Menú Close

Artículos sobre Penghapusan kemiskinan

Mostrando todos artículos

Pengemudi becak di Yogyakarta tengah bersenda gurau dengan rekannya. Walaupun dinobatkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa, nyatanya Yogyakarta menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Irfan Zharauri/Unsplash

Belajar dari Yogyakarta: kemiskinan tidak terbatas pada pengeluaran dan pendapatan - kebahagiaan pun merupakan capaian

Dinobatkannya Yogyakarta sebagai “provinsi miskin tapi bahagia” menunjukkan adanya kekurangan dalam metode pengukuran indeks kemiskinan di Indonesia – dan metode pengentasan yang tak tepat sasaran.
Seorang warga mengambil nasi kering untuk pakan unggas di jalur kereta api Palmerah-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/10/2022). World Bank memperhitungkan bahwa 13 juta populasi kelas menengah Indonesia kini hidup di bawah garis kemiskinan. ANTARA FOTO/SUlthony Hasanuddin/rwa.

Orang miskin baru Indonesia terbesar kedua di Asia, kemiskinan multidimensi harus mulai jadi perhatian.

Pengentasan kemiskinan bersandar pada acuan pengeluaran/pendapatan masyarakat. Padahal, kemisikinan multidimensi yang fokus pada kualitas hidup layak bisa jadi bukti relevan berantas kemiskinan.
BPS merilis data yang menunjukkan angka kemiskinan Indonesia terendah sejak masa krisis 1998. Namun jika kita melihat kemiskinan dalam lensa yang lebih luas, ada kelompok masyarakat Indonesia yang luput dari kebijakan pengentasan kemiskinan. Mast Irham/EPA

Mereka yang luput dari kebijakan pengentasan kemiskinan di Indonesia

Agar kebijakan pengentasan kemiskinan berjalan efektif, maka konsep kemiskinan harus dimaknai secara mendalam disamping mulai menerapkan paradigma kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.
Paus Fransiskus menyapa imigran di kamp pengungsi di Lesbos, Yunani tahun lalu. Reuters/Filippo Monteforte/

Resep menghapus kemiskinan ala Paus Fransiskus

Paus Fransiskus mencanangkan Hari Orang Miskin Sedunia yang pertama tahun ini. Dalam pesannya, Paus mengatakan orang miskin bukan objek amal, tapi orang yang harus kita jumpai dan peluk.

Principales colaboradores

Más