Menu Close

Varian terbaru COVID-19 Omicron: 5 langkah yang harus dihindari, 10 langkah yang harus segera diambil

Yang tidak boleh dilakukan: larangan bepergian. Pemandangan di bandara Internasional OR Tambo Afrika Selatan setelah larangan penerbangan pertama diumumkan. Phill Magakoe / AFP via Getty Images

Pemerintah Afrika Selatan bereaksi dengan kemarahan pada larangan perjalanan, pertama dipicu oleh Inggris, yang diberlakukan setelah berita bahwa tim pengawasan genomik telah mendeteksi varian baru virus SARS-CoV-2. Network for Genomics Surveillance di Afrika Selatan telah memantau perubahan pada SARS-CoV-2 sejak pandemi pertama kali melejit.

Varian baru – yang diidentifikasi sebagai B.1.1.529 – telah dinyatakan sebagai varian yang menjadi kekhawatiran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan diberi nama Omicron.

Mutasi yang diidentifikasi dalam Omicron memberikan kekhawatiran teoretis bahwa varian ini berpotensi lebih menular daripada varian Delta. Varian ini telah mengurangi sensitivitas terhadap aktivitas antibodi yang tercipta oleh infeksi atau vaksin sebelumnya dibandingkan dengan seberapa baik antibodi dapat menetralkan virus sebelumnya.

Karena tiap vaksin memiliki perbedaan dalam besarnya induksi antibodi penetralisasi, estimasi kapabilitas vaksin untuk dikompromikan dalam mencegah infeksi karena Omicron kemungkinan akan berbeda, seperti yang terjadi pada varian Beta.

Bagaimana pun, karena vaksin juga menginduksi respons sel-T terhadap serangkaian epitop yang beragam, yang tampaknya penting untuk pencegahan COVID parah, maka vaksin tersebut masih mungkin dapat memberikan perlindungan yang sebanding terhadap COVID parah karena Omicron dibandingkan dengan varian lainnya.

Hal yang sama dapat dilihat pada vaksin AstraZeneca. Meskipun ia tidak melindungi dari COVID Beta ringan-hingga-sedang di Afrika Selatan, vaksin ini masih menunjukkan perlindungan tingkat tinggi (80% efektif) pada penanganan kasus rawat inap yang disebabkan varian Beta dan Gamma di Kanada.

Menghadapi varian baru ini, ada beberapa langkah yang perlu dihindari pemerintah. Dan beberapa lain harus dilakukan.

Yang tidak boleh dilakukan

Pertama, jangan sembarangan memberlakukan pembatasan lebih lanjut, kecuali pada pertemuan di dalam ruangan. Upaya ini tidak berhasil mengurangi infeksi selama 3 gelombang terakhir di Afrika Selatan, mengingat 60% -80% orang terinfeksi oleh virus berdasarkan sero-survei dan data pemodelan. Paling-paling, pembatasan yang akan merusak ekonomi ini akan berlaku efektif hanya dalam kurun waktu 2-3 minggu setelah infeksi terjadi.

Di Afrika Selatan, hal semacam ini terbilang lumrah – secara umum pada sebagian besar penduduk, kemampuan untuk mematuhi pembatasan tingkat tinggi tidak praktis dan kepatuhan pada peraturan rendah.

Kedua, jangan memberlakukan larangan perjalanan domestik (atau internasional). Terlepas dari upaya ini, virus akan tetap menyebar – seperti yang terjadi pada masa lalu. Sangat naif bagi kita untuk percaya bahwa pemberlakuan larangan perjalanan di beberapa negara akan menghentikan impor varian. Virus ini akan menyebar ke seluruh dunia kecuali Anda berada di negara kepulauan yang menutup akses dengan seluruh dunia.

Tidak adanya laporan varian dari negara yang minim kemampuan dalam mengurutkan DNA virus tidak semerta-merta memberikan arti bahwa jumlah varian nihil. Bila negara-negara lain masih mengizinkan perjalanan dengan negara-negara “daftar merah”, secara langsung atau tidak langsung, varian secara langsung maupun tidak langsung akan tetap berakhir di negara-negara yang memberlakukan larangan perjalanan, meski mungkin dapat sedikit menunda kedatangannya.

