Menu Close

Articles on Depresi

Displaying all articles

Studi menunjukkan 4,75% dari remaja usia 13-18 tahun di seluruh Indonesia pernah berpikiran bunuh diri setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Shutterstock

Merawat kesehatan mental siswa perlu lebih dari sekadar BK

Kasus bunuh diri siswi SMP 147 Jakarta Timur membuat komunitas pendidikan mempertanyakan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Akademisi menyarankan tiga hal untuk memperbaikinya.
Perfeksionisme sering berkembang saat di usia anak-anak, yang disebabkan oleh pengasuhan oleh orang tua yang menyebabkan gangguan mental dan kesusahan hidup di masa mendatang. www.shutterstock.com

Mengapa banyak anak muda yang menjadi perfeksionis saat ini?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perfeksionisme meningkat dalam 25 tahun terakhir, dan para perfeksionis sangat sensitif terhadap kegagalan dan kurang teliti seiring berjalannya waktu.
Jangan biarkan remaja tenggelam dalam kesendirian. www.shutterstock.com/iphotosmile

Bahaya ide bunuh diri pada remaja bila terlambat ditangani

Hal yang lebih penting adalah program promosi dan prevensi untuk mencegah terjadinya depresi itu sendiri, yaitu memperkuat faktor protektif dan menurunkan faktor risiko pada remaja.
Ada stigma seputar gangguan emosi, yang mencegah orang mencari bantuan. Dan kebanyakan orang sering tidak tahu bahwa mereka, teman-teman atau keluarga mereka memiliki gejala depresi. www.shutterstock.com

Peran penting guru BK dalam mendeteksi depresi pada remaja

Guru bimbingan di sekolah, dokter umum, dan perawat dapat menggunakan kuesioner khusus untuk mendeteksi gejala masalah kesehatan mental pada remaja.
Satu dari delapan perempuan di dunia menderita depresi ketika hamil dan sesudah melahirkan. Padahal kebahagiaan ibu dan calon ibu menentukan kesehatan si bayi. www.shutterstock.com

Dari ibu yang bahagia lahir bayi yang sehat

Emosi positif sang ibu ternyata berpengaruh terhadap kesehatan anak.
Setelah berhasil melarikan diri dari kekerasan luar biasa di negara asal mereka, banyak pengungsi perempuan dari Somalia menjadi tunawisma dan menderita kemiskinan di Indonesia. AAP/Aaron Bunch

Merasa terasing, pengungsi di Indonesia rentan bunuh diri

Semakin banyak negara dunia membatasi penerimaan pengungsi. Sementara di Indonesia, pencari suaka dan pengungsi yang menunggu di Indonesia banyak yang tak memiliki tempat bernaung dan depresi.
Terisolasi secara sosial terkait dengan naiknya tekanan darah tinggi dan depresi. Mindmo/shutterstock.com

Rasa sepi buruk untuk kesehatan

Isolasi sosial terkait dengan meningkatnya tekanan darah, penurunan kemampuan kognitif, dan bahkan meningkatnya kemungkinan kematian prematur.
Intervensi aktivasi perilaku menyaingi terapi dan pengobatan lain dalam mengobati depresi. shutterstock.com

Mengatasi depresi dengan terapi aktivasi perilaku

Intervensi aktivasi perilaku bertujuan membalikkan siklus depresi dengan meningkatkan keterlibatan dalam aktivitas berharga, yang menaikan kesempatan kita untuk merasa tenteram dan puas dalam hidup.
Di Indonesia, penerapan intervensi psikologis berbasis internet belum lazim ditemukan. shutterstock.com

Terapi online berpotensi menurunkan tingkat depresi

Intervensi psikologis berbasis internet yang dapat memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan mental di Indonesia.

Top contributors

More