Menu Close

Blog

Ikuti Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen bersama TCID

Open Registration TCID Content Creator Bootcamp.

The Conversation Indonesia meluncurkan Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen.

Pendaftaran untuk kegiatan peningkatan kapasitas anak muda (usia 17-28) di bidang pembuatan konten isu lingkungan ini dibuka Jumat, 10 November hingga 3 Desember 2023.

Pelatihan akan dilaksanakan secara daring dan gratis untuk 20 peserta terpilih selama satu bulan.


Daftar Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen di sini


Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen yang diselenggarakan dengan dukungan Ford Foundation dan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri bertujuan untuk mendukung para kreator konten untuk menghasilkan karya yang berpihak pada masyarakat dan kemanusiaan.

Saat ini, dampak perubahan iklim semakin nyata kita rasakan. Cuaca ekstrem yang tidak menentu, kekeringan dan panas berkepanjangan, mencairnya es di kutub, indeks kualitas udara yang menurun tajam, hilangnya spesies keanekaragaman hayati, hingga bencana kelaparan terjadi di depan mata kita.

Sejumlah riset menunjukkan, generasi Z mulai banyak yang peduli pada isu perubahan iklim. Meski riset juga menunjukkan kesadaran iklim anak muda masih terbatas pada isu konsumsi ramah lingkungan dan belum menyentuh isu kebijakan penanggulangan perubahan iklim.

Para konten kreator memiliki pengaruh dalam menarik anak muda tertarik dalam gerakan melawan perubahan iklim melalui penggunaan strategi komunikasi pro lingkungan yang tepat bagi generasi Z, salah satunya dengan pendekatan budaya populer, seperti penggunaan sosial media, film, musik, dan fotografi.

Jendela waktu TCID Content Creator Bootcamp.

Kami merancang kurikulum bootcamp ini dengan menggabungkan materi pendalaman isu lingkungan hidup dan perubahan iklim, content creator skills, dan digital landscape bersama para ahli dan profesional di bidangnya.

Ada sejumlah topik yang dapat dipilih oleh calon peserta, yaitu:

1. Energi bersih dan terbarukan

Peserta dapat mengangkat isu pemanfaatan energi bersih dan energi terbarukan, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, panas bumi, dsb. Akses yang merata bagi setiap orang untuk mendapatkan sumber energi terbarukan juga bisa menjadi pilihan topik yang diangkat oleh peserta.

2. Polusi lingkungan

Peserta dapat mengangkat tentang polusi yang terjadi di sekitar kita. Misalnya, tentang bagaimana dampak polusi pada kesehatan dan aktivitas sehari-hari, atau upaya yang dilakukan untuk menekan polusi ini. Salah satu inisiatif yang bisa diangkat dalam sub-topik ini adalah terkait transportasi publik.

3. Pengelolaan sampah

Peserta dapat menceritakan mengenai pengelolaan sampah mandiri yang dilakukan masyarakat. Potret ancaman pengelolaan sampah yang tidak dikelola dengan baik juga bisa menjadi isu yang menarik.

4. Kehutanan dan pengelolaan lahan

Peserta dapat mengangkat kisah tentang kondisi hutan, pengelolaan hutan, penanaman pohon dan rehabilitasi hutan, pengelolaan dan restorasi lahan gambut dan hutan bakau untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, penggundulan hutan, termasuk kerusakan lahan gambut dan hutan bakau.

5. Kota hijau dan pembangunan berkelanjutan

Peserta dapat mengangkat cerita terkait pembangunan berkelanjutan kawasan perkotaan, ruang terbuka hijau, atau aspek ketahanan bencana.

6. Urban farming dan organic farming

Sektor pertanian dapat dieksplorasi peserta dalam sub-topik ini. Urban farming dapat menggambarkan upaya masyarakat perkotaan dalam menciptakan ruang hijau dan ketahanan pangan. Sedangkan, organics farming dapat memotret bagaimana pertanian organik bisa menjadi solusi bagi pelestarian alam dan pengurangan pencemaran lingkungan.

7. Ekonomi sirkuler

Peserta bisa mengangkat kisah atau contoh baik praktik sistem atau model ekonomi yang bertujuan menghasilkan pertumbuhan ekonomi, dengan mempertahankan nilai produk, bahan, dan sumber daya perekonomian selama mungkin, sehingga kerusakan lingkungan dan sosial dapat diminimalkan. Misalnya, bagaimana barang bekas diolah lagi menjadi barang baru berkualitas, proses ekonomi sirkuler di sekitarnya, dll.

Para peserta akan mendapatkan pelatihan intensif, konsultasi bersama para pakar, hadiah jutaan rupiah, e-certificate, merchandise ekslusif dari The Conversation Indonesia, dan jejaring baru.

Informasi selengkapnya tentang kegiatan ini dapat dibaca di Syarat dan Ketentuan Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen

Segera daftarkan dirimu di tautan registrasi Content Creator Bootcamp #TheFutureIsGreen

Pendaftaran calon peserta akan ditutup pada 3 Desember 2023.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now