Menu Close

Blog

Rayakan ulang tahun ke-6, The Conversation Indonesia luncurkan buku berisi 32 artikel pilihan jelang Pemilu 2024

BLOG.

Pada 6 September 2023, The Conversation Indonesia genap berusia enam tahun.

Sejak awal berdiri, kami berjuang untuk terus melantangkan suara-suara para ilmuwan dan akademisi yang berbasis data dan riset di tengah-tengah arus misinformasi dan disinformasi yang makin menggila.

Apalagi, menjelang Pemilu 2024, ruang publik hiruk pikuk dengan suara-suara kandidat yang menyampaikan agenda-agenda politik mereka untuk meraih suara terbanyak.

Oleh karena itu, kami membukukan 32 artikel yang merepresentasikan isu-isu yang kami anggap penting untuk diangkat dan diperjuangkan menjelang Pemilu 2024. Bunga Rampai ini juga kami terbitkan sebagai sebuah hadiah kecil atas pencapaian enam tahun kami sebagai organisasi media nirlaba yang telah menerbitkan lebih dari 5.100 artikel di Indonesia.

Buku terbaru The Conversation Indonesia berisi 32 artikel pilihan membahas isu-isu penting jelang Pemilu 2024. Author provided (no reuse)

Buku ini bertujuan menyeimbangkan kebisingan politikus dengan menyajikan analisis dari para ahli dari beragam isu maupun sudut pandang. Dengan menghadirkan analisis berbasis bukti, kami berharap debat publik dalam pesta demokrasi ini semakin berkualitas, demikian juga proses penyusunan kebijakan oleh pemerintah.

Dalam memilih artikel, kami menggunakan kerangka tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) agar dapat menularkan gagasan bahwa upaya mewujudkan kemakmuran harus lintas disiplin, inklusif, dan harmonis dengan usaha pelestarian lingkungan.

Kami mengelompokkan artikel-artikel dalam tujuh tema besar: politik, penegakan hukum dan partisipasi masyarakat; kemiskinan dan penghidupan yang layak; lingkungan, perubahan iklim dan transisi energi; pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan; kesetaraan gender dan perlindungan anak; kesehatan; dan pendidikan dan inovasi.

Harapannya, melalui bunga rampai ini, pemimpin baru yang terpilih nanti dapat memperhatikan isu-isu di atas, syukur-syukur melakukan tindak lanjut yang konkret. Apalagi, analisis ini merupakan buah karya para ilmuwan dan akademisi.

Dari The Conversation Indonesia, oleh The Conversation Indonesia, untuk kita semua, terimalah kado spesial ulang tahun kami yang keenam: Membangun Perdebatan yang Inklusif dan Progresif: Bunga Rampai 32 Artikel Pilihan Jelang Pemilu 2024.


Unduh di sini.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 183,000 academics and researchers from 4,949 institutions.

Register now