Menu Close
Petugas memindahkan orang dengan obesitas, Cipto Raharjo, 45 tahun dengan berat 200 kg, ke atas truk pemadam kebakaran saat evakuasi untuk dirawat di RSUD Kota Tangerang, Banten, 4 Juli 2023. ANTARA FOTO/Fauzan/tom

Obesitas di Indonesia tinggi: minuman manis kemasan mengintai sejak kanak-kanak

Dalam beberapa bulan terakhir, kita sering mendengar cerita dari media massa tentang beberapa orang dewasa yang obesitas meninggal lebih cepat dibandingkan rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia.

Ibarat gunung es, kasus-kasus yang muncul ke permukaan itu hanya sebagian kecil dari jumlah kasus riil obesitas dan dampak buruknya bagi kesehatan masyarakat di Indonesia.

Data pemerintah yang diolah oleh UNICEF menunjukkan pada 2018, 1 dari 5 anak usia sekolah (20% atau 7,6 juta), 1 dari 7 remaja (14,8%, atau 3,3 juta) dan 1 dari 3 orang dewasa (35,5%, atau 64,4 juta) di Indonesia hidup dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Jumlah ini sangat besar dan dapat berujung pada kerugian yang besar pula.

Obesitas merupakan faktor risiko tinggi untuk berapa penyakit tidak menular dan kerap kali konsekuensinya seumur hidup, seperti terkena penyakit diabetes, jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Penyakit-penyakit tersebut cenderung menurunkan produktivitas dan menghabiskan biaya tinggi dalam pengobatannya.

Penyebab obesitas atau peningkatan berat badan yang tidak sehat ini cukup kompleks, utamanya karena konsumsi kalori harian berlebih yang terjadi secara terus menerus. Salah satunya melalui konsumsi minuman manis berlebih.

Risetnya belum banyak di Indonesia

Bahaya yang mengintai di balik minuman manis dalam kemasan sering kali luput dari perhatian banyak pihak. Peredaran produk minuman manis ini semakin meningkat dengan harga terjangkau bahkan bagi anak-anak.

Minuman manis yang murah meriah dan gampang diperoleh meningkatkan konsumsi minuman manis pada anak dan remaja yang merupakan salah satu faktor pemicu obesitas.

Beberapa studi di negara lain seperti Australia, Selandia Baru, Amerika, Inggris, Belanda, dan negara Eropa lainnya menyebutkan bahwa anak dan remaja mengonsumsi minuman manis lebih banyak daripada kelompok umur lainnya.

Riset di Indonesia juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis di Indonesia cukup tinggi, memakan 67% dari total pengeluaran rumah tangga. Selain itu, setidaknya 2 dari 3 anak usia 3 tahun di Indonesia mengonsumsi satu minuman manis per hari.

Di beberapa daerah di Jakarta Timur dan Bandung, konsumsi minuman manis pada remaja mencapai 20% dari total kalori yang dikonsumsi, melebihi anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang hanya 10% per hari. Riset tersebut juga mengindikasikan adanya hubungan antara konsumsi minuman manis berlebih pada anak dan remaja Indonesia terhadap peningkatan kejadian obesitas pada orang dewasa.

Sayangnya, belum banyak penelitian di Indonesia yang mengkaji hubungan antara frekuensi mengonsumsi minuman manis pada anak-anak dengan kejadian obesitas dan penyakit tidak menular.

Oleh karena itu, saya melakukan kajian literatur terhadap riset di berbagai negara tentang dampak kesehatan dari mengonsumsi minuman manis dalam kemasan pada anak-anak. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis berlebih dapat menyebabkan obesitas, gejala hipertensi, risiko penyakit jantung, dan diabetes melitus.

Anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas ini cenderung mengalami obesitas pula pada masa dewasanya. Kondisi ini membuat mereka rentan pada berbagai masalah kesehatan yang merugikan karena menurunkan produktivitas, meningkatkan kemiskinan, dan meningkatkan risiko kematian.

Beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa bahaya konsumsi berlebih dari produk minuman manis ini dapat disandingkan dengan bahaya merokok yang memerlukan perhatian serius.

Anak-anak dikepung minuman manis

Negara dan keluarga berperan untuk memenuhi hak-hak anak dan menciptakan lingkungan yang membuat anak merasa terlindungi dan bertumbuh dengan baik.

