Ketika kamu berusia enam tahun, kamu belajar hal-hal baru setiap hari. Saya yakin jika kamu mengingat kembali satu tahun yang lalu, kamu akan menyadari betapa kamu telah berubah! Banyak dari aturan menjengkelkan yang kamu khawatirkan sebenarnya membantu kamu fokus belajar, bermain, sekaligus bersenang-senang.

Tanpa aturan, kamu harus mengambil banyak keputusan setiap hari. Pengambilan terlalu banyak keputusan akan menghalangi proses belajar kamu dan membuat kamu terbebani. Bertanggung jawab atas banyak keputusan terkadang bisa sangat membuat stres dan terkadang membuat orang merasa khawatir dan cemas. Inilah mengapa penting untuk mengizinkan anak-anak membuat beberapa keputusan – tetapi tidak semuanya.

Saya juga menyebutkan keselamatan. Meskipun saya yakin kamu sangat pintar, ada banyak hal yang belum kamu ketahui tentang dunia. Ini adalah hal-hal yang akan kamu pelajari mulai sekarang sampai kamu dewasa, seperti cara mengemudikan mobil, siapa yang harus dipercaya, dan cara membelanjakan uang dengan bijak.

Sampai kamu mengetahui semua hal ini, aturan ada untuk membuat kamu tetap aman. Aturan memastikan orang selalu tahu di mana dia berada, bahwa kamu tidak akan terluka dan kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan untuk tetap bahagia dan sehat.

Kita semua pernah di titik itu. Flickr/Chirag Rathod, CC BY

Orang tua Anda dapat sedikit melonggarkan aturan saat kamu tumbuh

Kamu mungkin belum mengetahuinya, tetapi aturan yang ada akan berubah seiring bertambahnya usiamu. Pikirkan tentang perbedaan jumlah aturan antara sekarang dan ketika kamu masih balita.

Pada usia enam tahun , kamu mungkin bisa tidur lebih malam, diizinkan untuk menonton tv lebih banyak dan melakukan hal-hal yang berbeda dan memiliki lebih banyak teman.

Ini karena penting untuk mendorong anak-anak mengambil lebih banyak keputusan seiring bertambahnya usia.

Anggap saja ini seperti tangga. Kamu mungkin tidak berada di puncak saat ini, tetapi setiap hal baru yang kamu pelajari membawa kamu selangkah lebih dekat dan berarti orang tua kamu dapat sedikit melonggarkan beberapa aturan.

Akhirnya, saya harus mengatakan bahwa aturan tidak hilang sepenuhnya bahkan ketika kamu sudah dewasa. Orang dewasa masih harus bekerja dan membayar tagihan dan mengikuti aturan. Bahkan kita tidak bisa melakukan apapun yang kita inginkan!


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,900 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now