Menu Close

Blog

The Conversation Indonesia luncurkan e-book berisi 13 analisis pakar untuk dorong pembangunan berwawasan lingkungan

Diskusi dan peluncuran buku TCID.

The Conversation Indonesia dengan dukungan dari Kementerian Dalam Negeri dan Ford Foundation meluncurkan e-book bertajuk “Meniti keberlanjutan: 13 analisis pakar untuk pembangunan Indonesia yang berwawasan lingkungan” pada Selasa, 27 Februari 2024 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Tujuh belas pakar lingkungan menulis 13 analisis, mencakup empat topik besar yang dianggap mendesak, mulai dari transisi energi terbarukan, pengelolaan hutan dan lahan lestari, pengelolaan laut berkelanjutan, sampai dengan pengelolaan sampah dan sumber daya alam.

Robby Irfany Maqoma, Editor Lingkungan The Conversation Indonesia sekaligus koordinator penyusun e-book ini menyampaikan,“Di tengah perubahan iklim dan ancaman kehilangan biodiversitas, tidak ada waktu yang tepat selain saat ini untuk kita mulai berganti haluan. Berbekal buah pikir para ahli, buku ini kami terbitkan untuk membantu navigasi transisi Indonesia agar pembangunan tak berdampak pada petaka lingkungan tak terpulihkan dan juga lebih berkeadilan.”

E-book terbaru The Conversation Indonesia.

Terbitnya e-book ini diharapkan dapat menjadi pemantik sekaligus rujukan bagi berbagai elemen masyarakat. “Kami berharap tulisan-tulisan yang sebelumnya sudah terbit di laman The Conversation Indonesia ini tidak hanya memberikan wawasan yang mendalam tapi juga solusi yang dapat diimplementasikan bagi para pembuat kebijakan, akademisi, praktisi, dan masyarakat umum dalam upaya mencapai pembangunan yang berwawasan lingkungan di Indonesia”, ujar Ika Krismantari, Chief Editor/Content Director The Conversation Indonesia.

Peluncuran e-book didahului dengan diskusi publik bertajuk “Mengakar & Membumi: Mendorong Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkelanjutan Mulai dari Daerah” yang diisi oleh perwakilan peneliti Raden Raditya Yudha Wiranegara (Institute for Essential Services Reform) dan Levina Augusta Geraldine Pieter (Badan Riset dan Inovasi Nasional), perwakilan pemerintah Kunto Bimaji (Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri), dan perwakilan organisasi non-pemerintah Gita Syahrani (Koalisi Ekonomi Membumi).

Diskusi dan peluncuran e-book yang dilaksanakan pada Selasa (27/02) di Perpustakaan Nasional RI.

Peluncuran e-book dan diskusi publik ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan The Conversation Indonesia dan didukung Kementerian Dalam Negeri dan Ford Foundation untuk membangun kesadaran dan tentang hubungan antara manajemen sumber daya alam dan kebijakan perubahan iklim, serta mempromosikan diskursus publik berbasis sains tentang perlindungan lingkungan hidup dan kebijakan perubahan iklim.

E-book “Meniti keberlanjutan: 13 analisis pakar untuk pembangunan Indonesia yang berwawasan lingkungan” telah tersedia secara gratis. Unduh di sini.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now