Menu Close
Richard Dawkins, penulis, ahli biologi evolusi, dan emeritus fellow New College, Universitas Oxford, adalah salah satu ateis paling terkemuka di dunia. Fronteiras do Pensamento/wikipedia, CC BY-SA

Mengapa ateis tidak serasional seperti yang diduga banyak orang

Banyak orang ateis berpikir kepercayaan yang mereka anut adalah hasil dari pemikiran rasional. Mereka menggunakan argumen seperti “Saya tidak percaya pada Tuhan, saya percaya pada sains” untuk menjelaskan bahwa bukti dan logika, daripada keyakinan supranatural dan dogma, mendasari pemikiran mereka.

Tapi hanya karena Anda percaya pada penelitian ilmiah berbasis bukti–yang tunduk pada pemeriksaan dan prosedur yang ketat–tidak berarti pikiran Anda bekerja dengan cara yang sama.

Ketika Anda bertanya kepada ateis mengapa mereka menjadi ateis, mereka sering menceritakan momen eureka ketika mereka menyadari bahwa agama tidak masuk akal.

Anehnya mungkin, banyak orang beragama benar-benar mengambil sebuah pandangan serupa tentang ateisme. Hal ini muncul ketika para teolog dan para penganut agama lainnya berspekulasi bahwa para ateis pasti sekelompok orang yang menyedihkan yang tidak mendapatkan kepuasan filosofis, etis, mitos, dan estetis yang dimiliki oleh orang-orang religius–terjebak dalam dunia rasionalitas dingin saja.

Sains ateisme

Tapi pada kenyataannya, sains semakin menunjukkan bahwa para ateis tidak lebih rasional daripada teis. Sesungguhnya, ateis sama rentannya dengan siapapun untuk masuk ke dalam “pikiran kelompok atau group think” bentuk-bentuk kognisi non-rasional lainnya. Misalnya, baik orang-orang religius dan nonreligius dapat mengikuti orang-orang karismatik tanpa mempertanyakannya. Dan pikiran kita sering lebih memilih perasaan benar ketimbang kebenaran itu sendiri, sebagaimana psikolog sosial Jonathan Haidt telah jelajahi.

Bahkan keyakinan ateis sendiri sedikit hubungannya dengan penyelidikan rasional daripada yang dipikirkan ateis. Kita sekarang tahu, misalnya, anak-anak nonreligius dari orang tua religius melepaskan keyakinan mereka untuk alasan yang tidak ada hubungannya dengan pemikiran intelektual. Penelitian kognitif terbaru menunjukkan bahwa faktor yang menentukan adalah belajar dari apa yang orang tua lakukan daripada apa yang mereka katakan.

Jadi jika orang tua mengatakan bahwa mereka orang Kristen, tapi mereka telah jauh dari kebiasaan dengan melakukan hal-hal yang seharusnya penting–seperti berdoa atau pergi ke gereja–anak-anak mereka sama sekali tidak percaya bahwa agama masuk akal.

Hal ini sangat rasional, tapi anak-anak tidak memproses hal tersebut pada tingkat kognitif. Sepanjang sejarah evolusi kita, manusia sering kekurangan waktu untuk meneliti dan menimbang bukti–yang diperlukan membuat penilaian cepat. Itu berarti bahwa anak-anak sampai batas tertentu hanya menyerap informasi penting, yang dalam hal ini bahwa keyakinan agama tidak tampak penting seperti yang dikatakan orang tua.

Anak-anak memilih sering kali tidak berdasarkan pemikiran rasional. Anna Nahabed/Shutterstock

Bahkan anak-anak yang lebih tua dan remaja yang benar-benar merenungkan topik agama mungkin tidak berfikir secara independen seperti yang mereka pikirkan. Penelitian yang sedang berkembang di Inggris menunjukkan bahwa orang tua ateis (dan lainnya) menyampaikan keyakinan mereka kepada anak-anak mereka dengan cara yang sama yang dilakukan orang tua yang religius–melalui budaya juga argumen.

Beberapa orang tua berpandangan bahwa anak-anak mereka harus memilih kepercayaan mereka untuk diri mereka sendiri, tapi yang mereka lakukan adalah menyampaikan cara berpikir tertentu tentang agama, seperti gagasan bahwa agama adalah masalah pilihan daripada kebenaran ilahi. Tidak mengherankan bahwa hampir semua anak-anak di Inggris-95%-berakhir “memilih” untuk menjadi ateis.

