Menu Close

Curious Kids: mengapa cahaya matahari yang terang membuat saya bersin?

Orang bersin di luar ruangan. Shutterstock

Mengapa cahaya matahari yang terang membuat saya bersin? — Orlo, usia 5

Hi Orlo,

Terima kasih atas pertanyaan kamu yang menarik. Orang-orang yang sangat cerdas telah bertanya-bertanya tentang pertanyaan ini selama ribuan tahun.

Sejujurnya, Orlo, tidak ada yang tahu pasti mengapa ini terjadi. Tapi itu mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa sinyal dari mata dan hidung kamu menuju ke bagian otak yang sama.

Mari saya jelaskan.

Pusat bersin

Hidung kamu dapat digunakan untuk mencium dan bernapas. Tapi terkadang, sesuatu masuk ke hidung kita yang seharusnya tidak ada.

Daftar sesuatu yang seharusnya tidak ada di hidung kita sangat panjang, jadi saya tidak akan memasukkan semuanya di sini. Tapi itu termasuk barang seperti kacang polong, jagung manis dan Lego, serta virus dan bakteri, yang merupakan kuman kecil yang terkadang membuat kita sakit.


Read more: Curious Kids: How do we smell?


Ketika kamu memiliki sesuatu di hidung kamu yang seharusnya tidak ada, yang terbaik adalah menghubungi “pusat bersin”. Pusat bersin adalah tempat di otak kamu yang membuat bersin. Itu ada di batang otak kamu, yang ada di bagian bawah otak.

Hal ini dapat dilakukan karena berisi instruksi tentang cara mengaktifkan otot-otot pernapasan Anda dalam urutan yang benar untuk menghasilkan bersin.

Jadi, sementara Anda mungkin berpikir bersin sebagai sesuatu yang terjadi di dalam hidung Anda, banyak yang terjadi di dalam otak Anda.

Otak dan batang otak
Pusat bersin terletak di bagian otak Anda yang disebut ‘batang otak’. Shutterstock

Mengaktifkan pusat bersin

Ketika kamu memiliki suatu hal yang asing di dalam hidung kamu yang seharusnya tidak ada, mereka akan mengaktifkan sel-sel saraf di bagian dalam hidung kamu. Sel-sel saraf ini mengirimkan sinyal ke otak, yang terletak tepat di dalam kepala kamu dan tidak terlalu jauh dari hidung kamu.

Ketika otak mendapatkan sinyal ini, itu diteruskan ke pusat bersin di dalam otak kamu sehingga mengatakan “kita benar-benar bisa menggunakan bersin sekarang”.

Pusat bersin kemudian akan menghasilkan bersin yang mendorong hal-hal yang tidak diinginkan keluar dari hidung kamu.

Matahari

Meski hidung sangat penting, ini bukan satu-satunya bagian tubuh kamu yang memiliki sel saraf yang berbicara dengan otak. Bagian lain adalah matamu.

Mari kita bayangkan kamu melihat sesuatu yang sangat terang, yang bisa menjadi matahari tapi tidak harus matahari. Ketika kamu melakukannya, sel-sel saraf di mata mengirimkan informasi ini ke otak yang memberi tahu mata kamu untuk berkedip atau menyipitkan mata untuk menangani cahaya.

Orlo, untuk beberapa alasan, di sekitar seperempat orang (termasuk kamu!) cahaya terang juga bisa menghasilkan bersin.

Mengapa?

Para ilmuwan tidak setuju tentang ini, tapi saya akan memberi tahu kamu apa yang menurut saya adalah penjelasan yang paling mungkin.

Orang bersin
Cahaya terang dapat menghasilkan bersin di sekitar seperempat orang. Shutterstock

Beberapa sel saraf di hidung dan di mata kamu berbicara ke wilayah otak yang sama: tempat yang disebut “nukleus trigeminal”.

Artinya, sinyal dari hidung (yang biasanya menghasilkan bersin) dan sinyal dari mata (yang biasanya menghasilkan mata menyipit atau berkedip) tiba di bagian otak yang sama.

Jika jumlah sinyal yang masuk dari mata sangat tinggi (seperti yang mungkin terjadi jika kamu kebetulan melihat matahari), mereka dapat berakhir mengaktifkan pusat bersin serta bagian otak yang menyebabkan kedipan. Ini membuat kamu bersin, bahkan tanpa kamu memasukkan sesuatu ke hidung kamu!


Read more: Curious kids: do whales fart and sneeze?


Halo, Curious Kids! Apakah kamu memiliki pertanyaan yang ingin dijawab oleh para pakar? Minta orang dewasa untuk mengirimkan pertanyaan kamu ke curiouskids@theconversation.edu.au

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 128,600 academics and researchers from 4,060 institutions.

Register now