Articles sur Depresi

Ensemble des articles

Ada stigma seputar gangguan emosi, yang mencegah orang mencari bantuan. Dan kebanyakan orang sering tidak tahu bahwa mereka, teman-teman atau keluarga mereka memiliki gejala depresi. www.shutterstock.com

Peran penting guru BK dalam mendeteksi depresi pada remaja

Guru bimbingan di sekolah, dokter umum, dan perawat dapat menggunakan kuesioner khusus untuk mendeteksi gejala masalah kesehatan mental pada remaja.
Satu dari delapan perempuan di dunia menderita depresi ketika hamil dan sesudah melahirkan. Padahal kebahagiaan ibu dan calon ibu menentukan kesehatan si bayi. www.shutterstock.com

Dari ibu yang bahagia lahir bayi yang sehat

Emosi positif sang ibu ternyata berpengaruh terhadap kesehatan anak.
Setelah berhasil melarikan diri dari kekerasan luar biasa di negara asal mereka, banyak pengungsi perempuan dari Somalia menjadi tunawisma dan menderita kemiskinan di Indonesia. AAP/Aaron Bunch

Merasa terasing, pengungsi di Indonesia rentan bunuh diri

Semakin banyak negara dunia membatasi penerimaan pengungsi. Sementara di Indonesia, pencari suaka dan pengungsi yang menunggu di Indonesia banyak yang tak memiliki tempat bernaung dan depresi.
Terisolasi secara sosial terkait dengan naiknya tekanan darah tinggi dan depresi. Mindmo/shutterstock.com

Rasa sepi buruk untuk kesehatan

Isolasi sosial terkait dengan meningkatnya tekanan darah, penurunan kemampuan kognitif, dan bahkan meningkatnya kemungkinan kematian prematur.
Intervensi aktivasi perilaku menyaingi terapi dan pengobatan lain dalam mengobati depresi. shutterstock.com

Mengatasi depresi dengan terapi aktivasi perilaku

Intervensi aktivasi perilaku bertujuan membalikkan siklus depresi dengan meningkatkan keterlibatan dalam aktivitas berharga, yang menaikan kesempatan kita untuk merasa tenteram dan puas dalam hidup.
Di Indonesia, penerapan intervensi psikologis berbasis internet belum lazim ditemukan. shutterstock.com

Terapi online berpotensi menurunkan tingkat depresi

Intervensi psikologis berbasis internet yang dapat memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan mental di Indonesia.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus