Menu Close

Blog

The Conversation Indonesia rilis buku “Dari Ahli untuk Bumi”, dorong kolaborasi atasi isu perubahan iklim dan lingkungan hidup

Diskusi publik Aksi Iklim di Tingkat Daerah dan Peluncuran E book Dari Ahli untuk Bumi.

Isu lingkungan hidup dan perubahan iklim menjadi salah satu fokus The Conversation Indonesia. Kami menyadari, bumi saat ini sedang tidak baik-baik saja. Berbagai peristiwa akibat perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, seperti suhu bumi yang meningkat, turunnya permukaan air tanah, banjir, polusi, dan lain sebagainya ramai mewarnai pemberitaan sehari-hari.

Melihat hal ini, The Conversation Indonesia merasa kolaborasi dan aksi nyata berbagai pihak untuk melestarikan lingkungan dan mencegah dampak perubahan iklim semakin mendesak untuk diwujudkan.

Oleh karena itu, kami meluncurkan e-bookDari Ahli untuk Bumi: 15 Analisis Pilihan The Conversation Indonesia seputar Pelestarian Lingkungan” pada Jumat, 22 September 2023. Tim editor kami telah mengkurasi ratusan artikel lingkungan hidup yang terbit di situs web The Conversation Indonesia dan memilih 15 analisis terbaik yang dapat dipakai sebagai rujukan bagi publik maupun para pembuat kebijakan.

Artikel-artikel pilihan ini merupakan tulisan para pakar seputar isu lingkungan, mulai dari kerugian manusia dalam industri ekstraktif dan pertanian, penggunaan lahan dan deforestasi, pengelolaan sumber daya alam, pendanaan ramah lingkungan, serta mitigasi perubahan iklim. Kami membagi topik-topik tersebut menjadi tiga tema besar: produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, pembangunan desa dan kota, serta penanganan perubahan iklim.

Melalui Dari Ahli untuk Bumi, kami mencoba mengingatkan pentingnya kontribusi dari tingkat individu untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Mulai dari menggunakan sabun ramah lingkungan hingga bersikap bijak saat mendonasikan pakaian bekas, hal-hal kecil yang kerap dianggap remeh ini mungkin merupakan awal dari upaya besar menyelamatkan bumi.

Tak hanya peran individu, kami juga berusaha mengangkat pentingnya peran pemerintah daerah. Beberapa tulisan dari peneliti di buku ini menggarisbawahi upaya di berbagai provinsi untuk mengangkat dan menyelesaikan isu lingkungan, mulai dari krisis air tanah hingga potensi energi bersih.

E-bookDari Ahli untuk Bumi” ini kami luncurkan dengan dukungan Kementerian Dalam Negeri RI dan Ford Foundation.

Harapannya, melalui analisis para pakar yang kami kumpulkan dalam buku ini, Indonesia bisa lebih siap mencari solusi atas krisis lingkungan yang kita alami bersama. Selain itu, kami juga berharap para akademisi, peneliti, media, dan pemerintah berkolaborasi lebih baik dalam meningkatkan kesadaran dan upaya mitigasi perubahan iklim, serta mendorong kebijakan lingkungan hidup yang bermanfaat bagi publik.

Unduh versi digital “Dari Ahli untuk Bumi: 15 Analisis Pilihan The Conversation Indonesia Seputar Pelestarian Lingkungan” di tautan ini.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now