Menu Close

Articles on Sulawesi Selatan

Displaying all articles

Salah satu manuskrip Galigo yang tertulis di gulungan daun Lontar. (Universitas Leiden)

Etika lingkungan dan pelestarian alam dalam epos Galigo

Kisah-kisah di dalam “Sureq Galigo” tetap hidup dalam tradisi lisan dan norma adat masyarakat di berbagai wilayah di Sulawesi. Begitu juga dengan etika lingkungan di dalamnya.
Mural protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Arif Firmansyah/Antara Foto

Riset: Warga Jakarta lebih percaya pemerintah dibanding warga di Sulawesi selama COVID-19, hal ini pengaruhi pelaksanaan protokol kesehatan

Rendahnya kepercayaan warga Sulawesi Selatan kepada pemerintah menjelaskan mengapa masyarakat di sana tidak melakukan banyak upaya untuk mematuhi protokół kesehatan.
Penyandang disabilitas di Surabaya, Jawa Timur sedang antre untuk mendapatkan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.

Strategi penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan berjuang melawan pandemi

Riset terbaru kami menunjukkan bahwa kelompok penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan memiliki beberapa strategi untuk membantu mereka berjuang selama pandemi.
Lukisan babi kutil ini berusia lebih dari 45.500 tahun. Basran Burhan/Griffith University

Bagaimana perubahan iklim menghapus seni cadas tertua di dunia

Lukisan gua kuno baru mulai memberi tahu kita tentang kehidupan manusia purba di Australasia. Seni ini menghilang saat kita baru mencoba memahami maknanya.
Petani menunjukkan hasil budi daya rumput lautnya di Bone, Sulawesi Selatan. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ss/aww/15.

Fleksibilitas petani menjadikan Indonesia pemain utama di pasar rumput laut global, meski masih banyak yang harus dikerjakan

Kesuksesan industri rumput laut Indonesia berhubungan erat dengan kemampuan petani rumput laut Indonesia dalam mengatasi kondisi musim yang ekstrem
Dalam budaya Bugis dan Makassar di Indonesia koroq bermakna penis yang mengecil atau merasuk ke dalam, tapi orang Belanda pada abad 18 saat itu tidak percaya itu nyata. shutterstock

Misteri sindrom penis mengecil: nyata atau delusi?

Dengan mempelajari perawatan tradisional di Indonesia, peneliti mungkin dapat membuktikan bahwa fenomena koro merupakan refleks terhadap rasa cemas.

Top contributors

More