Menu Close

Articles on Zoonosis

Displaying all articles

Wabah virus Nipah di Kerala (2021) Associated Press/Alamy Stock Photo

Virus Nipah mewabah di India: apa yang perlu kamu tahu

Sebagian besar infeksi diperkirakan berasal dari kontak dengan hewan yang terinfeksi, baik kelelawar buah itu sendiri atau dari hewan perantara seperti babi.
Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah membersihkan permukaan tanah dari cemaran bakteri anthraks (dekontaminasi) di Gunung Kidul, Yogyakarta, 7 Juli 2023. Hendra Nurdiyansyah/foc/Antara

Antraks akan terus mengintai selama pemotongan hewan di luar pusat penyembelihan masih marak

Untuk mengatasi risiko kesehatan dan ekonomi, pemerintah pusat dan daerah perlu meningkatkan jumlah, cakupan, dan kapasitas RPH di berbagai daerah.
Burung liar seperti pelikan dan bebek terinfeksi – dan mati karena – strain baru flu burung dan telah menyebarkannya ke hewan ternak di seluruh dunia. Klebher Vasquez/Anadolu Agency melalui Getty Images

Apa itu limpahan virus? Wabah flu burung tekankan perlunya deteksi dini untuk cegah pandemi besar berikutnya

Ahli epidemiologi memproyeksikan bahwa risiko limpahan virus dari satwa liar ke manusia akan meningkat pada tahun-tahun mendatang.
Kawanan kelelawar terbang keluar dari gua di dekat Phnom Sampeau, Kamboja. S. Shankar/Wikipedia, CC BY-SA

Pada 2010, virus menyerupai SARS-CoV-2 sudah ada di Kamboja

Virus kelelawar yang ditemukan satu dekade yang lalu di Kamboja mengindikasikan bahwa penjualan trenggiling tetap menjadi penjelasan yang kredibel terkait awal mula pandemi COVID-19.

Top contributors

More