Menu Close

Setelah vaksinasi, apakah COVID-19 akan segera terkendali?

Setelah vaksinasi, apakah COVID-19 akan segera terkendali?

Dalam tahun-tahun ke depan, hidup kita tidak akan kembali seperti sebelum era pandemi COVID-19 melanda mayoritas negara di dunia termasuk Indonesia. Walau vaksinasi COVID-19 telah dimulai di negeri ini sejak Januari lalu, kita masih butuh waktu lama untuk benar-benar mampu mengendalikan dan kemudian memberantas penyakit COVID-19.

Sampai kapan virus corona dan penyakit ini hidup dan berkembang di masyarakat? Kita belum tahu pasti. Sejumlah vaksin yang kita gunakan sekarang merupakan vaksin yang mendapat izin penggunaan darurat sehingga data-data yang tersedia juga masih sementara. Kemampuan antibodi bertahan dalam tubuh juga belum diketahui secara pasti.

Setidak-tidaknya, mengacu pada awal mulainya riset hingga vaksin diproduksi, yang sudah diketahui adalah antibodi itu bertahan kurang lebih setahun. Data lebih dari itu belum tersedia karena vaksinasi baru berjalan beberapa bulan. Para peneliti masih terus bekerja keras untuk menciptakan vaksin terbaik, terefektif, dan mampu mendorong kekebalan lebih lama.

Setidaknya ada lima tahap dalam mengalahkan penyakit infeksi yakni mengendalikan, menghapus penyakit, menghapus infeksi, memberantas, dan memusnahkan penyakit. Saat ini kita baru berupaya mengendalikan penyebaran penyakit dan belum berhasil.

Dalam sejarah kedokteran, butuh waktu lama untuk melenyapkan sebuah virus yang memicu penyakit infeksi. Ada vaksin yang cukup diberikan sekali seumur hidup, setiap sepuluh tahun atau bahkan setiap tahun seperti vaksin flu musiman di negara empat musim karena virus juga bermutasi.

Jadi, saat para peneliti terus meneliti dan para tenaga medis merawat pasien yang sakit parah, mari kita perketat protokol kesehatan dan ikutlah vaksinasi agar kita bisa mempercepat pengendalian pandemi COVID-19. Itulah pesan penting dari perbincangan kami dengan Soegianto Ali, Kepala Program Studi Magister Biomedik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta.

Dengarkan obrolan lengkapnya di podcast SuarAkademia, di mana kami akan hadir rutin memandu sahabat TCID untuk memahami berbagai isu yang sedang hangat, bersama akademisi dan para editor kami.

SuarAkademia - ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 126,800 academics and researchers from 4,019 institutions.

Register now