Selain itu, pada saat larangan diberlakukan, variannya kemungkinan besar sudah menyebar. Ini sudah terbukti dari kasus Omicron yang dilaporkan oleh seseorang dari Belgia tanpa hubungan ke kontak seseorang lain dari Afrika Selatan, serta berbagai kasus di Israel, Inggris dan Jerman.

Semua larangan perjalanan yang diberlakukan oleh beberapa negara dengan negara lain yang ada dalam daftar merah sejatinya hanya menunda serangan yang tak terhindarkan. Akan lebih memungkinkan bila pemerintah mengoptimalkan program penyaringan keluar dan masuk yang ketat untuk mengidentifikasi kasus-kasus potensial dan mewajibkan vaksinasi.

Ketiga, jangan mengumumkan peraturan yang tidak dapat diterapkan atau tidak dapat dilaksanakan dalam konteks lokal. Dan jangan berpura-pura bahwa orang-orang mematuhinya. Hal ini termasuk pelarangan penjualan alkohol, di mana pemerintah tidak dapat secara efektif mengawasi pasar gelap.


Read more: Strategi agar ilmuwan tidak mudah frustrasi ketika terlibat dalam proses kebijakan publik


Keempat, jangan menunda dan menyulitkan kebijakan untuk mendorong individu berisiko tinggi. Pemerintah harus menargetkan orang dewasa yang lebih tua dari 65 tahun dengan dosis tambahan vaksin Pfizer setelah mereka mendapatkan dua suntikan. Hal yang sama berlaku untuk kelompok berisiko lain seperti orang dengan transplantasi ginjal, atau orang dengan kanker dan kemoterapi, serta orang dengan kondisi imunosupresif.

Afrika Selatan dan negara lain tidak boleh mengabaikan panduan Organisasi Kesehatan Dunia yang merekomendasikan dosis penguat pada kelompok berisiko tinggi. Hal yang perlu diprioritaskan untuk saat ini adalah vaksinasi anak kecil, cukup dengan dosis tunggal.

Kelima, hentikan penjualan atau promosi konsep herd immunity. Herd immunity sejatinya tidak akan terwujud dan secara paradoks merusak keyakinan akan vaksin. Vaksin generasi pertama sangat efektif dalam melindungi terhadap COVID-19 kronis, tapi kurang dapat diprediksi dalam melindungi infeksi dan COVID ringan karena berkurangnya antibodi dan mutasi virus yang berkelanjutan. Vaksinasi, bagaimana pun, masih mengurangi penularan secara moderat, yang tetap bernilai tinggi, tetapi tidak mungkin membawa kita pada “herd immunity” dalam waktu dekat - bahkan dalam umur kita.

Sebaliknya kita harus berbicara tentang bagaimana beradaptasi dan belajar untuk hidup dengan virus.

Ada juga daftar hal-hal yang harus dipertimbangkan setelah varian Omicron, terlepas dari apakah itu menggantikan varian Delta (yang masih belum diketahui).

Yang perlu dilakukan

Pertama, pastikan fasilitas perawatan kesehatan disiapkan, tidak hanya tertulis di atas kertas – tetapi benar-benar difasilitasi dengan staf, alat pelindung diri, oksigen, dan lain-lain.

Ada 2000 dokter magang dan dokter layanan masyarakat di Afrika Selatan menunggu konfirmasi penempatan mereka pada 2022. Kita tidak boleh menemukan kekurangan persiapan atas fasilitas kesehatan.


Read more: 'Sembilan bulan dan masih gagal': apa yang salah dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia dan apa yang harus dilakukan


Berikan dosis booster J&J atau Pfizer kepada semua orang dewasa yang menerima J&J dosis tunggal. Ini diperlukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap COVID kronis. Dosis tunggal vaksin J&J mengurangi kasus rawat inap yang disebabkan oleh varian Delta di Afrika Selatan dengan 62% pada petugas kesehatan. Sedangkan dua dosis vaksin AZ dan mRNA secara umum memiliki perlindungan lebih dari 80%-90% terhadap penyakit parah dari varian Delta.