Setiap anak seharusnya memiliki akses yang sama dalam pendidikan, mengenyam bangku sekolah, berada di lingkungan keluarga yang aman dan nyaman bagi tumbuh kembangnya.

Masalahnya adalah di lingkungan sekolah dan rumah anak-anak justru terpapar dan mudah mengakses minuman dan makanan manis dalam kemasan, baik olahan industri besar maupun olahan rumah tangga. Minuman manis dalam kemasan saat ini sangat mudah ditemui di mana pun, dengan jenis dan rasa yang semakin beragam.

Minuman manis juga mudah dibeli di lingkungan wisata saat anak-anak berlibur, tempat bermain dan lingkungan umum lainnya.

Harganya sangat terjangkau bahkan bagi anak-anak. Minuman manis dalam kemasan dijual dengan harga yang relatif sangat murah, mulai dari Rp 1.000.

Membeli minuman manis dinilai lebih menguntungkan dibandingkan hanya air mineral biasa. Dengan harga yang sama, kita bisa melepas dahaga sekaligus mendapatkan rasa manis yang menyenangkan, tidak seperti air mineral yang rasanya cenderung tawar.

Kita sebagai orang dewasa terkadang berpikir demikian, apalagi anak-anak dan remaja yang cenderung memiliki ‘lidah manis’ (sweet tongue) sehingga secara alami akan memilih minuman manis dibandingkan yang tawar.

Bedanya, orang dewasa cenderung mengetahui dampak negatif dari kandungan gula tambahan dari produk minuman manis sehingga pilihan yang diambil sudah berbekal pengetahuan yang cukup.

Sayangnya, anak-anak cenderung belum memahami dampak buruk dari konsumsi produk minuman manis secara berlebihan. Padahal mereka berhak mengetahui konsekuensi dari pilihan yang mereka ambil, termasuk saat memilih untuk mengonsumsi minuman manis.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Pemenuhan hak anak untuk mengetahui dampak buruk dari konsumsi minuman manis berlebih menjadi penting dalam upaya peningkatan kesehatan mereka di masa mendatang. Tidak hanya stunting (kurang gizi) yang merusak masa depan anak, tetapi juga berat badan berlebih yang tidak sehat.

Dampak dari konsumsi minuman manis berlebih memang tidak langsung terlihat saat itu juga. Peningkatan berat badan yang tidak sehat serta kondisi kesehatan yang memburuk terjadi secara perlahan dan cenderung tidak terlihat sehingga sering diabaikan. Namun demikian kita perlu berupaya mencegah konsumsi minuman manis yang berlebihan pada anak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak terkait dampak buruk dari mengonsumsi gula secara berlebihan.

Upaya ini dapat dilakukan secara kreatif dengan menggunakan media berupa poster, video, storytelling, permainan, dan sebagainya.

Selain itu, lingkungan juga memiliki peran penting dalam ‘melindungi’ anak dari bahaya konsumsi produk minuman manis berlebih. Budaya makan dalam keluarga, ketersediaan minuman manis di rumah, pengetahuan dan persepsi orang tua tentang dampak minuman manis serta kondisi sosial ekonomi orang tua ditemukan berhubungan dengan konsumsi minuman manis dalam kemasan pada anak-anak dan remaja.

Selain lingkungan keluarga dan rumah, pemerintah perlu memikirkan cukai gula untuk mengendalikan konsumsi produk manis. Bahkan beberapa negara maju telah menerapkan pajak yang cukup tinggi pada produk minuman manis seperti halnya pada rokok.

Kita perlu mengupayakan adanya tanda peringatan kandungan gula tambahan pada kemasan minuman tersebut, seperti halnya pada kemasan rokok. Infografis yang menunjukkan keamanan kadar gula dalam minuman terbukti membuat anak dan remaja memilih pilihan minuman yang lebih sehat. Infografis ini dapat diletakkan di kemasan minuman maupun kulkas atau rak tempat minuman dijual.

Secara alami, anak-anak memang akan memilih minuman manis dibandingkan dengan air mineral biasa.

Namun demikian, kita semua memiliki kewajiban untuk memenuhi hak mereka dalam memiliki pemahaman terkait bahaya mengonsumsi minuman manis berlebih.

Kita harus mengupayakan lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat yang akan berdampak baik pada kualitas hidup mereka ke depan.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now