Menu Close

Potensi energi terbarukan Indonesia : sebesar apa dan bagaimana cara memanfaatkannya?

Potensi energi terbarukan Indonesia : sebesar apa dan bagaimana cara memanfaatkannya?

Energi berperan krusial dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua kegiatan manusia memerlukan suplai energi.

Selama ini, energi umumnya diperoleh dari sumber bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara. Namun, sumber ini menghasilkan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada polusi udara dan perubahan iklim.

Situasi ini menuntut perlunya adopsi langkah-langkah efisiensi serta transisi menuju penggunaan energi terbarukan guna mengurangi tingkat emisi.

Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai kondisi nol emisi atau Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat, sesuai Perjanjian Paris. Untuk mencapai tujuan ini, Indonesia seharusnya memanfaatkan sumber energi terbarukan yang tersedia di tanah air, seperti surya, angin, air, bioenergi, dan panas bumi.

Seberapa besar potensi energi terbarukan di Indonesia? bagaimana cara memanfaatkannya untuk mengurangi emisi di sektor energi?

Dalam episode Sains Sekitar Kita terbaru, kami berbincang dengan Akbar Bagaskara, peneliti Bidang Ketenaga listrikan dari Institute for Essential Services Reform (IESR) yang sempat meneliti besarnya potensi energi terbarukan Indonesia.

Dengarkan obrolan lengkap tentang sumber daya alam, energi terbarukan, dan dampak sosial maupun ekonomi akibat perubahan iklim dalam siniar (podcast) Sains Sekitar Kita di KBR Prime, Spotify, dan Apple Podcasts!

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 186,800 academics and researchers from 4,994 institutions.

Register now