Menu Close

Blog

Untukmu yang peduli pendidikan: ikuti Call for Papers ‘Policy Forum on Education 2023’

Call for Paper Policy Forum on Education 2023.

Beragam praktik baik serta inovasi yang dilakukan oleh para penggerak pendidikan di Indonesia belum terekam dengan baik. Alhasil, permasalahan pendidikan pun belum sepenuhnya terpetakan, alih-alih direspons dalam bentuk kebijakan.

Menanggapi situasi tersebut, Tanoto Foundation bersama The Conversation Indonesia mengundangmu berpartisipasi dalam Call for Papers Policy Forum on Education 2023.

Policy Forum on Education merupakan sebuah forum yang didesain oleh Tanoto Foundation untuk mendorong dialog dan kolaborasi multipihak dalam berbagi ide, pengalaman dan praktik-praktik baik, untuk memecahkan tantangan, serta memformulasikan usulan kebijakan pendidikan di Indonesia.

Ada lima (5) tema besar yang diangkat oleh Policy Forum on Education tahun ini, yakni Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Kepemimpinan/Pendidikan Tinggi, Transformasi Digital, dan Kebijakan Pendidikan.

Call for Papers ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Policy Forum on Education yang puncaknya akan dilaksanakan pada 13 Desember 2023 di Jakarta.

Silakan mengirimkan paper dengan topik-topik sebagai berikut:

  1. Implementasi Child-Centered Approaches dalam pendidikan dan perkembangan anak usia dini

  2. Dampak stunting pada pendidikan dan perkembangan anak usia dini

  3. Peran guru dalam pembelajaran serta peningkatan literasi dan numerasi

  4. Ekosistem pendidikan ramah anak

  5. Kepemimpinan dan inovasi pembelajaran dalam pendidikan tinggi

  6. Tantangan pendidikan di era Artificial Intelligence (AI)

  7. Design Thinking dalam dunia pendidikan

  8. Kolaborasi untuk Mengawal Kebijakan Pendidikan yang Berkelanjutan dan Inklusif

Paper yang terpilih akan menjadi salah satu bahan komunike kebijakan yang akan diserahkan ke pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia. Selain itu, penulis akan mendapatkan uang tunai dan menjadi pembicara di acara puncak Policy Forum on Education 2023.

Call for Papers ini terbuka untuk umum. Mahasiswa/i, peneliti, akademisi, pakar pendidikan, pengambil kebijakan, sektor swasta dan masyarakat sipil dipersilakan untuk berpartisipasi, baik secara individu dalam kelompok.

Jadi, jika kamu memiliki riset yang relevan dengan topik-topik di atas, kirimkan paper-mu melalui tautan bit.ly/CallforPaperPFoE selambat-lambatnya hari Kamis, 30 November 2023 pukul 23.59 WIB.

Baca ketentuan lengkap dan pertanyaan yang sering diajukan di bit.ly/SyaratCFP dan bit.ly/FAQCallforPaper.

Mari berpartisipasi menjadi bagian dari #KolaborasiPendidikanKita!

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now