Menu Close

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) merupakan lembaga riset independen dan otonom yang berdiri pada Agustus 1995 di Indonesia. INDEF bertekad untuk menjadi lembaga penelitian terkemuka di bidang ekonomi dan keuangan dengan menyediakan analisis akurat dan obyektif, serta informasi tentang berbagai isu pembangunan. Kajian INDEF diharapkan mampu menciptakan diskursus, meningkatkan partisipasi dan kepekaan publik pada proses pembuatan kebijakan publik. INDEF turut berkontribusi mencari solusi terbaik dari permasalahan ekonomi dan sosial yang dihadapi Indonesia saat ini.

The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) is an independent, autonomous research and policy studies institute established in August 1995 in Jakarta. Its main activities are to undertake research and policy studies on a wide-range economic and finance issues, to generate policy debates and public participation, and to enhance public awareness in decision making process for the search for viable solutions to the Indonesia’s complex social and economic problems.

Links

Displaying all articles

Suasana deretan gedung bertingkat yang terlihat dari kawasan Rasuna Said, Kuningan, jakarta, Selasa (23/2/2021). Pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi kisaran 4,5 persen sampai 5,3 persen pada tahun 2021, menyusul adanya dukungan program vaksinasi COVID-19 sebagai penentu pertumbuhan ekonomi Indonesia. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. Antara Foto

Depresi mengancam Indonesia akibat pandemi, ahli jelaskan apa yang akan terjadi

Pandemi COVID-19 yang berkelanjutan dan belum tertangani dengan baik membuat Indonesia terancam memasuki yang namanya depresi ekonomi, atau kemunduran ekonomi (resesi) yang terjadi selama satu tahun atau…
Presiden Joko “Jokowi” Widodo merombak kabinetnya, termasuk menunjuk bankir Budi gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, menggantikan Terawan Agus Putranto. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ss/wsj.

Apa kata peneliti soal perombakan kabinet Jokowi di penghujung 2020?

Kami bertanya pada para akademisi dan peneliti terkait enam menteri baru pilihan Joko Widodo dan apa yang bisa kita harapkan dari perombakan kabinet ini.
Anggota DPR dari Fraksi Demokrat meninggalkan ruang sidang paripurna menjelang pengesahan RUU Cipta Kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, 5 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Panel ahli: UU Cipta Kerja tak jamin investor datang ke Indonesia, lingkungan berpotensi makin rusak

Dengan dicabutnya hak-hak pekerja dalam _omnibus law_, tidak menutup kemungkinan persepsi investor khususnya negara maju jadi negatif terhadap Indonesia.
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity pada hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Riset ungkap PSBB efektif cegah penyebaran virus, pemerintah jangan terburu-buru terapkan ‘new normal’

Dengan jumlah kasus yang masih tinggi, pemerintah seharusnya tidak terburu-buru mengimplementasi _new normal_, terutama di wilayah dengan tingkat penyebaran virus yang masih tinggi (zona merah)

Authors

More Authors