Studi mengkonfirmasi jadwal dua dosis vaksin Johnson & Johnson lebih unggul dalam melindungi kasus rawat inap daripada dosis tunggal. Dan jika Anda menginginkan perlindungan yang tahan lama, Anda perlu mendaftarkan diri untuk vaksin booster, yang dapat dilakukan dengan dosis lain Johnson & Johnson atau dosis vaksin mRNA.

Bukti cukup jelas yang menunjukkan jenis respons imun dari pendekatan heterolog AZ atau JJ oleh vaksin mRNA seperti Pfizer/Biontech menginduksi penetralan yang unggul dan respons imun yang diperantarai sel daripada dua dosis vaksin vektor yang tidak mereplikasi.

Ketiga, menerapkan paspor vaksin sebelum memasuki tempat perkumpulan tertutup, termasuk tempat ibadah dan transportasi umum. Vaksinasi mungkin menjadi pilihan saat ini, namun, pilihan datang dengan konsekuensi. Bahkan jika vaksin hanya mengurangi penularan secara moderat, melebihi dan di atas infeksi yang mereka cegah, sebuah kasus infeksi pada individu yang divaksinasi menimbulkan risiko penularan yang lebih kecil ke orang lain daripada infeksi pada individu yang tidak divaksinasi dan sebelumnya tidak terinfeksi.

Keempat, lanjutkan upaya untuk menjangkau mereka yang tidak divaksinasi dan diimunisasi. Upaya ini harus mencakup penggunaan fasilitas dadakan tempat orang cenderung berkumpul dan program penjangkauan masyarakat lainnya.

Kelima, segera beri vaksin tambahan pada kelompok risiko tinggi yang berusia di atas 65 tahun dan lainnya yang memiliki kondisi imunosupresif. Oleh karena itu, tujuan utama vaksinasi harus ditujukan untuk mengurangi penyakit parah dan kematian. Ini membutuhkan strategi untuk menargetkan siapa yang harus diprioritaskan.

Keenam, mendorong pertanggungjawaban untuk menghindari pemaksaan penggunaan alkohol (di Afrika Selatan) dan pembatasan lainnya untuk menghukum semua orang karena tidak bertanggung jawab pada minoritas.

Ketujuh, pantau ketersediaan tempat tidur di tingkat regional untuk membantu tindakan regional menghindari fasilitas yang berlebihan. Tingkat pembatasan yang lebih tinggi perlu disesuaikan ketika kita mengharapkan fasilitas kesehatan berlebih. Karena rawat inap biasanya tertinggal 2-3 minggu di belakang tingkat infeksi komunitas, mengawasi tingkat kasus dan tingkat rawat inap dapat memprediksi fasilitas dan wilayah yang mungkin terancam.

Upaya ini akan memungkinkan pendekatan yang lebih terfokus pada pemberlakuan pembatasan untuk mengurangi tekanan yang diantisipasi pada fasilitas kesehatan 2-3 minggu sebelumnya. Ini tidak akan mengubah jumlah total rawat inap. Tapi virus akan menyebar dalam jangka waktu yang lebih lama dan membuatnya lebih mudah dikelola.

Kedelapan, belajar untuk hidup dengan virus, dan mengambil pandangan holistik tentang efek langsung dan tidak langsung dari pandemi pada mata pencaharian. Dampak ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan mental, dan kesehatan tidak langsung yang merugikan lainnya dari pendekatan palu godam untuk menangani ancaman pandemi yang sedang berlangsung untuk melampaui efek langsung COVID di Afrika Selatan.

Kesembilan, ikuti sains dan jangan diputarbalikkan untuk kepentingan politik.

Kesepuluh, belajar dari kesalahan masa lalu, dan berani dalam langkah selanjutnya.


Rachel Noorajavi menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,941 institutions.

Register now