Menu Close
file k tz.

Vaksin cacar, sabuk pengaman, dan pengendalian rokok: 3 kebijakan kesehatan yang menyelamatkan jutaan nyawa

Wabah coronavirus yang sedang terjadi mengingatkan kita tentang betapa pentingnya respons kesehatan masyarakat dalam mengelola penyebaran penyakit.

Tapi apakah sebenarnya kesehatan masyarakat itu? Dan mengapa kita sering kali mendengar hal ini dari para pakar kesehatan masyarakat mengenai virus corona dan ancaman kesehatan lainnya?

Secara umum, ilmu kedokteran memiliki fokus utama pada pengobatan penyakit tiap individu, sementara kesehatan masyarakat fokus pada pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan di masyarakat.

Kegiatan kesehatan masyarakat sangat luas dan bervariasi. Hal ini termasuk kampanye promosi kesehatan, pengawasan penyakit menular (seperti dalam respons menanggapi COVID-19), memastikan akses air dan udara yang bersih, makanan yang aman, penyaringan penyakit, intervensi kesehatan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan perencanaan dan kebijakan.

Berikut tiga contoh yang menunjukkan peran penting kesehatan masyarakat.


Read more: It's now a matter of when, not if, for Australia. This is how we're preparing for a jump in coronavirus cases


Pengurangan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin

Pengembangan vaksin untuk melindungi masyarakat dari penyakit menular adalah salah satu pencapaian paling signifikan baik dalam bidang kedokteran maupun kesehatan masyarakat. Vaksin telah mencegah jutaan kematian, sebagaimana WHO memperkirakan setidaknya telah ada 10 juta pencegahan kematian secara global dalam rentang 2010 hingga 2015, dan menyelamatkan banyak orang dari penyakit.

Sekarang ini dengan perkembangan yang ada, kita jarang melihat penyakit seperti polio, campak, dan gondong berkat efektivitas vaksin. Kemampuan kita melindungi individu dan masyarakat dari beberapa penyakit mematikan dengan suntikan sederhana dan aman merupakan salah satu keajaiban dalam kedokteran modern.

Sebuah vaksin untuk cacar mulai tersedia pada abad ke-19. Shutterstock

Distribusi vaksin pada masyarakat di seluruh dunia dan pengurangan penyakit menjadi bukti pentingnya kesehatan masyarakat dan manfaatnya.

Mungkin contoh terbesar dari efek vaksin terhadap kesehatan masyarakat global adalah

pemberantasan penyakit cacar. Cacar, yang merupakan penyakit berasal dari virus yang ditandai oleh demam dan bintil merah pada kulit, merupakan salah satu penyakit menular yang paling parah yang pernah terjadi. Penyakit ini membunuh sekitar 300 juta orang hanya dalam periode abad ke-20 saja.

Untuk memberantas cacar, dokter kesehatan masyarakat berusaha mengidentifikasi kasus baru dengan cepat. Kemudian, orang-orang yang berhubungan dengan kasus tersebut akan divaksinasi secepat mungkin untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut.

Tindakan ini disebut dengan “vaksinasi cincin”. Kampanye ini dimulai secara intens pada 1967 dan WHO menyatakan cacar dapat diberantas pada 1980. Hal ini dianggap menjadi salah satu pencapaian kesehatan masyarakat terbesar pada zaman modern.


Read more: Health Check: which vaccinations should I get as an adult?


Pengendalian tembakau

Meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, namun tingkat merokok telah menurun selama beberapa dekade terakhir dan membuat manfaat besar bagi kesehatan kita.

Sudah wajib untuk mengenakan sabuk pengaman di Australia sejak 1970-an. Shutterstock

Ketika sains telah menunjukkan adanya kaitan jelas antara merokok dan keadaan kesehatan yang buruk, peran kesehatan masyarakat adalah untuk menyampaikan pesan ini kepada publik dan menerapkan langkah-langkah untuk meminimalkan tingkat merokok.

Kita telah berhasil mengurangi kematian akibat tembakau melalui intervensi seperti kampanye promosi kesehatan yang menyediakan informasi kepada publik mengenai bahaya merokok, pembatasan iklan rokok, pengemasan rokok yang sederhana, larangan merokok di tempat publik, menaikkan pajak rokok, dan juga penyediaan akses untuk program berhenti merokok.

Pengendalian tembakau merupakan salah satu pencapaian utama kesehatan masyarakat. Ini semakin benar dirasakan terutama ketika kita sering harus berjuang melawan industri atau “perusahaan global tembakau” agar inisiatif dan usaha ini bisa terlaksana.


Read more: Can we trust Big Tobacco to promote public health?


Pengendalian tembakau juga merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana tindakan terkoordinasi dari sejumlah sektor pemerintah yang berbeda dapat ditargetkan untuk mengatasi tantangan utama kesehatan masyarakat.

Australia telah diakui sebagai yang terdepan dalam bidang ini.

Keamanan kendaraan bermotor

Kendaraan motor telah menjadi kemajuan besar dalam masyarakat modern. Namun, teknologi ini juga menjadi penyebab utama cedera dan kematian.

Kematian karena kecelakaan lalu lintas di negara-negara industri telah menurun secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Penurunan ini terjadi meskipun meningkatnya jumlah pengemudi dan jarak yang tempuh di jalan pada periode ini.

Kita telah mampu mencapai peningkatan keamanan dan mengurangi kematian berkat berbagai upaya.

Sebagai contoh, peningkatan aturan dalam standar desain kendaraan bermotor, peningkatan jalan, aturan sabuk pengaman, batas kecepatan, penangkal minuman keras, dan edukasi pengemudi.

Meski dengan hasil yang didapatkan, kecelakaan lalu lintas di jalan tetap menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan merupakan masalah tersendiri bagi negara-negara berkembang. Jadi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam bidang ini.


Read more: A new approach to cut death toll of young people in road accidents


Kesehatan masyarakat di dunia modern ini telah memainkan perang penting dalam peningkatan kesehatan dan mencegah kematian yang sering kali kita terima begitu saja. Tapi mungkin ini adalah bidang yang tidak terlalu kita pikirkan sebelumnya.

Salah satu alasan mengapa peningkatan kesehatan masyarakat kurang diapresiasi adalah karena kemajuan ini ada tanpa terlebih dulu terjadi hal yang buruk.

Sebagai contoh, kita dapat mengetahui secara jelas ketika nyawa seseorang terselamatkan berkat intervensi medis, namun yang sering luput dari pandangan kita yakni ketika suatu penyakit dapat dicegah sebelum terjadi melalui vaksinasi.

Rizki Nur Fitriansyah menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 115,500 academics and researchers from 3,754 institutions.

Register now