Sains versus keyakinan

Tapi apakah ateis lebih cenderung berpegangan pada sains ketimbang orang-orang religius? Banyak sistem kepercayaan yang sedikit banyak cocok dengan pengetahuan ilmiah. Beberapa sistem kepercayaan sangat kritis terhadap sains, dan menganggapnya terlalu banyak mempengaruhi kehidupan kita, sementara sistem kepercayaan lain sangat peduli untuk mempelajari dan menanggapi pengetahuan ilmiah.

Tapi perbedaan ini tidak memetakan dengan rapih apakah Anda religius atau tidak. Beberapa tradisi Protestan, misalnya, melihat rasionalitas atau pemikiran ilmiah sebagai pusat kehidupan religius mereka. Sementara itu, generasi baru ateis postmodern menyoroti batas-batas pengetahuan manusia, dan melihat ilmu pengetahuan sebagai sangat terbatas, bahkan bermasalah, terutama ketika datang ke pertanyaan eksistensial dan etis. Para ateis ini mungkin, misalnya, mengikuti pemikir seperti Charles Baudelaire dalam pandangan bahwa pengetahuan sejati hanya ditemukan dalam ekspresi artistik.

Sains dapat memberikan kepuasan eksistensial juga. Vladimir Pustovit/Flicr, CC BY-SA

Dan sementara banyak ateis suka menganggap diri mereka sebagai pro sains, sains, dan teknologi itu sendiri kadang-kadang bisa menjadi dasar pemikiran agama atau keyakinan, atau sesuatu yang sangat mirip dengannya. Misalnya, munculnya gerakan transhumanis, yang berpusat pada keyakinan bahwa manusia dapat dan harus melampaui keadaan alami dan keterbatasan mereka saat ini melalui penggunaan teknologi, adalah contoh bagaimana inovasi teknologi mendorong munculnya gerakan baru yang memiliki banyak kesamaan dengan religiusitas

Bahkan bagi orang-orang ateis yang skeptis terhadap transhumanisme, peran sains tidak hanya soal rasionalitas–sains dapat memberikan pemenuhan filosofis, etis, mitos, dan estetika yang disediakan agama bagi pemeluknya.

Ilmu pengetahuan tentang dunia biologis, misalnya, jauh lebih dari sekadar topik keingintahuan intelektual-bagi sebagian ateis, itu memberikan makna dan kenyamanan dalam cara yang sama kepercayaan pada Tuhan memberi makna bagi penganutnya. Para psikolog menunjukkan bahwa kepercayaan dalam sains meningkat dalam menghadapi stres dan kecemasan eksistensial, seperti halnya keyakinan agama semakin intensif bagi penganut agama dalam situasi-siatusi seperti ini.

Jelas, gagasan bahwa menjadi ateis disebabkan alasan rasional saja mulai terlihat irasional. Kabar baiknya adalah rasionalitas itu terlalu dilebih-lebihkan. Kecerdasaan manusia lebih banyak bersandar pada pemikiran rasional. Seperti yang dikatakan Haidt tentang “pikiran lurus”, kita sebenarnya “dirancang untuk” melakukan “moralitas”-bahkan jika kita tidak melakukannya dengan cara rasional seperti yang kita pikirkan.

Kemampuan untuk membuat keputusan cepat, mengikuti hasrat kita dan bertindak berdasarkan intuisi juga merupakan kualitas manusia yang penting dan penting untuk kesuksesan kita.

Untung manusia telah menemukan sains, sesuatu yang, tidak seperti pikiran kita, rasional dan berdasarkan bukti. Ketika kita membutuhkan bukti yang tepat, sains dapat menyediakannya-selama topik tersebut dapat diuji.

Yang terpenting, bukti ilmiah cenderung tidak mendukung pandangan bahwa ateisme adalah tentang pemikiran rasional dan teisme adalah tentang pemenuhan eksistensial. Kenyataannya manusia tidak seperti sains. Tidak satupun dari kita yang tidak pernah tidak rasional, ataupun tidak memiliki sumber makna eksistensial dan kenyamanan.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now