Menu Close
from www.shutterstock.com

Curious Kids: mengapa kita punya alis?


Mummy, mengapa kita punya alis? — Alexander, 3 tahun, Brisbane.

Pertanyaan yang bagus banget, Alexander!

Alis tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Mereka membuat wajah kita jadi unik. Tapi kegunaan alis bukan hanya itu.

Alis membantu kita mengekpresikan perasaan

Alis mengekspresikan perasaan kita. Kita mengernyitkan alis saat marah, dan mengangkat alis saat terkejut.

Menggerakkan alis juga bisa memberi sinyal bahwa kita sedang senang, bingung, sedih, atau kesal ke orang lain. Ekspresi ini membantu kita berkomunikasi. Jadi, alis bisa membantu kita bercerita tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Seberapa cepat kita menggerakkan alis kita juga penting. Saat kita sedih, kita menggerakkan alis secara perlahan. Saat kita marah, kita menggerakkan alis lebih cepat. Dan saat kita senang, kita alis kita bergerak paling cepat.

Alis melindungi mata

Ketika berlari pada hari yang panas, keringat suka muncul di dahi kita. Bentuk tulang dan kulit di sekitar alis membantu mengarahkan keringat ke sisi wajah kita dan mencegah keringat langsung ke mata kita.

Arah tumbuh barisan rambut alis juga membantu melindungi mata kita dari keringat, kotoran , debu dan air.

Ketika ada debu di alis, kita sering berkedip otomatis untuk menghilangkan debu tersebut. Bahkan, ketika debunya mendarat hanya di salah satu alis, kedua mata kita berkedip-kedip.

Alis kita juga melindungi mata kita dari cahaya yang menyilaukan. Bulu alis kita mengurangi sinar matahari yang masuk ke mata kita.

Girl focussing in bright light
Alis dapat membantu menghalangi seberapa banyak cahaya terang masuk ke mata kita. Christian Moro/Author provided

Ketika kita istirahat sesudah hari yang melelahkan, atau ketika kita sedang tidur, alis membantu mata kita relaks. Alis mengurangi ketegangan pada otot mata kita dan membantu kita menutup kelopak mata.

Alis membentuk identitas kita

Baik alis lebat maupun alis yang ditata, kedua gaya alis tersebut berperan besar dalam membuat kita terlihat unik.

Alis membantu kita mengenali wajah. Jadi jika kita tidak memiliki alis, mungkin akan sedikit sulit mengenali teman atau keluarga kita.

Alis juga membantu kita mengenali apakah seseorang itu laki-laki atau perempuan. Itu karena laki-laki cenderung memiliki alis yang lebih tebal lebih dekat ke mata, dan perempuan memiliki alis tipis yang lebih tinggi di atas mata.

Orang yang lebih tua, seperti kakek-nenek kita, dapat memiliki alis lelah atau alis yang tampak murung. Itu karena, dengan bertambahnya usia, otot alis mereka menjadi aus dan gravitasi menariknya ke bawah.


Read more: Curious Kids: why do older adults get shorter?


Alis bisa menjadi indah

Sejak zaman Mesir kuno, orang-orang telah mengaitkan alis dengan kecantikan. Laki-laki dan perempuan biasa melukis pada alis gelap yang melengkung dengan bedak hitam untuk menunjukkan rasa hormat kepada dewa-dewa Mesir. Alis juga dianggap memberi orang kekuatan gaib!


Read more: Friday essay: shaved, shaped and slit - eyebrows through the ages


Bahkan saat ini, orang-orang menata alis mereka. Mereka bisa menghilangkan rambut alis dengan krem khusus. Mereka bahkan bisa mewarnai alis atau menatonya.

Jadi, lain kali kamu bercermin, perhatikan alis kamu lebih dekat. Mereka memberi tahu orang lain perasaanmu dan membantu melindungi matamu. Mereka juga memainkan peran besar dalam penampilanmu.


Halo, curious kids! Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami.

Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 130,900 academics and researchers from 4,109 institutions.

Register now